5 Masalah Kesehatan Irish Bella Sebelum Kehilangan Bayi Kembarnya

Hb rendah hingga terjadi pendarahan menjadi perjuangan Irish Bella di kehamilan pertama

7 Oktober 2019

5 Masalah Kesehatan Irish Bella Sebelum Kehilangan Bayi Kembarnya
Instagram.com/_irishbella_

Kabar duka datang dari pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni karena kehilangan bayi kembarnya yang sedang jalan usia kandungan ke-27 minggu. Bayi kembar pasangan ini meninggal dunia pada Minggu (6/10/2019) sore. 

Dilansir dari berbagai sumber diketahui bahwa bayi kembar dari Irish dan Ammar berjenis kelamin perempuan. Kedua jenazah yang sempat diberikan nama Ayura dan Ayuna ini telah dimakamkan di TPU Kalimulya 1, Depok, Jawa Barat pada malam harinya. 

Jika Mama sempat melihat beberapa foto atau video yang beredar di media sosial, Ammar terlihat memimpi prosesi dan mengantarkan kedua putri kecilnya ke peristirahatan terakhir. 

Sebelum kehilangan kedua anaknya, Irish memang dikabarkan mengalami pendarahan usia melakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) sehingga harus melakukan perawatan intens dan observasi. Tak hanya itu, beberapa masalah kesehatan pun sempat dialami oleh Irish seperti yang diungkapkan melalui media sosial pribadinya seperti Instagram dan YouTube. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa beberapa gangguan kesehatan sekaligus indikasi yang terjadi pada Irish Bella selama hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Pendarahan menyebabkan perut Irish Bella sering mengalami kontraksi

1. Pendarahan menyebabkan perut Irish Bella sering mengalami kontraksi
Instagram.com/_irishbella_

So guys singkat cerita aku habis cek USG sama dokter, tiba-tiba out of no where terjadi pendarahan yg cukup banyak dan perut aku kontraksi (lumayan sering hampir 5 menit sekali). Langsung deh dipaksa dokter untuk dirawat dan di observasi penyebabnya. 

Karena ini kehamilan pertama dan most of the time i have to clue what's going on, ternyata kalau perut kencang itu artinya terjadi kontraksi dan aku baru tahu dong, aku pikir itu hal yang wajar. So harus bed rest deh sambil observasi apa penyebabnya. Doain ya guys semoga debaynya baik-baik aja dan aku bisa segera pulang. 

Begitulah curhatan dari Irish Bella ketika usia kandungannya sedang jalan 24 minggu. Saat itu usai USG, Irish tidak menyangka kalau harus diminta rawat inap untuk bedrest dari dokter kandungannya.  

Mengingat ini kehamilan pertama sekaligus momen perdana membuat Irish kerap tidak mengetahui kalau dirinya sedang mengalami kontraksi. 

Melalui unggahan video pribadinya yang tayang perdana pada (14/09/2019) lalu di Youtube, Irish juga mengatakan kalau dokter memintanya untuk melakukan perawatan di rumah sakit agar bisa dipantau terus kesehatannya. 

Terkait pendarahan perlu Mama ketahui bahwa pendarahan yang dialami selama masa kehamilan tidak boleh dianggap remeh. Walau pendarahan bisa menjadi sesuatu yang normal terjadi, namun Mama yang sedang hamil kembar pun perlu waspada karena bisa berisiko terhadap kesehatan si Kecil. 

Baca juga: Penuh Perjuangan! Kaki Irish Bella Bengkak dan Sulit Tidur Saat Hamil

2. Sempat ada indikasi infeksi di saluran kemih 

2. Sempat ada indikasi infeksi saluran kemih 
Instagram.com/_irishbella_

Melalui video berjudul "Q and A: Irish Bella Masuk Rumah Sakit?? Aishlovestory", Ammar mengatakan kalau istrinya sempat ada indikasi infeksi kesehatan di saluran kemih. Namun, setelah dilakukan observasi beberapa hari ternyata dinyatakan normal kembali usai ditangani oleh dokter. 

Permasalahan infeksi di saluran kemih bisa saja terjadi pada ibu hamil karena diakibatkan bakteri yang berasal dari luar tubuh, sehingga tanpa disadari masuk melalui saluran kencing hingga mencapai bagian uretra.

