Tak Sekadar Enak, Ini Makanan untuk Dukung Kualitas Sperma

Bukan cuma istri yang perlu berusaha agar cepat hamil, tetapi suami juga lho

9 Desember 2021

Tak Sekadar Enak, Ini Makanan Dukung Kualitas Sperma
Freepik

Pola makan dan gaya hidup merupakan faktor-faktor penentu kesuburan seseorang. Dalam hal program hamil, bukan hanya istri saja yang perlu menjaga kesehatan, melainkan juga suami. Dengan tubuh yang sehat dari kedua belah pihak, niscaya dapat memperbesar peluang kehamilan. 

Beberapa makanan dipercaya dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Sementara, sebaliknya, beberapa makanan justru menimbulkan kerusakan pada sperma. Lalu, apa saja sih makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi dalam rangka meningkatkan kualitas sperma pendukung kehamilan?

Berikut Popmama.com merangkum daftarnya, dilansir dari Motherly:

Makanan Super untuk Mendukung Kualitas Sperma yang Baik

Makanan Super Mendukung Kualitas Sperma Baik
Freepik/timolina

Apa yang kita makan turut mendukung kualitas sel-sel dan organ tubuh kita. Tak terkecuali sperma para laki-laki. Berikut ini beberapa makanan yang disarankan untuk mendukung kualitas sperma yang baik, antara lain:

Salmon dan sarden

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam salmon dan sarden, membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Tiram dan biji labu

Kedua makanan ini sangat kaya akan seng yang meningkatkan testosteron, motilitas sperma, dan jumlah sperma.

Jeruk dan tomat

Seperti yang kita tahu, jeruk dan tomat tinggi akan vitamin C. Studi menunjukkan bahwa untuk meningkatkan motilitas sperma, jumlah, dan morfologinya, dibutuhkan asupan vitamin C. 

Sayuran hijau

Buat laki-laku yang malas makan sayur, sekarang saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan tersebut. Sayuran hijau mengandung vitamin B atau folat yang dapat mendukung produksi sperma yang sehat dan kuat.

Selain makanan-makanan di atas, jangan lupa, para suami juga harus rajin minum air putih. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menghasilkan sperma yang berkualitas.

Editors' Picks

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kualitas Sperma

Makanan Harus Dihindari Menjaga Kualitas Sperma
Freepik

Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, Kamu juga harus tahu apa makanan yang harus dihindari agar kualitas sperma tetap baik. Makanan-makanan tersebut adalah:

  • Gorengan,
  • olahan susu tinggi lemak (bisa diganti dengan susu kedelai atau almond),
  • daging olahan, seperti bacon, ham, sosis, hot dog, daging kornet, daging kalengan,
  • kafein,
  • alkohol.

Semua saran dan pantangan makanan ini harus didukung dengan gaya hidup yang baik. Kurangi begadang dan rajin berolahraga minimal seminggu tiga kali, dapat membuat tubuh terasa lebih fit dan metabolisme pun terjaga. 

Mengubah pola makan dan kebiasaan makan bukanlah tugas yang mudah. Tetapi ubahlah cara berpikir Kamu bahwa semua ini dilakukan bukan hanya semata-mata untuk tujuan memiliki bayi saja, melainkan juga untuk kesehatan jangka panjang diri sendiri.

Berapakah Jumlah Sperma yang Dianggap Rendah?

Berapakah Jumlah Sperma Dianggap Rendah
Pixabay/TBIT

Untuk memperbesar kemungkinan keberhasilan pembuahan, diperlukan sperma dalam jumlah banyak yang berkualitas dan gesit. Seorang pria dianggap memiliki jumlah sperma yang rendah jika jumlahnya kurang dari 39 juta setiap ejakulasi, atau kurang dari 15 juta sperma per mm. 

Mungkin kedengarannya cukup banyak ya? Tetapi jika mengingat seberapa jauh mereka harus berpacu menuju ke sel telur, nyatanya jumlah itu tergolong sedikit. Jumlah sperma di atas 200 juta per mm lah yang dianggap tinggi.

Penting bagi para suami untuk mengevaluasi pola makan dan gaya hidup untuk memperbesar peluang memiliki anak. Konsultasikan permasalahan ini bersama dokter untuk menemukan metode diet dan cara yang paling efektif.

Indikator Sperma yang Baik

Indikator Sperma Baik
Pixabay/TBIT

Sebetulnya, selain jumlahnya, ada beberapa indikator sperma yang baik. Gerakan sperma yang gesit, salah satunya. Sperma yang mampu bergerak gesit dan cepat sangatlah penting untuk bisa melewati serviks, rahim, dan tuba falopi. Dari jumlah sperma yang dimiliki, sperma yang dianggap gesit haruslah berjumlah 32-75 persen dari total jumlahnya.

Selain itu, struktur sperma juga berperan penting dalam keberhasilan pembuahan. Sperma yang baik memiliki kepala berbentuk oval dengan ekor panjang untuk mendukung pergerakannya. 

Itulah informasi mengenai kualitas sperma dan makanan apa yang dapat memengaruhi kualitas sperma tersebut.

Semoga informasi ini membantu program hamil yang sedang dijalani, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.