Kisah Haru saat Pandemi Corona, 7 Seleb Ini Melahirkan di Bulan Maret

Perjuangan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata nih, Ma!

1 April 2020

Kisah Haru saat Pandemi Corona, 7 Seleb Ini Melahirkan Bulan Maret
Instagram.com/achasinaga/rickyharun

Di tengah wabah virus corona atau Covid-19 yang semakin meluas tentu membuat semua masyarakat merasa khawatir, begitu juga dengan ibu hamil. Beberapa Mama perlu berjuang saat proses persalinannya terjadi di tengah-tengah pandemi Covid-19 seperti ini. 

Beberapa seleb yang melahirkan di bulan Maret 2020 seperti Acha Sinaga, Yuanita Christiani, Melody Prima hingga Herfiza pun harus berjuang melahirkan anak mereka. 

Setiap perjuangan persalinan mereka pun memiliki cerita dan kisahnya tersendiri. 

Penasaran seperti apa kisahnya dari beberapa seleb yang melahirkan di bulan Maret? Berikut beberapa rangkuman dari Popmama.com yang bisa memberikan inspirasi dan membuat Mama tidak takut menjalani persalinan di tengah Covid-19

Cari tahu yuk, Ma!

1. Acha Sinaga melahirkan anak laki-laki - 10 Maret

1. Acha Sinaga melahirkan anak laki-laki - 10 Maret
Instagram.com/achasinaga

Acha Sinaga yang menetap di Australia bersama Andy Ambarita baru saja dikaruniai anak pertamanya. 

Tepat pada Selasa (10/3/2020), Acha Sinaga melahirkan anak pertamanya Royal Prince Alfred Hospital. Perjuangan untuk bertemu dengan Lucas Asaf Ambarita membutuhkan usaha yang panjang dan begitu disyukuri oleh Acha dan sang Suami. 

"Saat gelombang cinta datang aku cuma bisa teriak “Tuhaan tolong aku” karena jujur rasanya beneran kaya mau dijemput maut huhu. Tapi Tuhan dengar seruanku, setelah itu cepet banget sampai bukaan 10 Lucas masih kuat jantungnya stabil," cerita Acha melalui Instagram pribadinya. 

Sebagai pengalaman pertama sekaligus perdana, Acha akhirnya bisa merasakan perjuangan seorang Mama saat melahirkan. 

"Ternyata bener-bener hidup dan mati yah," ucap Acha. 

Acha pun tidak lupa mengucapkan terima kasih atas semua doa yang diberikan kepadanya atas kelahiran Lucas. 

Baca juga: Pura-Pura Bertengkar, Acha Sinaga Umumkan Kehamilan ke Orangtuanya

2. Melody Prima melahirkan anak laki-laki - 15 Maret

2. Melody Prima melahirkan anak laki-laki - 15 Maret
Instagram.com/Melodyprima

Aktris sinetron Melody Prima juga baru saja melahirkan anak keduanya pada hari Minggu (15/3/2020) lalu. Berjenis kelamin laki-laki, anak kedua Melody diberi nama Muhammad Raffasya Arshaka Setiyadi dan bisa dipanggil Raffa. 

Melalui Instagram pribadinya, Melody bercerita bahwa pengalaman melahirkan anak keduanya kali ini benar-benar merasa dimudahkan oleh sang Pencipta. 

Saat di tanggal 15 Maret lalu tepat di jam 12 malam, Melody merasakan celananya seperti rembes dan ketika diperiksa di kamar mandi ternyata air ketuban. Melody saat itu juga langsung membangunkan suaminya. 

"Sekitar jam 1an baru berasa mules, tetapi masih tipis-tipis. Suami masih menemani sembari tahajud, sekitar setengan jam kemudian tiba-tiba mulesnya mulai kencang dan mulai rutin di 10 menit sekali. Aku masih mencoba tenang dan masih yoga dikit-dikit di kamar biar kepala bayinya cepat turun," cerita Melody melalui tulisannya di Instagram. 

Sekitar jam 3, Melody dan sang Suami memutuskan untuk pergi ke rumah sakit karena sudah tidak tahan lagi menahan rasa sakit. 

Sampai di rumah sakit, pasangan ini langsung masuk ruang bersalin karena pembukaannya sudah lengkap. 

"Tetapi belum boleh ngeden karna harus tunggu dokter datang. Alhamdulillah 15 menit kemudian dokter sampai dan si Adek lahir dengan selamat," ucap Melody. 

