Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam? Intip Cara Amannya, Ma!

Ada aturan penting yang perlu diperhatikan sebelum makan mie, ya Ma

9 Mei 2019

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam Intip Cara Amannya, Ma
Freepik

Mie ayam memang menjadi salah satu makanan favorit ya, Ma. Tak terkecuali bagi para ibu hamil. Gurihnya mie berpadu dengan potongan ayam yang lezat juga selalu jadi juara.

Namun sebenarnya bolehkah ibu hamil makan mie ayam? Sebenarnya semua bergantung pada kebersihan dan kualitas dari mie ayam yang Mama konsumsi. 

Apabila mie ayam yang Mama konsumsi dijual di pinggir jalan dan tidak terjamin kebersihannya, maka mungkin saja mie tersebut mengandung zat pengawet dan zat pewarna yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Mama dan juga janin.

Selain itu, bumbu yang digunakan termasuk vetsin juga mungkin juga mengandung MSG alias monosodium glutamate. Terlalu banyak konsumsi sodium dapat meningkatkan risiko hipertensi, stroke, masalah ginjal hingga gangguan jantung.

Ibu hamil boleh makan mie ayam karena sebenarnya mie ayam juga masih mengandung nutrisi kok, Ma.

Menurut data Angka Kecukupan Gizi (AKG) dalam 1 mangkok mie ayam terdapat 421 kalori, 18,74 gr lemak, 46,21 gr karbohidrat, 16,7 gr protein, 36 mg sodium, dan 143 mg kalium.

Walaupun demikian, ibu hamil harus pintar memilih jenis sumber gizi, ya.

Jangan hanya mengandalkan dari satu jenis menu saja, termasuk dari mie ayam. Tetap penuhi kebutuhan nutrisi dari sumber lain termasuk sayur dan buah-buahan.

Jadi, sebenarnya boleh saja kok ibu hamil makan mie ayam, tapi tetap ada aturan penting yang perlu diperhatikan supaya justru tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Mama dan juga janin.

Berikut Popmama.com rangkum informasi tentang cara aman makan mie ayam bagi ibu hamil.

1. Buat bahan mie ayam sendiri di rumah

1. Buat bahan mie ayam sendiri rumah
Freepik

Coba cari tahu bagaimana cara membuat mie sendiri di rumah yuk, Ma! Membuat mie sendiri tentu akan lebih terjamin kebersihan dan keamanannya bagi kesehatan tubuh Mama.

Bahan-bahan yang digunakan pasti akan lebih terjamin dan masih segar. Selain itu, penggunaan bumbu-bumbu masak pun bisa lebih terawasi.

Tahukah Mama bahwa mengonsumsi mie yang dibuat dengan menggunakan zat pengawet dan pewarna bisa membahayakan kesehatan? Tidak cuma kesehatan tubuh Mama tapi juga janin.

Meski rasanya mungkin lebih gurih dan kenyal, namun mie yang tidak terjamin kebersihannya ini tidak baik bagi kesehatan kehamilan. Selain itu, konsumsi zat-zat seperti ini juga bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit lainnya.

2. Tidak menggunakan MSG berlebihan

2. Tidak menggunakan MSG berlebihan
Pixabay/Webvilla

Seperti disebutkan sebelumnya, penggunaan MSG berlebihan selain bisa membahayakan janin, juga bisa berpengaruh buruk bagi jantung dan tubuh Mama.

Bagi janin, konsumsi MSG berlebihan bisa merusak perkembangan otak, meningkatkan risiko penyakit jantung serta merusak sistem sarafnya.

Monosodium glutamate alias MSG dikenal sebagai salah satu bahan aktif untuk menyedapkan masakan. Namun meski nantinya makanan akan terasa lebih enak, tapi efek buruknya juga menyeramkan, Ma.

Sebagai pengganti MSG untuk bumbu penyedap, Mama bisa menggunakan bahan alami yang lebih aman seperti bawang putih, bawang merah, kaldu ayam murni, garam dan daun bawang. Selain lebih enak, bumbu-bumbu ini juga lebih sehat.

Editors' Picks

3. Tidak menggunakan saos tambahan

3. Tidak menggunakan saos tambahan
Pixabay/Dow

Salah satu komponen yang juga berbahaya dari mie ayam yang dijual di pinggir jalan adalah saos botolannya. Seringkali saos seperti ini mengandung zat pewarna yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain kebersihannya, penggunaan saos juga sebaiknya dihindari karena pedas berlebihan bisa membuat Mama terkena diare. Sebab saat hamil, sistem pencernaan Mama biasanya akan menjadi lebih sensitif sehingga rentan mengalami gangguan.

Jika berlebihan dan tidak diatasi dengan tepat, diare saat hamil bahkan bisa memicu kontraksi rahim lho, Ma.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan saos botolan seperti ini, ya. Jika Mama ingin sensasi pedas, lebih baik buat sendiri sambal di rumah.

4. Batasi porsi makan

4. Batasi porsi makan
Freepik

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan, termasuk makan mie ayam. Meskipun boleh makan mie ayam, bukan berarti Mama bisa makan mie terus-terusan lho, ya.

Jika dimakan terus-menerus dan secara berlebihan, mie ayam juga bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Ingatlah bahwa saat hamil Mama perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dari berbagai sumber seperti sayur, buah, daging, dan juga susu.

Apabila rasa kenyang yang timbul hanya karena Mama makan mie ayam, dikhawatirkan kebutuhan nutrisi harian Mama dan juga janin belum terpenuhi.

5. Lengkapi dengan sayuran organik

5. Lengkapi sayuran organik
Pixabay/qimono

Nah, agar mie ayam yang Mama buat dan makan sendiri lebih sehat, jangan lupa lengkapi juga dengan sayuran organik. Mama bisa membeli sayur-sayuran ini di pasar khusus. Misalnya seperti sawi atau sayuran lainnya yang Mama suka.

Termasuk di antaranya wortel, brokoli, bayam dan sayur-sayuran lainnya. Dengan menambahkan sayur, kebutuhan vitamin dan mineral Mama tetap bisa terpenuhi walaupun sedang makan mie ayam.

Jadi pada intinya, Mama tetap boleh kok makan mie ayam saat hamil. Hanya saja, batasi porsinya dan akan jauh lebih baik jika Mama membuat sendiri mie ayam rumahan alias homemade, ya!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!