Makan Mie Dua Bungkus Saat Hamil, Putri Titian Kena Patroli Sang Mama

Siapa yang diam-diam suka makan mie instan saat hamil?

15 Januari 2019

Makan Mie Dua Bungkus Saat Hamil, Putri Titian Kena Patroli Sang Mama
Instagram.com/putrititian

Pada tanggal 7 November 2018 lalu, pasangan Putri Titian dan Junior Liem kompak membagikan foto Iori yang sedang bermain. Foto ini seolah ingin memberitakan bahwa Putri Titian sedang hamil anak kedua. 

Dalam unggahan foto di Instagram masing-masing, jika diperhatikan kubik yang ada di sekitar Iori bermain membentuk sebuah kalimat bertuliskan "Guess what? I'm going to be a big brother."

Keduanya pun kompak menuliskan tagar #babyno2ontheway dalam foto Iori yang sedang bermain tersebur. Di tahun 2019 ini, Theodore Iori Liem atau yang kerap disapa Iori sebentar lagi akan memiliki adik baru. 

Makan Mie Dua Bungkus Saat Hamil, Putri Titian Kena Patroli Sang Mama
Instagram.com/putrititian

Melalui video InstaStory pribadinya, Putri Titian sempat mengabadikan beberapa video saat dirinya membuat mie instan. 

Di video pertama Mama dari Iori ini sempat merebus satu bungkus mie instan ke dalam panci. Saat dilihat ke video selanjutnya, Putri Titian kembali menambahkan satu bungkus mie instan lagi. 

"Ah, kayakya masih kurang. Tambah satu lagi lah," tulis Putri Titian saat sedang menaruh mie instan kedua untuk direbus. Jadi, total mie instan yang direbusnya berjumlah dua bungkus. 

Setelah istri dari Junior Liem ini mengabadikan video saat dirinya merebus dua buah mie instan, sang Mama pun berkomentar di Instagram. Mama dari Putri Titian memberikan nasihat kepada putrinya untuk tidak terlalu banyak makan mie instan.

"Wah, nyokap gue lagi patroli," tulis Putri Titian di foto InstaStory berikutnya. 

Saat sedang hamil, dilansir dari Babycenter sebenarnya makan mie instan masih diperbolehkan asalkan tidak dalam porsi yang banyak atau terlalu sering.  

Walau rasanya enak dan mampu membantu menenangkan perut yang sedang mual, mie instan termasuk salah satu makanan yang kurang bergizi. 

Namun, jika memang benar-benar ingin mengonsumsi mie instan saat hamil masih diperbolehkan. Asalkan sesekali dan tidak terlalu sering. 

Mie instan pun bisa dibuat menjadi lebih sehat dengan memberikan tambahan topping seperti sayuran hijau, wortel, tomat, telur, jamur atau beberapa topping lain yang menjadi favorit.  

Untuk Mama yang ingin menjadikan mie instan lebih sehat dengan memperkaya nutrisi melalui beberapa topping. Berikut pilihan topping dari Popmama.com saat membuat mie instan. 

1. Sayuran hijau

1. Sayuran hijau
Unsplash/petra cigale

Mama pasti seringkali menambahkan sayuran hijau saat sedang mengonsumsi mie instan. Sayuran hijau pun bisa beragam yang digunakan seperti sawi, daun bawang dan jenis sayuran lainnya. 

Mengonsumsi sayuran hijau memang disarankan untuk ibu hamil karena mengandung gizi yang tinggi dan kaya akan manfaat. 

Namun, saat mengonsumsi sayuran hijau ada baiknya perlu diperhatikan secara benar saat diolah sebagai topping mie instan. Sayuran hijau yang dipilih harus dicuci bersih di air yang mengalir, kemudian di potong-potong sesuai selera. Usahakan untuk memasukkan sayuran hijau setelah air mendidih, ini berguna agar sayuran tidak terlalu layu. 

Sayuran hijau yang dikonsumsi selama hamil dapat memberikan manfaat seperti: 

  • Sebagai sumber asam folat

Asam folat yang ada di dalam sayuran hijau dapat memberikan sumbur asam folat. Perlu diketahui bahwa kebutuhan asam folat sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya Neural Tube Defects (NTD). 

Neural Tube Defects dapat berpotensi membuat bayi terlahir cacat. Umumnya Neural Tube Defects dapat terjadi karena asam folat kurang selama masa kehamilan. Padahal asam folat dapat membantu pembentukan otak dan tulang belakang pada janin. 

