5 Macam Suara yang Bisa Didengar Janin dari Dalam Perut Mama

Suara apa ya yang jadi favorit si Kecil?

30 Juni 2020

5 Macam Suara Bisa Didengar Janin dari Dalam Perut Mama
Freepik/Freepic.diller

Pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan sungguh luar biasa, Ma. Saat kehamilan memasuki usia 18 minggu, kemampuan mendengar bayi dalam rahim mulai berkembang.

Pakar kebidanan, Denyse Kirkby, menyebutkan bahwa di dalam kandungan, bayi dikelilingi oleh cairan ketuban. Suara yang didengarnya pun bergetar melewati cairan tersebut.

Sehingga ia mampu mendengar suara yang berasal darii luar perut mama.

Menurut Denyse, kemampuan mendengar bayi saat itu sudah sangat baik. Dengan adanya cairan ketuban ini, Mama tak perlu menggunakan headphone saat ingin memperdengarkan musik pada bayi. 

Kebiasaan tersebut justru bisa mengganggu bayi, karena suaranya menjadi bergetar dengan keras.

Apa saja ya suara-suara yang bisa bayi dengar dari dalam rahim mama? Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya.

1. Lagu yang menyenangkan

1. Lagu menyenangkan
Pixabay/Stevepb

Cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu lembut saat hamil, Ma. Lagu jenis ini dapat membantu Mama dan bayi merasa rileks sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kecemasan. Lagu lembut dan bernada sederhana juga terbukti memiliki kecepatan dan ritme yang menenangkan. Efek positifnya, gelombang otak mama dan bayi menjadi lebih rileks juga.

Mama juga bisa mulai memperdengarkan lagu pengantar tidur untuk Si Kecil. Ia dapat mendengarnya dengan baik, kok. Sehingga nantinya saat bayi sudah lahir, dirinya sudah terbiasa dengan lagu tersebut dan membantu pola tidurnya menjadi lebih teratur.

Editors' Picks

2. Suara organ tubuh Mama

2. Suara organ tubuh Mama
Pixabay/StockSnap

Faktanya, bayi dalam kandungan dapat mendengar dengan jelas suara organ-organ di dalam tubuh mama. Termasuk di antaranya suara detak jantung mama, suara darah yang mengalir melalui pembuluh darah, serta suara perut saat mama sedang lapar.

Selain itu, bayi juga mulai bisa mendegar suara-suara dari lingkungan sekitar mama. Misalnya suara televisi dan suara bising saat Mama sedang berada di jalan raya.

3. Suara Mama

3. Suara Mama
Pixabay/Mvorocha

Biasakan untuk selalu mengajak Si Kecil berbicara sejak dalam kandungan ya, Ma. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suara mama adalah salah satu suara yang paling disukai oleh bayi sejak dalam kandungan.

Ditemukan bahwa detak jantung bayi melambat ketika ia mendengar suara mama. Ini artinya, suara mama memberikan efek menenangkan bagi bayi.

Efek ini membuat para peneliti menyakini bahwa bayi tak sekadar mendengar suara mama, tapi juga mengenali dan menemukan rasa nyaman dari suara tersebut.

Meski belum bisa memberikan respons balik, namun bayi sudah bisa menyimpan memori tersebut.

Selain suara mama, bayi juga senang mendengar suara dengan frekuensi rendah seperti suara papa, lho.

4. Suara ultrasound

4. Suara ultrasound
Pixabay/MedicalPrudens

Saat Mama cek ke dokter dan dilakukan pemeriksaan USG, bayi dalam kandungan bisa merasakannya juga, Ma.

Alasannya, pemeriksaan jenis ini juga menciptakan suara keras di rahim. Efek suara yang didengar oleh bayi bahkan dikatakan mirip seperti suara kereta bawah tanah saat melewati stasiun. Dengan alasan ini, beberapa ahli meyakini USG tak perlu dilakukan terlalu sering.

Selain itu, saat melakukan USG alat tersebut juga sebaiknya diarahkan jauh dari telinga bayi yang sedang berkembang.

5. Suara bising saat konser

5. Suara bising saat konser
Pixabay/Pexels

Ada alasan kesehatan mengapa saat memasuki trimester kedua dan ketiga Mama dianjurkan untuk tidak pergi ke konser musik.

Faktanya, suara keras dan bising yang ada dapat mengganggu bayi dalam kandungan. Terlebih jika Mama berada dalam lingkungan tersebut dalam periode yang lama.

Hal ini juga berlaku apabila Mama bekerja di lingkungan yang bising seperti pabrik, berada dekat area pesawat atau mesin-mesin. Ya, interval berulang-ulang dan periode kebisingan yang lama bisa membuat bayi berisiko kehilangan pendengaran di dalam rahim.

Untuk memastikan bayi dalam rahim aman dari semua risiko yang berhubungan dengan kebisingan, Mama sebaiknya menghindari beberapa situasi tertentu.

Misalnya paparan suara mesin atau berada di barisan paling depan saat menghadiri konser musik.

Nah, itulah 5 suara yang bisa didengarkan bayi sejak dalam kandungan. Lebih hati-hati lagi memilih lingkungan berada saat sedang hamil ya, Ma. Hal ini nyatanya juga bisa berdampak bagi kesehatan telinga bayi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.