Wajib Tahu, Ini Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Kesuburan

Dari gigi, bisa memengaruhi semuanya, termasuk kesehatan reproduksi

27 Mei 2020

Wajib Tahu, Ini Pengaruh Kesehatan Gigi Mulut Terhadap Kesuburan
Freepik

Salah satu anjuran kesehatan yang familiar telah kita tahu sejak kecil adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Tetapi, seiring bertambahnya usia, kebersihan gigi dan mulut seringkali terabaikan hingga saat kita dihadapkan dengan masalah, seperti sakit gigi, gigi berlubang, atau impaksi gigi. 

Padahal, menjaga kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting. Terutama apabila saat ini Kamu sedang dalam masa program hamil. Pasalnya, kesehatan gigi dan mulut juga berdampak pada kesuburan lho! Bukan hanya pada perempuan, tetapi juga pada laki-laki.

Berikut Popmama.com merangkum informasi mengenai pengaruh kesehatan gigi dan mulut terhadap kesuburan dan kesehatan kehamilan, dilansir dari verywellfamily.com:

Penyakit Periodontal, Gingivitis, dan Kesehatan Reproduksi

Penyakit Periodontal, Gingivitis, Kesehatan Reproduksi
Freepik

Sebagian besar penelitian tentang kesuburan dan kesehatan gigi dan mulut berfokus pada penyakit periodontal. Gusi yang bengkak, merah, dan lunak adalah tanda-tanda kemungkinan terjadinya penyakit periodontal. 

Sementara itu, gingivitis adalah bentuk penyakit gusi yang lebih ringan. Peradangan pada gusi ini tidak menyebabkan keroposnya gigi seperti penyakit periodontal. Namun, radang gusi dapat berkembang menjadi periodontal. Kebersihan mulut dan gigi yang buruklah yang menyebabkan radang gusi.

Penyakit periodontal dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan. Antara lain penyakit jantung, diabetes, penyakit pernapasan, dan stroke. Wanita dengan sindrom ovarius polikistik (PCOS) dan endometriosis, serta pria dengan disfungsi ereksi lebih mungkin menderita penyakit periodontal ketimbang populasi umum.

Editors' Picks

Kesehatan Gigi dan Mulut Terkait Kesuburan Pria

Kesehatan Gigi Mulut Terkait Kesuburan Pria
Freepik/Freestockcenter

Beberapa studi menemukan bahwa pria dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk, cenderung lebih tinggi mengalami ketidaksuburan. Terutama jika dibandingkan dengan pria yang spermanya sehat dan normal. 

Jumlah sperma yang sedikit, motalitas sperma yang buruk, morfologi sperma abnormal, dan jumlah infeksi bakteri dalam semen, berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa perawatan gigi berlubang dan infeksi gigi meningkatkan kesehatan dan kualitas sperma. Namun, masalah ini perlu penelitian lebih lanjut karena tidak semua penelitian menemukan perbaikan secara langsung setelah perawatan gigi.

Wanita dengan Penyakit Periodontal Butuh Waktu 2 Bulan Lebih Lama untuk Pembuahan

Wanita Penyakit Periodontal Butuh Waktu 2 Bulan Lebih Lama Pembuahan
Freepik

Mayoritas penelitian tentang kesehatan gigi dan kesuburan telah dilakukan pada pria. Namun, para ilmuwan mulai melihat bagaimana kesuburan wanita juga dipengaruhi oleh kesehatan mulut.

Dalam sebuah penelitian terhadap 3.737 wanita hamil di Australia, para peneliti memeriksa apakah penyakit periodontal berkaitan dengan kesulitan hamil. Dari para wanita yang disurvei, dengan berbagai kriteria, ditemukan bahwa mereka yang menderita penyakit periodontal membutuhkan rata-rata 7,1 bulan untuk hamil. Tetapi, wanita tanpa penyakit periodontal menghabiskan rata-rata 5 bulan untuk mencoba hamil. Penyakit periodontal meningkatkan waktu pembuahan dua bulan lebih lama. 

Dampak Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kehamilan

Dampak Kesehatan Gigi Mulut terhadap Kehamilan
freepik.com/freepik

Selama kehamilan, kesehatan gigi dan mulut berhubungan dengan meningkatnya risiko diabetes gestational, preeklampsia, kelahiran prematur, dan kelahiran dengan berat badan rendah. Untuk itu, sebelum dan selama hamil penting untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut masing-masing. Bukan hanya untuk kepentingan kesuburan saja, melainkan juga untuk calon jabang bayi. 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan rutinitas sederhana saja kok. Antara lain menyikat gigi dua kali sehari di pagi dan malam hari, rutin melakukan dental flossing, memeriksakan kesehatan gigi minimal setiap enam bulan sekali dan bersihkan karang gigi secara teratur.

Itulah informasi mengenai pengaruh kesehatan gigi dan mulut terhadap kesuburan. Semoga informasi ini menambah wawasan dalam mempersiapkan kehamilan ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.