Selain itu, tekanan janin di dalam rahim bisa memicu kondisi infeksi pada saluran kecing. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan janin dapat memicu tekanan yang sangat kuat pada saluran kemih dan kandung keming. Kondisi inilah yang mengakibatkan bakteri sering terperangkap dan terjadi infeksi. 

Infeksi di saluran kemih jika tidak diatasi dengan baik, maka dapat memicu gangguan buang air kecil selama hamil sehingga akan mengganggu dan menyakitkan. 

Baca juga: Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Selama Kehamilan

Editors' Picks

3. Hb Irish Bella tergolong rendah dan masuk kategori anemia

3. Hb Irish Bella tergolong rendah masuk kategori anemia
Instagram.com/dierabachir

Melalui catatan kehamilan dari Irish Bella di Instagram dinyatakan kalau dirinya tergolong memiliki Hb yang rendah, sehingga sempat masuk kategori anemia dan mengharuskannya meminum banyak jus termasuk buah bit. 

Dilansir dari Web MD, penyakit anemia bisa terjadi pada ibu hamil ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang seharusnya berfungsi dalam menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Perlu diketahui bahwa ibu hamil yang seringkali mengalami anemia dikarenakan kekurangan zat besi. Padahal anemia pada ibu hamil perlu diwaspadai karena dapat memengaruhi kesehatan janin selama berada di dalam kandungan. 

Anemia selama masa kehamilan pun dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah, pusing, nyeri di bagian dada hingga mengalami perubahan suasana hati yang kurang stabil tanpa disadari. Pada kehamilan bayi kembar, anemia bahkan dapat memicu kelahiran bayi prematur atau lahir sebelum usia kandungan 37 minggu. 

Baca juga: Kenali Penyakit Anemia yang Dapat Menyerang Ibu Hamil

4. Sempat mengalami tekanan darah tinggi

4. Sempat mengalami tekanan darah tinggi
Instagram.com/dierabachir

Pada sebuah video yang diunggah oleh keduanya di YouTube channel, Ammar mengatakan kalau tekanan darah tinggi sang Istri menurun itu berarti Irish sempat mengalami masalah terhadap kesehatan saat hamil.  

Ma, perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi selama hamil bisa menandakan dua kemungkinan yaitu hipertensi gestasional dan preeklampsia. Ibu yang sedang hamil anak kembar memiliki risiko lebih dari dua kali lebih cepat untuk mempunyai tekanan darah tinggi selama kehamilan dibanding kehamilan tunggal. 

Selain itu untuk preeklampsia juga ditandai dengan tekanan darah tinggi, sehingga dapat berdampak pada berbagai organ di dalam tubuh serta plasenta yang akan memicu penyakit serius lainnya. 

Baca juga: Sebelum Terlambat, 5 Keluhan Ibu Hamil Kembar Ini Perlu Dikenali

5. Harus bedrest karena terjadi keram hingga kaki bengkak

5. Harus bedrest karena terjadi keram hingga kaki bengkak
Instagram.com/dierabachir

Sibuk dengan beberapa aktivitas yang dijalani, Irish mengalami pendarahan yang membuat dirinya harus dirawat di rumah sakit demi menjaga kesehatan bayi kembarnya saat itu. 

Selain pendarahan dan kontraksi yang terjadi membuat Irish harus bedrest, ada masalah kesehatan lainnya yang juga perlu diperhatikan.  

Melalui InstaStory pribadinya beberapa hari yang lalu, Irish mengatakan kalau belum bisa banyak keluar rumah dan jalan-jalan dulu karena perut masih suka keram serta kaki yang selalu bengkak sehingga harus bedrest terlebih dahulu. 

Dalam fase kehamilannya, istri Ammar Zoni ini pun tidak hanya mengalami kaki bengkak namun beberapa bagian di area wajahnya mulai mengalami hal serupa. 

Itulah beberapa masalah kesehatan serta indikasi yang sempat dilalui oleh Irish Bella sebelum kehilangan anaknya. Semoga baik Irish dan Ammar bisa saling menguatkan selama melewati fase duka ini ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!