Begini lho Kondisi Sperma Berkualitas agar Peluang Hamil Meningkat

Jangan sering-sering mengeluarkan sperma kurang dari 48 jam ya, bisa menurunkan kualitasnya lho

15 Juli 2018

Begini Kondisi Sperma Berkualitas agar Peluang Hamil Meningkat
uproxx.com

Mempersiapkan kehamilan bukan hanya urusan perempuan lho, tapi laki-laki juga andil besar di dalamnya. Selain kesuburan sel telur pada perempuan, kesehatan sperma agar bisa membuahi juga perlu diperhatikan.

Sebab 1/3 kasus infertilitas dikarenakan sperma laki-laki yang tidak berkualitas. Ada beberapa cara untuk mengetahui kualitas sperma yang baik atau sehat.

Baca Juga: Sulit Memiliki Keturunan? Mungkin Infertilasi Penyebabnya

Cara paling mudah yaitu dengan memperhatikan volume, warna, dan bau sperma. Jika saat ejakulasi jumlah sperma yang dipancarkan sedikit bisa jadi karena penyumbatan dalam saluran ejakulasi.

Sperma normal berwarna putih kekuningan atau keabuan, tapi jika berwarna cokelat atau hijau, segera periksakan ke dokter karena itu merupakan gejala perdarahan atau infeksi. Sperma yang berbau busuk juga mengindikasi terjadinya infeksi.

Editors' Picks

Ciri sperma berkualitas

Ciri sperma berkualitas
thehealthsite.com

Secara klinis ciri kualitas sperma yang sehat sebagai berikut:

  • Jumlah sperma sekitar 15-20 juta/mililiter dalam sekali ejakulasi
  • Sperma dikatakan subur jika minimal ada 40-60 persen yang bergerak
  • Morfologi atau bentuk sperma yang sehat memiliki bentuk kepala bulat dan ekor yang panjang sehingga membantu pergerakannya. Semakin banyak sperma dengan bentuk dan struktur yang normal berarti semakin subur Si Laki-Laki.
  • Volume semen normal minimal 2 ml dengan kadar fruktosa minimal 3 mg/ml dengan pH 7,2 - 7,8.
  • Likuofaksi/denaturasi atau pemecahan protein agar semen mencair. Sebaiknya proses ini berlangsung kurang dari 20 menit, jika lebih dari itu bisa jadi terdapat infeksi.

Dear calon Papa, jangan terlalu sering mengeluarkan sperma dalam rentang waktu yang dekat.

Alasannya sel sperma butuh waktu 48 jam untuk dimatangkan. Jika ejakulasi lebih dari satu kali sebelum waktu tersebut, mengakibatkan kualitas sperma menurun dan sulit untuk membuahi sel telur. Hindari hal ini ya jika Papa ingin melancarkan program kehamilan untuk Si Mama.

Meski masih memproduksi sperma, kualitas sperma bisa menurun saat usianya 50 tahun, sehingga perempuan yang hamil dengan laki-laki usia lanjut berisiko tinggi mengalami keguguran, anak lahir autis atau gangguan jiwa.

Vitamin untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Vitamin Meningkatkan Kualitas Sperma
healthyeatinghub.com.au

Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas sperma agar menunjang program kehamilan, laki-laki bisa mengonsumsi sejumlah vitamin. Vitamin yang dikonsumsi bisa dari suplemen dan yang paling baik adalah dari makanan sehat. Inilah vitamin yang perlu dikonsumsi :

  • Vitamin C berfungsi melindungi sperma dari kerusakan yang disebabkan oksidasi dan mengurangi potensi sperma saling menempel
  • Vitamin B6 berfungsi untuk membentuk hormon seks pria untuk meningkatkan gairah.
  • Vitamin B12 dan asam folat, kekurangan B12 menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampuan gerak sperma
  • Vitamin E sebagai antioksidan membantu sperma dalam penetrasi sel telur
  • Zink dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan. Jika kandungan zinc kurang dalam tubuh bisa mengurangi kadar testosteron yang mengakibatkan infertilitas atau kemandulan
  • Arginin dan L-Carnintine adalah asam amino yang diperlukan agar sperma berfungsi dengan normal

Agar kualitas sperma terjaga, laki-laki penting melakukan olahraga teratur, penuhi asupan makanan yang banyak mengandung zinc seprti sea food dan terong, serta vitamin lainnya.

Jaga kesehatan pikiran agar nggak mudah stres, hindari penis dari suhu panas dan radiasi, dan jangan gunakan celana yang ketat sehingga penis terlalu tertekan.

Baca Juga: Meningkatkan Kesehatan Sperma dengan Lakukan 7 Cara Ini!

Baca Juga: Stres Jangka Panjang pada Pria Bisa Merusak Produksi Sperma

Baca Juga: 8 Makanan Sehat Ini Baik untuk Meningkatkan Kualitas Sperma Calon Papa

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.