Tidur Terganggu Saat Hamil, Ratna Galih Curhat Masalah Asam Lambung

Selain mengalami masalah tulang belakang, Ratna Galih curhat soal asam lambung

6 April 2019

Tidur Terganggu Saat Hamil, Ratna Galih Curhat Masalah Asam Lambung
Instagram.com/ratnagalih

Cerita terbaru kembali datang dari Ratna Galih yang sedang hamil anak kembar. Di kehamilan keempatnya ini, Ratna Galih sempat mengalami beberapa masalah kesehatan. 

Jika sebelumnya Ratna Galih sempat berbagi cerita mengenai masalah pada tulang belakang, kali ini dirinya curhat soal asam lambung yang kembali kambuh. 

"Enggak bisa tidur karena asam lambung. Lagi-lagi masalahnya asam lambung padahal pas liburan kemarin alhamdulilah aman aja. Debaynya pinter, pengertian berarti yah," begitu curhatan Mama dari tiga anak ini melalui InstaStory pribadinya. 

Perlu diketahui kalau asam lambung cukup menjadi masalah bagi kebanyakan ibu hamil. Padahal saat asam lambung kambuh, Mama harus menahan rasa sakit yang ditimbulkan dan tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Bila Mama memiliki masalah serupa seperti Ratna Galih, tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com akan berbagi beberapa tips alami untuk mengatasi masalah asam lambung. 

Semoga tipsnya bisa berguna dan usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai segalaa keluhan yang terjadi selama hamil ya!

Editors' Picks

1. Teh chamomile

1. Teh chamomile
Pexels/Pixabay

Teh chamomile mungkin sudah tidak asing lagi di telinga ya, Ma. Biasanya teh chamomile banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk mengatasi penyakit lambung. 

Untuk Mama yang sedang mengatasi asam lambung, cobalah untuk meminum secangkir teh chamomile karena dapat memberikan ketenangan terhadap peradangan perut. Saat rutin dikonsumsi, maka efek menenangkan ini dapat membantu tidur terasa lebih nyenyak. 

Selain itu, teh chamomile dapat membantu dalam meredakan nyeri perut dan ulu hati, mual hingga muntah. 

Baca juga: 

2. Jahe

2. Jahe
Pixabay/siala

Jahe juga menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi asam lambung. Seperti yang diketahui bahwa jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengurangi permasalah nyeri bagian ulu hati serta masalah pencernaan lainnya. 

Penggunaan jahe untuk mengatasi asam lambung cukup mudah. Mama hanya tinggal mengolahnya menjadi minuman hangat. 

Tambahkan dua atau tiga potong jahe segar ke dalam cangkir berisikan air hangat. Aduk hingga merata, lalu biarkan sekitar setengah jam. Kemudian, Mama bisa mengonsumsinya untuk meredakan asam lambung yang kembali kambuh.  

Saat dikonsumsi, jahe juga memiliki efek gastroprotektif yang dapat mencegah asam serta pertumbuhan bakteri helicobacter pylori. Bakteri ini termasuk bakteri perut yang terbiasa hidup serta berkembang dalam kondisi asam. Kehadiran bakteri jenis inilah yang memicu kondisi asam lambung semakin parah. 

Baca juga: 8 Pilihan Asupan Berbahan Dasar Jahe untuk Atasi Morning Sickness

3. Lidah buaya

3. Lidah buaya
Freepik/Daviles

Tanaman lidah buaya memang cukup terkenal karena mampu merawat dan menyembuhkan gangguan pencernaan. Untuk itu, lidah buaya dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan serta meredakan gejala refluks seperti asam lambung naik. 

Merasakan nyeri pada ulu hati akibat asam lambung tentu membuat aktivitas sehari-sehari terganggu. Untuk meredakan asam lambung, ada baiknya untuk mengonsumsi jus lidah buaya. Senyawa yang terdapat pada jus lidah buaya dapat berguna dalam mengendalikan kadar asam lambung. 

Dalam mengolah lidah buaya menjadi sebuah jus, Mama hanya perlu menggunakan beberapa tangkai dari lidah buaya dan mengambil dagingnya. Lalu potong-potonglah agar mudah dihaluskan ke dalam blender. Diperbolehkan menambah gula secukupnya, setelah itu blender hingga benar-benar halus. 

Rajinlah mengonsumsi jus lidah buaya karena dapat membantu menyeimbangkan keasaman dalam tubuh. Namun, untuk ibu hamil harus berhati-hati karena terlalu banyak mengonsumsi jus lidah buaya dapat mengakibatkan efek samping seperti iritasi hingga meningkatkan risiko sembelit.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa mengurangi naiknya asam lambung. Namun, sebelum mengonsumsinya cobalah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan dan ceritakan mengenai masalah asam lambung ini. 

Dengan berkonsultasi sekaligus melakukan cek USG, Mama pun bisa mendapatkan penanganan secara tepat.

Perlu diperhatkan juga untuk mengurangi asam lambung, Mama perlu tetap melakukan pola hidup sehat. Lalu usahakan tidak stes, berolahraga secara teratur dan hindari segala makanan yang dapat memicu asam lambung naik. 

Tetap semangat menjalani masa-masa kehamilan ini ya, Ma!   

Baca juga: 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.