Sudah Bisa Mendengar, Ini Ma Perkembangan Janin 5 Bulan Lainnya!

Salah satu perkembangan janin 5 bulan adalah pendengarannya yang mulai baik Ma!

24 Desember 2018

Sudah Bisa Mendengar, Ini Ma Perkembangan Janin 5 Bulan Lainnya
Freepik/Senivpetro

Saat memasuki usia 5 bulan kehamilan, berbagai macam keluhan seperti payudara terasa nyeri hingga perut terasa gatal mungkin saja akan Mama rasakan.

Namun dibalik itu, Mama harus tahu bahwa janin sedang mengalami perkembangan yang menakjubkan.

Pada usia kehamilan 5 bulan yang dimulai pada minggu ke 21 hingga minggu ke 24 ini, pergerakan janin dalam kandungan akan semakin Mama rasakan.

Mama bahkan sudah dapat mengajaknya untuk “berbicara” karena pada usia ini, janin terbilang sudah bisa mendengar lebih jelas.

Jadi penasaran kan dengan apa saja perkembangan janin 5 bulan?

Dilansir dari BabyCenter, berikut perkembangan janin 5 bulan dari minggu ke minggu:

1. Pada usia 21 minggu

1. usia 21 minggu
Freepik/Freepic.diller

Perkembangan janin 5 bulan pada usia 21 minggu yaitu janin memiliki panjang sekitar 26 cm dengan berat sekitar 340 gram Ma.

Pada usia ini, bisa dikatakan janin sudah sebesar sebuah wortel. Tak sampai situ, di usia ini pula, janin dalam kandungan sudah bisa mendengar suara Mama dan Papa lebih jelas.

Jadi penting untuk mengajak janin “berbicara” pada usia ini.

2. Pada usia 22 minggu

2. usia 22 minggu
Freepik/Pressfoto

Pada usia 22 minggu, janin sudah sebesar labu kecil Ma. Di usia 22 minggu,  janin memiliki panjang sekitar 27 cm dengan berat sekitar 453 gram.

Pada usia kehamilan 22 minggu pula, bibir, kelopak mata, dan alis janin dalam kandungan sudah mulai terlihat dengan jelas. 

Indra pengecapnya pun sudah mulai tumbuh.

Pada usia ini pula janin  sudah bisa merasakan sentuhan atau dapat mulai menghisap ibu jarinya.

Editors' Picks

3. Pada usia 23 minggu

3. usia 23 minggu
Freepik/Yanalya

Pada usia 23 minggu, janin umumnya sudah memiliki panjang sekitar 28 cm. Besarnya kira-kira mencapai mangga berukuran besar Ma.

Pada usia kehamilan ini, lapisan lemak sudah mulai terbentuk di dalam tubuh janin.

Janin juga sudah bisa menggerakkan jari tangan, jari kaki, lengan dan juga kakinya. Mama akan merasakan gerakan dari tubuh janin tersebut saat janin sedang aktif bergerak. 

4. Pada usia 24 minggu

4. usia 24 minggu
Freepik/Oleg Baliuk

Perkembangan janin 5 bulan tepatnya pada usia 24 minggu adalah janin sudah sebesar jagung Ma. Panjangnya sudah mencapai 30 cm dengan kenaikan berat sekitar 113 gram dibanding minggu sebelumnya.  

Pada usia ini, pendengaran janin semakin berkembang dibanding sebelumnya. Organ telinga dalamnya semakin terbentuk dengan sempurna.

Tak hanya itu saja, pada usia ini, paru-parunya juga mulai berkembang. Meski pada usia ini janin masih menerima oksigen melalui plasenta namun setelah lahir, paru-parunya akan mulai aktif dan otomatis berisi oksigen.

Nah agar paru-parunya dapat langsung berfungsi setelah lahir, selama di dalam rahim organ tersebut akan mulai memproduksi zat surfaktan Ma.

Surfaktan merupakan zat yang mencegah kebocoran pada kantung udara di paru-paru, dan melindunginya ketika menghembuskan napas.

Itulah perkembangan janin 5 bulan Ma. Mama harus menjaga kesehatan dengan baik agar perkembangan janin tersokong dengan baik.

Selain itu, jangan lupa pula untuk rutin mengontrol kondisi kehamilan agar segala sesuatu yang terjadi selama kehamilan dapat diketahui.

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!