  • Memberikan asupan zat besi 

Zat besi yang ada di dalam sayuran hijau membantu untuk mengatasi anemia. Apalagi ibu hamil rentan sekali terkena anemia karena kebutuhan produksi dalam darah meningkat. 

Bila kekurangan zat besi, anemia dapat menyebabkan ibu hamil sulit berkonsentrasi hingga menurunkan kesadaran atau pingsan. Bahkan anemia juga cukup membahayakan untuk perkembangan janin di dalam kandungan. 

Baca juga: Suka Makan Sayuran Mentah Saat Hamil? Begini Cara Tepat Mengonsumsinya

Baca juga: Malas Konsumsi Sayur dan Buah saat Hamil? Ini Dampak Buruknya!

2. Wortel

2. Wortel
Unsplash/Harshal S. Hirve

Potongan wortel yang kecil-kecil sebagai topping mie instan bisa menjadi salah satu varian tersendiri.

Selama ini, mungkin hanya mengetahui kalau wortel dapat menjaga kesehatan mata dan mengatasi berbagai gangguan pengelihatan saja. Padahal tanpa disadari, serat yang terkadung dalam wortel dapat memperlancar pencernaan selama masa kehamilan. 

Ibu hamil yang mengonsumsi wortel juga akan memberikan energi tambahan dalam menjalani segala aktivitas keseharian, sehingga membantu agar tidak mudah lelah. 

Dalam jangka yang cukup panjang, kandungan kalsium dan kalium dalam wortel dapat menguatkan tulang serta otot tubuh. Kalsium juga membantu dalam memperlancar ASI dari segi kuantitas dan kualitas, sehingga asupan eksklusif untuk si Kecil semakin terjamin. 

Editors' Picks

3. Tomat 

3. Tomat 
Unsplash/Vince Lee

Selain menambah warna mie instan, tomat menjadi salah satu topping wajib. 

Bagi ibu hamil, tomat menjadi salah satu asupan makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Vitamin C yang ada di dalam tomat memberikan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. 

Saat mengonsumsi tomat tidak hanya ibu hamil saja yang bisa menjaga kesehatannya, namun juga berpengaruh terhadap janin. Asam folat di dalam tomat juga sangat diperlukan selama masa kehamilan. 

Selain itu, tomat yang dikonsumsi selama masa kehamilan dapat memberikan manfaat lain seperti: 

  • Meminimalisir terjadinya tekanan darah rendah
  • Membentuk plasenta dan sel darah merah selama masa kehamilan
  • Mengatasi anemia yang kerap dialami oleh ibu hamil

Baca juga: Ketahui 5 Cara Menyimpan Sayuran yang Benar Agar Tidak Cepat Busuk

4. Jamur

4. Jamur
Unsplash/Christine Siracusa

Mengonsumsi jamur saat sedang hamil tetap aman, asalkan tidak memilih jamur yang mentah karena bersifat karsinogenik. 

Perlu diketahui kalau jamur menjadi salah satu sumber alami dari vitamin B yang cukup kompleks termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3) dan asam pantotenat (B5). 

Kandungan vitamin B yang dikonsumsi dari jamur sebagai topping mie instan dapat bermanfaat bagi Mama dan janin dalam kandungan. 

Tiamin (B1) dan niasin (B3) di dalam jamur dapat membantu perkembangan otak bayi serta menjadi sumber energi selama berativitas. Sementara itu, riboflavin (B2) dapat menjaga kesehatan kulit, meningkatkan penglihatan dan mengembangkan tulang, otot serta saraf. 

Jamur yang mengandung asam pantotenat (B5) bisa mencegah terjadinya masalah pencernaan bagi ibu hamil. 

Cukup banyak manfaat yang diberikan jamur setelah dikonsumsi ya, Ma. 

Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Jamur Saat Hamil

5. Telur

5. Telur
Freepik/4045

Segala jenis makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan memang perlu diperhatikan. 

Penambahan topping telur di dalam mie instan cukup sering dilakukan, apalagi dapat menciptakan cita rasa saat mengonsumsinya. 

Dilansir dari Boldsky, telur menjadi sumber protein yang baik selama masa kehamilan. Selain itu, telur kaya akan kandungan selenium, seng, vitamin A, vitamin D serta vitamin B kompleks yang dibutuhkan bagi ibu hamil.

Dari banyaknya kandungan di dalam telur, tak bisa dipungkiri dapat membantu pertumbuhan janin seperti kesehatan otak dan mencegah gangguan saraf otaknya secara keseluruhan. 

Baca juga: Makanan dan Minuman Ini Membantu Agar Rambut Bayi Terlahir Lebat

Baca juga: Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Hamil agar Kulit Bayi Bersih

Topic: