6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal dengan Perilaku CERDIK

Yuk mulai dari sekarang Ma, infokan ke anak dan keluarga kita

9 Maret 2018

6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal Perilaku CERDIK
wallpaperscraft.com

Pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan Republik Indonesia memiliki program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Pada Hari Ginjal Sedunia, Kamis, 8 Maret 2018, perlu diviralkan kembali tentang pentingnya menjaga kesehatan .

Kita, juga bisa ikut berpartisipasi dengan mengedukasi orang-orang di lingkungan kita, khususnya perempuan, anak-anak dan ibu hamil.

Kementrian Kesehatan RI membagikan rahasia tentang cara mencegah penyakit ginjal kronis dengan perilaku CERDIK di kehidupan sehari-hari.

Apa itu perilaku CERDIK?

1. Cek kesehatan secara rutin

1. Cek kesehatan secara rutin
wallpaperscraft.com

Lebih baik tahu hasil kesehatan secara dini. Mama bisa biasakan hal ini juga pada anak-anak.

Mulai sekarang periksakan kesehatan terkini anak ke dokter anak, Mama dan Papa juga periksakan juga ke dokter. Konsultasikan bagaimana keadaan gula darah, kolestrol dan tensi setiap anggota keluarga.

Mengetahui hasil kesehatan dengan melakukan cek kesehatan rutin bisa membawa dampak baik bagi kesehatan keluarga. Jika ada gejala sakit, tentu bisa ditangani sebelum keadaannya parah.

Editors' Picks

2. Enyahkan asap rokok

2. Enyahkan asap rokok
wallpaperscraft.com

Asap rokok tentu sangat berbahaya bagi setiap orang, terlebih lagi untuk ibu hamil dan anak-anak.

Hindari asap rokok!

Beritahukan keluarga yang merokok untuk berhenti, jika sulit, hindari ketika ada orang merokok. Setelah merokok sebelum mendekati anak-anak dan ibu hamil, segeralah cuci tangan pakai sabun dan mengganti pakaian bila perlu.

3. Rajin melakukan aktivitas fisik

3. Rajin melakukan aktivitas fisik
wallpaperscraft.com

Setelah ada transportasi online, sekarang semua serba dimanjakan. Dulu tidak seperti ini. Keadaan ini yang membuat risiko orang terserang ginjal jadi semakin meningkat.

"Dulu orang melakukan aktivitas fisik, semua perlu bergerak untuk mendapatkan sesuatu dan berbeda dengan sekarang karena semua serba mudah dan cepat," demikian disampaikan oleh Dr. H. Zamhir Setiawan, M.Epid selaku Kepala Sub Direktor Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jika kamu adalah salah satunya, kamu perlu meluangkan waktu untuk kegiatan fisik seperti olahraga, atau sekedar berjalan kaki setiap pagi.

4. Diet sehat kalori seimbang

4. Diet sehat kalori seimbang
wallpaperscraft.com

Dimulai dari sarapan, kemudian makan siang dan malam semuanya harus seimbang. Lakukan sarapan sebelum jam 9 pagi.

Makan siang tepat waktu antara jam 12-1 siang. Makan malam sebaiknya sebelum jam 7 malam. Semua perlu diatur, gizinya juga perlu diatur.

5. Istirahat cukup

5. Istirahat cukup
wallpaperscraft.com

Banyak orang berpikir, mumpung muda kerja keras. Sampai lupa waktu, lupa istirahat, bahkan lupa makan, atau malah lupa keluarga.

Jangan terperosok pada kebiasaan yang pola hidupnya berantakan seperti itu Ma. Beritahu Si Papa juga ya. Istirahat itu penting untuk meregenerasi sel-sel yang tua dan mati dalam tubuh kita.

6. Kelola stres dengan baik

6. Kelola stres baik
wallpaperscraft.com

Apa simpul permasalahan yang membuat kamu merasa stres? Keluarga, pekerjaan, finansial, atau relationship?

Semua harus diketahui akar permasalahannya. Kemudian bicarakan permasalahan tersebut dengan orang terkait. Cari solusinya bersama-sama.

Lakukan perilaku CERDIK di atas sebagai cara mencegah terkena penyakit ginjal kronis demi kesehatan keluarga. Yuk share, ke anggota keluarga lainnya Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.