Ini Dia Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi pada Masa Kehamilan

Huh sebel! Sakit gigi saat hamil bikin cranky

15 Februari 2020

Ini Dia Penyebab Cara Atasi Sakit Gigi Masa Kehamilan
Freepik/nensuria

Ketika Mama memasuki masa kehamilan, Mama tentu memahami betul bahwa akan ada berbagai macam perubahan kondisi fisik yang akan Mama alami, di mana hal ini tidak serta merta ditandai dengan perut yang membesar saja.

Tidak menutup kemungkinan, Mama akan mengalami berbagai gangguan yang nggak nyaman. Salah satunya adalah sakit gigi pada masa kehamilan.

Benar sekali! Secara khusus saat Mama baru memasuki first trimester, Mama berkemungkinan mengalami gangguan gigi yang disebut dengan istilah pregnancy toothache.

Beberapa memang mengatakan bahwa gangguan pada gigi tersebut merupakan mitos belaka. Namun, dilansir dari toothpainremedies.com, sakit gigi dalam masa kehamilan merupakan salah satu gangguan fisik yang berpotensi dialami Mama hamil dan wajib diperhatikan.

Untuk itu, Mama sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab sakit gigi dalam masa kehamilan dan solusinya.

Dilansir dari Tooth Pain Remedies, kami merangkum setidaknya 4 penyebab utama dan 3 solusi yang dinilai efektif dalam menangani sakit gigi pada masa kehamilan.

Penyebab Sakit Gigi pada Masa Kehamilan

Penyebab Sakit Gigi Masa Kehamilan
toothstars.co.uk

Sakit gigi memang disebabkan karena kecenderungan seseorang kurang merawat kondisi gigi.

Tidak terkecuali, Mama yang sedang hamil turut berpotensi mengalami hal tersebut apabila Mama nggak menjaga kesehatan dan kebersihan gigi.

Namun, secara spesifik, ada hal-hal khusus terkait keadaan Mama yang sedang hamil yang menjadi penyebab sakit gigi dalam masa kehamilan.

Berikut adalah 4 penyebab utama yang sebaiknya Mama ketahui:

1. Reaksi dari mual dan muntah saat hamil

1. Reaksi dari mual muntah saat hamil
scarymommy.com

Berbicara mengenai perubahan fisik yang dialami Mama saat hamil, kita pastilah mengetahui bahwa rasa mual hingga muntah secara terus menerus akan menjadi dua dari beberapa gangguan yang dialami.

Hal ini secara langsung menyebabkan berbagai macam kuman dan bakteri dari cairan muntahan tersebut hinggap dan menempel pada rongga gigi Mama yang semula sehat.

Alhasil, rasa sakit pada gigi saat menjalani masa kehamilan menjadi sesuatu yang sangat mungkin.

2. Kekurangan kalsium dalam masa kehamilan

2. Kekurangan kalsium dalam masa kehamilan
hollistonreporter.com

Dalam menjalani masa kehamilan, tubuh fisik Mama akan memanfaatkan setiap kandungan nutrisi dan kalsium untuk Mama dan Si Kecil. Dengan kata lain, kandungan positif yang Mama asupi tersebut akan terbagi menjadi dua.

Saat hamil, Mama berpotensi mengalami berbagai gangguan sakit gigi, seperti tooth enamel demineralization dan kerusakan gigi lainnya jika Mama tidak memberi asupan kalsium yang ganda atau lebih banyak.

Editors' Picks

3. Pregnancy gingivitis atau radang gusi

3. Pregnancy gingivitis atau radang gusi
international-diabetes-association.com

Salah satu perubahan fisik yang akan Mama alami ketika sedang menjalani proses kehamilan adalah gingivitis atau radang gusi.

Gangguan ini merupakan hasil dari perubahan hormonal selama hamil yang membuat gigi menjadi sensitif pada bakteria sehingga terjadilah radang gusi.

Saat hal tersebut terjadi, Mama tentu akan merasakan sakit gigi yang teramat sangat. Selain itu, Mama akan melihat bahwa gusi pun juga berubah warnanya menjadi merah dan sedikit membengkak.

4. Pola makan Ibu hamil yang salah

4. Pola makan Ibu hamil salah
babycentre.co.uk

Setiap perubahan fisik yang terjadi selama masa kehamilan tentu sangat memengaruhi keadaan psikologi Mama yang turut ditandai dengan nafsu makan. Sebagai contoh, jika sebelumnya Mama sangat memerhatikan jenis makanan untuk diet, masa kehamilan membuat Mama jadi lebih ingin makan banyak.

Bukan hanya itu, Mama juga pasti akan memiliki satu atau beberapa jenis makanan tertentu yang Mama idamkan. Biasanya, makanan tersebut cenderung memiliki rasa yang enak dengan kandungan gula yang tinggi.

Alhasil, nggak usah dipertanyakan lagi, rutinitas Mama melahap jenis makanan tersebut akan sekaligus memberi kadar gula yang tinggi untuk diterima oleh gigi Mama saat mengunyah. Hal inilah yang meningkatkan kemungkinan sakit gigi ketika Mama menjalani masa kehamilan.

Solusi mengatasi sakit gigi dalam masa kehamilan

Solusi mengatasi sakit gigi dalam masa kehamilan
Freepik/Senivpetro

Sekarang, Mama telah mengetahui beberapa penyebab utama dibalik sakit gigi pada masa kehamilan.

Tentu, ini merupakan saat yang tepat untuk mengulik cara-cara yang dapat dilakukan oleh Mama sebaga solusi mengatasi sakit gigi dalam masa kehamilan.

Memeriksakannya ke dokter merupakan hal yang tidak boleh disepelekan, Mama juga dianjurkan untuk melakukan ketiga cara di bawah ini yang berfungsi sebagai metode pertolongan pertama yang dapat membantu Mama saat sakit gigi.

1. Kompres bagian gigi yang sakit

1. Kompres bagian gigi sakit
Freepik

Sama seperti yang selama ini Mama lakukan ketika pertama kali sakit gigi, Mama yang sedang hamil pun juga disarankan untuk mengompres bagian pipi Mama yang dibaliknya menimbulkan rasa sakit pada gigi.

Sebagai rekomendasi, Mama dianjurkan untuk mengompresnya dengan Hot Damp Cloth atau kain yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Cara ini membantu meningkatkan sirkulasi yang aktifdan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk mengatasi rasa sakit.

2. Makan bawang putih

2. Makan bawang putih
Pexels/Isabella Mendes

Cara terakhir yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk Mama meredakan rasa sakit pada gigi adalah dengan memanfaatkan air hangat yang telah dicampur atau diaduk dengan garam. Kemudian, hal yang Mama perlu lakukan hanya mengumurnya berkali-kali.

Kandungan garam pada air hangat tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan luka pada gusi serta membunuh kuman dan bakteri penyebab rasa sakit yang menempel pada gigi dan gusi. Sebagai tambahan, ia juga turut mengeluarkan semua racun yang ada.

Maka dari itu, Mama nggak perlu khawatir lagi mengenai isu sakit gigi dalam masa kehamilan.

Mama telah mengetahui berbagai penyebab utamanya, sehingga Mama dapat dengan bijaksana menjaga kebersihan gigi.

Dengan solusi yang telah dijabarkan, Mama pun dapat mengantisipasi saat sakit gigi terjadi. Good luck, Ma!

3. Kumur-kumur dengan air hangat bergaram

3. Kumur-kumur air hangat bergaram
Unsplash/rawpixel

Selama ini, kita mungkin hanya mengetahui bahwa bawang putih berguna sebagai penyedap rasa untuk berbagai menu makanan sehari-hari. Namun, tanpa Mama sadari, bawang putih ternyata memiliki kelebihan dalam meminimalisir rasa sakit pada gigi.

Karena itu, dalam keadaan sakit gigi saat sedang hamil, Mama dianjurkan untuk menaruh beberapa potong bawang putih pada bagian gigi yang sakit.

Mama juga bisa memilih opsi untuk mengunyah bawang putih pada bagian gigi yang sakit.

Baca juga: Bahaya Kandungan Flouride Pada Pasta Gigi Selama Masa Kehamilan

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.