Baca juga: Hanya Dua Kata, Ini Nama Anak Kedua Melody Prima Bermakna Indah

Editors' Picks

3. Yuanita Christiani melahirkan anak perempuan - 16 Maret

3. Yuanita Christiani melahirkan anak perempuan - 16 Maret
Instagram.com/yuanitachrist

Kabar bahagia datang dari keluarga kecil Yuanita Christiani dan Indra Wiguna Tjipto karena telah dikaruniai anggota baru. Putri pertama mereka bernama Ariella Lenora Wiguna lahir pada Senin (16/3/2020) lalu. 

Menurut cerita dari Yuanita, hari itu seolah menjadi babak baru untuknya dan sang Suami. 

"Masih terekam jelas suara tangismu di dalam ruang operasi kala itu yang menjadi sebuah tanda lahirnya seorang perempuan tangguh, kuat, pemberani yang takut akan Tuhan dan menerangi sesama yang bernama Ariella Lenora Wiguna," ucap Yuanita. 

Melalui ceritanya di Instagram, Yuanita rasanya masih seperti mimpi karena kini telah bertemu secara langsung dengan si Kecil. Perjuangan Yuanita selama hamil 9 bulan seolah menjadi perjuangan manis yang akan selalu dikenang.

Rasanya seperti mimpi. 

Menggendong dan melihat Ariella Lenora Wiguna, ibarat sebuah mimpi yang begitu indah. Satu hal yang pasti adalah kami begitu beryukur kepada Tuhan atas kehadiran Ariel di tengah kehidupan Papi & Mami.

Masih teringat jelas dipikiran kami, saat menantikan kamu selama 4 bulan hingga berada di perut Mami, membawa kamu kemanapun dalam setiap kegiatan Mami selama hampir 39 minggu dan kini kami punya tanggung jawab baru yang orang sebut dengan istilah orangtua.

Usai melahirkan anak pertama, Yuanita dan sang Suami semakin menyadari bahwa cinta orangtua itu sepanjang masa. 

"Doakan kami Ariel agar kami dapat menjadi orangtua yang baik. Bisa membawa kamu mengenal dan takut akan Tuhan seperti doa yang kami berikan dalam namamu," tulis Yuanita melalui salah satu unggahan fotonya di Instagram. 

Baca juga: Melahirkan Anak Pertama, Yuanita Christiani: Ini Anugerah Terindah

4. Cynthia Ramlan melahirkan anak laki-laki - 20 Maret 

4. Cynthia Ramlan melahirkan anak laki-laki - 20 Maret 
Instagram.com/cynthiaramlan

Kebahagiaan lain di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia juga terjadi oleh keluarga Cynthia Ramlan. 

Melalui Instagram pribadinya, Cynthia menceritakan mengenai kondisi rumah sakit yang penjagaannya begitu diperketat karena pandemi Covid-19. 

"Karena aku bersalin di RS umum ketentuannya tidak boleh ada pendamping lebih dari satu orang dan tidak ada jam besuk, proses persalinan pun tanpa didampingi suami," jelas Cynthia. 

Persalinan kali ini pun membuat sang Suami memberikan dukungan melalui video call. 

"Sedih iya karena semua tidak seperti yang di rencanakan, tapi kebijakan itu semua di ambil untuk kebaikan bersama. Jadi kita harus berbesar hati ngejalaninnya. Kita berdoa aja semoga ini semua bisa cepet berlalu dan kembali normal lagi," katanya. 

Kaiser Arsyanendra Tjokro (Kai) menjadi nama untuk anak kedua Cynthia Ramlan. Sama seperti nama anak lain, Kai juag memiliki arti nama yang indah dan penuh harapan. 

Yang namanya punya arti: pemimpin dengan kehormatan, kejayaan dan pengetahuan. Insya Allah nggak berhenti-berhenti Ayah Mama bersyukur sama Allah SWT atas kehadiran kamu Nak, apalagi mas Kent, happy banget bakalan punya teman main bola sama karate katanya. 

5. Herfiza melahirkan anak perempuan - 21 Maret 

5. Herfiza melahirkan anak perempuan - 21 Maret 
Instagram.com/rickyharun

Keluarga Herfiza dan Ricky Harun resmi kedatangan anggota baru karena anak keempat mereka telah lahir di tengah pandemi Covid-19. Herfiza melahirkan anak perempuan bernama Aisyah Akyza Pratama pada 21 Maret 2020 lalu. 

Melalui Instagram pribadinya, Herfiza bercerita bahwa pengalaman melahirkan anak keempatnya di tengah penyebaran pandemi Covid-19. 

Banyak temen-teman yang nanya mengenai melahirkan ketika sedang ada virus Covid-19 ini.

