7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki, Wajib Dicoba!

Berbagai jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesuburan

30 Juli 2022

7 Makanan Bisa Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki, Wajib Dicoba
Freepik/benzoik

Bukan hanya pada perempuan, masalah kesuburan pun dapat terjadi pada laki-laki. Masalah kesuburan pada laki-laki umumnya berkaitan dengan jumlah dan kualitas sperma yang kurang baik.

Jumlah dan kualitas sperma yang yang kurang baik ini tentunya akan membawa pengaruh pada peluang pembuahan dan kehamilan.

Jika kamu dan pasangan akan atau sedang mengupayakan kehamilan, masalah kesuburan ini perlu diatasi terlebih dahulu. Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan pada laki-laki adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Nah, kali ini Popmama.comtelah merangkum beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kesuburan laki-laki. Yuk, kita simak sama-sama!

1. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

1. Buah-buahan mengandung vitamin C
Pixabay/Alexas_Fotos

Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan jambu dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pada laki-laki.

Kandungan antioksidan dalam buah-buahan yang mengandung vitamin C disebut mampu meningkatkan kualitas, jumlah, motilitas (pergerakan sperma), dan morfologi (bentuk dan struktur) sperma laki-laki.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat mengurangi jumlah sperma yang cacat.

2. Sayuran hijau

2. Sayuran hijau
Pixabay.com/svibhandik

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, kubis, dan asparagus mengandung banyak asam folat yang dapat meningkatkan kesuburan laki-laki.

Asam folat pada sayuran berdaun hijau juga dapat membantu meregenerasi serta meningkatkan kualitas sperma agar dapat membuahi sel telur .

Editors' Picks

3. Makanan yang berasal dari laut

3. Makanan berasal dari laut
Pixabay/pasja1000

Makanan yang berasal dari laut disebut dapat meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin B12 di dalamnya.

Terdapat beberap penelitian yang menyebutkan bahwa asupan B12 yang cukup pada laki-laki dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, mengurangi risiko DNA sperma rusak, serta membantu meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma.

Kamu bisa menambahkan makanan laut seperti ikan sarden, tuna, salmon, kerang tiram, dan makanan laut lainya ke dalam menu makanan.

4. Kacang dan biji-bijian

4. Kacang biji-bijian
Pexels/Kafeel Ahmed

Vitamin E dan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam kacang dan biji-bijian memiliki pengaruh pada tingkat kesuburan laki-laki.

Kandungan vitamin E dalam biji-bijian dapat membantu menghambat kerusakan sperma. Sedangkan asam lemak omega-3 berperan dalam meningkatkan jumlah, motilitas, dan morfologi sperma

Kacang dan biji-bijian yang dapat dikonsumsi diantaranya yaitu, kacang almond, kenari, kacang hijau, kacang tanah, kacang polong.

5. Makanan yang mengandung vitamin D

5. Makanan mengandung vitamin D
Pixabay/Imoflow

Untuk meningkatkan kesuburan, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandng vitamin D seperti keju, kuning telur, susu, dan yoghurt.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa vitamin D dapat membantu meningkatkan kualitas testosteron dan motilitas sperma.

6. Tomat

6. Tomat
Freepik/Racool_studio

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Sheffield menyebutkan bahwa terdapat peningkatan pergerakan sperma sebesar 40% pada laki-laki yang mengonsumsi tomat.

Senyawa likopen yang terdapat pada tomat dinyatakan dapat membantu meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma.

7. Air

7. Air
Unsplash/rawpixel

Air putih bisa membantu kamu selalu terhidrasi sehingga sperma yang dihasilkan sehat dan berkualitas. Untuk itu, jaga asupan cairan dengan minum air putih sebanyak 8-12 gelas per hari. 

Itulah tadi 7 jenis makanan yang bisa meningkatkan kesuburan laki-laki. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk