Tes Kehamilan dengan Gula, Cara Menyenangkan yang Bisa Dicoba

Bagaimana tingkat akurasi tes kehamilan dengan gula ini?

24 Juli 2020

Tes Kehamilan Gula, Cara Menyenangkan Bisa Dicoba
freepik.com/poringdown

Kehamilan adalah hal yang dinanti oleh keluarga, terutama Mama dan Papa. Sebelum Mama mematikan status kehamilan di dokter, Mama dapat menggunakan alat tes kehamilan yang dijual di pasaran.

Selain menggunakan alat tes kehamilan, Mama juga dapat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Salah satu bahan yang bisa Mama gunakan adalah gula. Tes kehamilan buatan rumah dengan gula populer di YouTube dan blog, Mama pun dapat mencobanya.

Bagaimana tes kehamilan ini bekerja? Apakah tes kehamilan dengan gula ini akurat? Berikut ulasan Popmama.com mengenai tes kehamilan dengan menggunakan gula dan tingkat akurasinya.

Penasaran seperti apa? Yuk, simak.

Bagaimana Tes Kehamilan dengan Gula Dilakukan?

Bagaimana Tes Kehamilan Gula Dilakukan
Youtube/uncencoredpregnancytest

Tes kehamilan gula adalah tes buatan sendiri yang mencampurkan urine dengan gula untuk mengetahui apakah Mama hamil. Seperti tes kehamilan yang dijual di pasaran, tes kehamilan gula dapat mendeteksi keberadaan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG).

Tes ini sangat sederhana. Yang harus Kamu lakukan adalah memasukkan beberapa sendok gula putih ke dalam mangkuk yang sudah disterilkan dan tuangkan urine pagi pertama ke atas gula. Jika gula menggumpal setelah beberapa menit, artinya Kamu hamil. Dan sebaliknya jika gula larut dan tidak menggumpal, berarti Kamu negatif hamil.

Tidak ada penjelasan ilmiah tentang bagaimana atau mengapa tes kehamilan gula dapat bekerja. Para ahli mengatakan bahwa hCG membuat gula lebih sulit larut dalam urine, yang menyebabkan gumpalan terbentuk. Tapi ini hanya spekulasi. Tidak ada bukti bahwa tes kehamilan gula benar-benar berfungsi, namun Kamu dapat menggunakannya untuk bersenang-senang.

Editors' Picks

Cara Membaca Hasil Tes

Cara Membaca Hasil Tes
Youtube/pregnancytest

Membaca hasil tes kehamilan gula itu mudah. Setelah menuangkan urine di atas gula, tunggu beberapa menit untuk melihat apa yang terjadi.

Mereka yang pernah melakukan tes ini mengatakan bahwa hasil positif, akan menyebabkan gula menjadi kering dan gumpal. Jika hasilnya negatif, gula hanya akan larut dalam urine.

Apakah Tes Kehamilan dengan Gula Akurat?

Apakah Tes Kehamilan Gula Akurat
Youtube/ronniemorrow

Tes kehamilan gula belum pernah diteliti dan tidak ada organisasi medis besar yang merekomendasikan penggunaannya. Jadi Kamu tidak dapat mengandalkan tes ini untuk memeriksa kehamilan dengan pasti.

Pada dasarnya, tes ini mirip dengan menggunakan alat prediksi jenis kelamin atau menggantungkan cincin di atas perut untuk mengetahui apakah Kamu memiliki anak laki-laki atau perempuan. Ini mungkin menyenangkan untuk dilakukan, tetapi jangan dipakai sebagai pegangan. Jika Kamu sudah mencobanya, Kamu tetap harus ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kehamilan yang sesungguhnya.

Kapan Tes Ini Dapat Dilakukan?

Kapan Tes Ini Dapat Dilakukan
healthline.com

Tes ini sebaiknya dilakukan di pagi hari. Di pagi hari, hCG dalam urine paling terkonsentrasi, jadi saat itulah hasilnya lebih efektif.

Tetapi sekali lagi, ini murni spekulasi. Kamu tetap harus melakukan tes dengan alat tes kehamilan yang dijual di pasaran atau melalui pemeriksaan dokter.

Tes kehamilan gula murah dan mudah dilakukan. Tetapi tidak ada bukti bahwa itu benar-benar berfungsi. Para ahli tidak merekomendasikan untuk mengandalkan tes ini dalam mendapatkan hasil yang akurat.

Jika Kamu melakukannya untuk bersenang-senang, tes ini bisa dilakukan. Tapi perlu diingat, apa pun hasilnya, pastikan Kamu tidak terlalu percaya. Kamu tetap harus melakukan tes dengan test pack atau ke dokter kandungan.

Nah, itulah informasi mengenai penggunaan gula sebagai tes kehamilan. Apakah Kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.