Dari anak pertama sampai ke empat, saya memang selalu melahirkan di Rumah Sakit Bersalin Asih di daerah Panglima Polim.

Salah satu alasannya adalah karena saya memang poingin suasana melahirkan yang “homey”, yang nggak tegang dan nggak yang “rumah sakit banget” gitu.

Karena memang rumah sakitnya khusus untuk ibu hamil dan anak-anak, jadi yang mondar-mandir di sana pun banyaknya ibu hamil yang mau check up, yang sudah melahirkan dan anak-anak.

Memilih tempat melahirkan yang tepat memang dibutuhkan sekali, sehingga merasakan rasa yang nyaman selama proses persalinan berlangsung. 

"Alhamdulillah selama kemarin saya melahirkan di sana suasananya aman. Untuk teman-teman yang dalam waktu dekat ini mau melahirkan, bismillah ya. Semangat! Jangan khawatir yang terlalu berlebihan, nanti kasian bayi-nya. Bismillah, berdoa terus," ucap Herfiza. 

Baca juga: Kompak Lahir Bareng, Ini Arti Nama Anak dari Ricky Harun dan Desta

6. Istri Keenan Pearce melahirkan anak perempuan - 29 Maret

6. Istri Keenan Pearce melahirkan anak perempuan - 29 Maret
Instagram.com/ghyan

Keenan Pearce dan Gianni Fajri juga sedang menjadi pasangan yang sangat bahagia karena anak kedua mereka telah lahir. Anak perempuan yang lahir pada tanggal 29 Maret 2020 ini dipanggil Alma. 

Selamat datang di dunia, Alma. Kamu sangat beruntung lahir hari ini. Kamu lahir di saat dunia sedang mengalami musibah besar, musibah yang memaksa kami semua untuk berubah. 

Nanti kalau kamu dan Benjamin sudah dewasa. Jangan pernah takut dengan perubahan ya, Nak. Satu hal yang pasti terjadi di setiap masa adalah perubahan, jadi jika cara berpikirmu tidak kau ubah, cara memandangmu akan sebuah masalah tidak berubah ataupun caramu mencintai orang lain tidak berubah maka tidak akan ada satu hal pun yang berubah di dalam hidupmu. 

Belajarlah untuk menikmati perubahan dan lakukanlah perubahan yang baik. Untuk hari ini, kami semua lagi di paksa berubah untuk mulai bersahabat lagi dengan bumi. 

Kami optimis, perubahan ini harus terjadi supaya masa depan kalian dan teman-teman kalian bisa lebih baik dari hari ini! Dan satu lagi keberuntungan kamu, kamu punya Ibu yang luar biasa kuat dan damai hatinya @ghyan. Jadi, jangan pernah takut ya.

Begitulah pesan manis yang dituliskan oleh Keenan sebagai seorang Papa. Tak hanya Keenan, sang Istri pun membagikan sebuah unggahan selamat datang untuk putrinya. 

"I never knew how much I loved your Daddy until I saw how much he loved you. The moon danced with stars on the night you were born. Welcome, Alma," ucap Ghyan. 

Baca juga: Usai 40 Hari, Keenan Pearce Umumkan Istrinya Selesai Masa Nifas

7. Istri Virgoun melahirkan anak laki-laki - 29 Maret

7. Istri Virgoun melahirkan anak laki-laki - 29 Maret
Instagram.com/virgoun_

Pasangan Virgoun dan Inara Idola pun baru saja dikaruniai anak laki-laki di keluarga kecil mereka. Tepat pada hari Minggu (29/3/2020), anak ketiga mereka lahir membawa kebahagiaan dan diberi nama Terang Sharique Virgoun. 

Alhamdulillah telah lahir dengan selamat dan sehat putra kami. Segala sembah dan sujud bagimu ya Allah. Serta shalawat dan pujian bagi Rasul-mu Muhammad salallahu alaihi wasalam. 

Semoga akhlakmu terang. Tutur katamu berterus terang. Cara berfikirmu cemerlang. 

Jadilah apa yang kami doakan lewat namamu.. "Terang Sharique Virgoun" -Ari-

Itulah doa yang sempat dibagikan oleh Virgoun saat mengunggah foto Ari untuk pertama kalinya ke media sosial. 

Nah, itu dia beberapa rangkuman dari Popmama.com mengenai 7 seleb yang melahiran di bulan Maret 2020 selama pandemi Covid-19. Semoga beberapa cerita bahagia dari mereka bisa menginspirasi Mama jelang persalinan nanti, meskipun kondisinya sedang tidak kondusif. 

Sekali lagi, selamat untuk semua Mama yang telah melahirkan di bulan Maret 2020! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.