Hamil 19 Minggu, Sheila Marcia Lebih Banyak #DiRumahAja selama Pandemi

Walau menjalani keseharian di rumah, Sheila Marcia tetap rajin berjemur

30 Juni 2020

Hamil 19 Minggu, Sheila Marcia Lebih Banyak DiRumahAja selama Pandemi
Instagram.com/itssheilamj

Usai menikah dengan Dimas Akira pada Kamis (20/2/2020) lalu, kehidupan Sheila Marcia semakin berwarna. Apalagi dirinya sedang hamil anak pertama untuk buah cintanya dengan Dimas Akira. 

Sebelum dipersunting oleh Dimas, Sheila sendiri telah memiliki dua orang putri dan satu orang putra. Mereka adalah Leticia Charlotte Agraciana Joseph, Nathaniel Jedd Melchior Mirano dan Precious Brianna Yael Mirano. 

Mama yang sebentar lagi melahirkan anak keempatnya ini sudah memasuki usia kehamilan ke-19 minggu.  

Di fase new normal ini, Sheila lebih banyak memilih untuk tetap menjalani berbagai aktivitas di rumah. Demi kesehatan kandungannya, Sheila hanya pergi untuk urusan yang benar-benar penting saja. 

"Mengingat kembali, saya juga lagi hamil 19 minggu. Tahan dulu keinginan untuk jalan-jalan supaya baby sehat sampai lahiran nanti. Juga kakaknya tetap sehat," tulis Sheila Marcia dalam unggahannya. 

Dengan pengalaman hamil yang berbeda dari sebelumnya, Sheila berharap kalau semua ini akan cepat berlalu dan bisa kembali normal. 

"Terima kasih Tuhan atas Kasih Karunia-Mu, pemeliharaan-Mu selama ini bagi keluarga kami dan seluruh umat manusia di masa-masa sulit ini. Terpujilah Nama-Mu Yesus," ucapnya. 

Jika Mama ingin mengetahui perkembangan kehamilan Sheila Marcia di usia 19 minggu, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Bagaimana perkembangan kehamilan di usia ke-19 minggu?

1. Bagaimana perkembangan kehamilan usia ke-19 minggu
Instagram.com/itssheilamj

Usia kehamilan yang terus bertambah tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk ibu hamil apalagi saat janin dalam kandungannya senantiasa sehat. 

Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-19 sudah semakin memperlihatkan pertumbuhan pesat pada seluruh bagian tubuhnya. 

Perlu diketahui bahwa tulang rawannya pun terus berkembang dan berubah menjadi tulang. Selubung mielin bertumbuh dan menyelubungi sumsum tulang belakang.

Di usia kehamilan ini, berat tubuh mama akan naik. Berat yang bertambah itu mewakili bobot janin yang bertambah, plasenta, cairan amnion, dan payudara yang membesar.

Saat memasuki usia ke-19 minggu pastikan untuk selalu memerhatikan pola makan dan konsisten menjalani pola hidup yang sehat. Tetaplah menjadikan si Kecil di dalam perut sebagai sebuah prioritas. 

2. Olahraga yang tepat dilakukan selama trimester kedua

2. Olahraga tepat dilakukan selama trimester kedua
Freepik/Jcomp

Menjaga kesehatan selama hamil memang menjadi sebuah keharusan yang perlu dilakukan. Tak hanya bijak dalam memilih asupan gizi dari makanan saja, namun pemilihan alternatif olahraga pun harus selektif.   

Olahraga perlu dilakukan secara rutin oleh ibu hamil, sehingga tubuh lebih aktif bergerak dan mampu membantu dalam mengatur kenaikan berat badan

Jika Mama sedang masuk trimester kedua kehamilan, cobalah untuk mencari olahraga yang cocok agar tetap sehat dan bugar. Jenis olahraga yang bisa dilakukan antara lain: 

  • Berjalan kaki di pagi hari karena mampu memberikan beragam kesehatan untuk tubuh, termasuk melatih otot kaki menjadi lebih kuat.  
  • Berenang dapat meningkatkan imunitas tubuh serta membakar kalori saat hamil.
  • Yoga membantu tubuh lebih rileks dan perasaan lebih tenang.
  • Sepeda statis mencegah kenaikan berat badan berlebih.

Ketika masih merasa ragu terhadap olahraga yang akan dijalani selama masa kehamilan, alangkah baiknya berdiskusi dengan dokter agar kesehatan si Kecil tetap terjaga. 

3. Sheila Marcia terbiasa berjemur di bawah sinar matahari

3. Sheila Marcia terbiasa berjemur bawah sinar matahari
Freepik/jannoon028

Walau hanya berada di rumah, namun Sheila Marcia menyempatkan waktu luangnya untuk berjemur ke teras setiap hari agar mendapat sedikit cahaya matahari. 

Aktivitas berjemur bersama keluarga ini secara tidak langsung dapat memberikan manfaat untuk kehamilannya.

Kebiasaan positif dari Sheila ini bisa ditiru oleh ibu hamil lainnya karena berguna untuk perkembangan si Kecil di dalam kandungan. 

Perlu diketahui bahwa vitamin D sangat diperlukan untuk ibu hamil, bahkan mampu meningkatkan perkembangan tulang pada janin yang sedang bertumbuh.

Asupan vitamin D yang didapat oleh ibu hamil mampu mencegah serangan virus penyebab infeksi dan mengurangi berbagai risiko komplikasi yang nantinya bisa muncul sewaktu-waktu. Tanpa asupan vitamin D yang cukup, maka ibu hamil berisiko mengalami masalah kesehatan antara lain: 

  • Mampu meningkatkan risiko diabetes.
  • Berisiko melahirkan bayi prematur. 
  • Mampu meningkatkan risiko preeklampsia.
  • Dapat meningkatkan risiko autisme pada anak.

Demi mengurangi segala risiko kesehatan yang dapat terjadi selama masa kehamilan, ada baiknya untuk mencukupi asupan vitamin D. Mama dapat mencukupinya secara alami dengan berjemur dan mendapatkan paparan sinar matahari pagi. 

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit. 

Selain sinar matahari, vitamin D bisa ditemukan pada beberapa makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, sarden, makarel, kuning telur, jamur kancing, udang, dan tahu. 

Itulah beberapa rangkuman mengenai cerita Sheila Marcia di usia kehamilannya yang mencapai ke-19 minggu. 

Sehat terus untuk Sheila Marcia selama hamil hingga proses persalinan nanti. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.