Tips Memilih Bra yang Tepat untuk Ibu Hamil, Ini 6 Kriterianya!

Seperti ini yang bisa bikin Mama merasa nyaman

6 Juli 2020

Tips Memilih Bra Tepat Ibu Hamil, Ini 6 Kriterianya
mama.ua

Salah satu tanda-tanda awal kehamilan adalah payudara mama yang akan terasa lebih sensitif. Pada masa kehamilan, mama juga akan merasakan perubahan ukuran payudara.

Sesekali payudara juga mungkin terasa kesemutan. Lama-kelamaan payudara akan bertambah besar dan makin kencang. Kondisi tersebut normal terjadi kok, Ma. Ini sebagai persiapan untuk produksi ASI.

Nah, biasanya kondisi ini membuat mama harus menggunakan bra khusus ibu hamil karena ukurannya mungkin saja bertambah satu bahkan tiga nomor di atasnya. Supaya tetap nyaman selama menjalani masa kehamilan, Mama harus memilih bra yang tepat khusus untuk ibu hamil.

Berikut Popmama.com berikan tips memilih bra yang tepat untuk ibu hamil:

1. Pilih bra tanpa kawat dan tanpa busa

1. Pilih bra tanpa kawat tanpa busa
newchic.com

Saat sedang tidak hamil pun biasanya kawat bra membuat payudara kurang nyaman bahkan bahkan hingga terasa sakit. Selain itu, busa pada bra juga seringkali membuat dada terasa sesak.

Setelah memasuki masa kehamilan, Mama sebaiknya tidak lagi menggunakan bra dengan kawat dan busa. Selain demi kenyamanan, Mama juga tidak perlu lagi menonjolkan bentuk payudara, karena secara alami sudah lebih besar dari ukuran sebelumnya.

2. Full cup dan tali yang lebar

2. Full cup tali lebar
brastop.com

Mama sebaiknya pilih bra dengan bahan yang lembut dan nyaman. Disarankan menggunakan model full cup, supaya bisa menyangga payudara sepenuhnya. Bra juga harus memiliki tali yang lebar agar kulit bahu dan punggung tidak bermasalah.

Biasanya tali bra akan memeluk tubuh dengan erat karena beban payudara yang membesar, penggunaan tali yang kecil malah bisa membuat kulit tergesek dan menyebabkan gatal atau lecet. Tali bra yang lebar juga dapat menyangga payudara dengan lebih baik sehingga mencegah nyeri punggung.

Editors' Picks

3. Pengait tambahan

3. Pengait tambahan
tokopedia.com

Ukuran payudara bisa makin membesar seiring dengan makin tuanya usia kandungan mama. Jadi supaya tidak sering berganti-ganti bra, sebaiknya mama membeli bra yang mempunyai banyak pengait di bagian belakang agar pemakaian bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Apalagi posisi pengait bra juga harus disesuaikan dengan ukuran payudara supaya nyaman. Mama bisa juga menyiasati dengan membeli pengait tambahan. Ini akan membuat Mama jauh lebih hemat karena tidak perlu mengganti bra lagi selama kehamilan.

4. Membeli 7 Buah

4. Membeli 7 Buah
thebusinesswomanmedia.com

Bra khusus ibu hamil mungkin tidak akan Mama gunakan lagi setelah melahirkan nanti. Mama mungkin akan membutuhkan bra menyusui dengan bukaan depan yang memudahkan proses menyusui. Maka Mama tidak perlu membeli bra hamil yang terlalu banyak.

Mama cukup membelinya sebanyak tujuh buah agar bisa menggantinya setiap hari. Pastikan Mama sering mengganti bra terutama saat cuaca sedang panas dan tubuh berkeringat.

5. Bra menyusui

5. Bra menyusui
businesspundit.com

Memasuki kehamilan trimester ketiga, bukan hanya bra untuk ibu hamil saja yang perlu mama beli. Mama juga harus mulai mempersiapkan bra menyusui, yang memiliki bukaan di bagian depan. Akan tetapi, biasanya bra menyusui ini juga nyaman dipakai semasa hamil.

Jadi mama juga bisa lebih menghemat, karena bra menyusui ini bisa dipakai juga pasca melahirkan nanti.

6. Kualitas bra

6. Kualitas bra
makeupandbeauty.com

Di luar sana banyak toko-toko yang menjual bra dengan harga murah. Tapi waspadalah karena tidak semua bra akan cocok untuk Mama. Pilihlah bra yang memiliki model yang tepat dan benar-benar nyaman.

Tapi jika dibandingkan dengan bra biasa, bra untuk ibu hamil atau menyusui biasanya memang lebih mahal karena desain dan bahannya dibuat khusus untuk kenyamanan ibu hamil.

Cara Merawat Bra selama Masa Kehamilan

Bra kehamilan pasti akan Mama gunakan sepanjang masa kehamilan. Maka penting untuk merawatnya dengan baik. Mama disarankan untuk tidak mencuci bra menggunakan mesin. Cukup kucek dengan deterjen atau sabun cair untuk membersihkannya.

Sedangkan untuk pemakaiannya, Mama harus mengganti bra setidaknya satu atau dua kali sehari untuk menjamin kebersihannya. Saat tidur, bra juga sebaiknya dilepas agar tidur lebih nyenyak dan lebih nyaman.

Demikian tips memilih bra khusus ibu hamil agar Mama merasa lebih nyaman selama kehamilan. 

Semoga menemukan yang cocok ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.