5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua

Katanya susu kedelai bahaya untuk ibu hamil, kenapa ya?

27 Agustus 2018

5 Manfaat Susu Kedelai Ibu Hamil Trimester Kedua
Unsplash/LinkedIn Sales Navigator

Seberapa besar manfaat susu kedelai untuk ibu hamil selama ini masih menjadi perdebatan. Ada yang berpendapat ini baik untuk diminimum ibu hamil, sebagian lagi menganggap susu kedelai berbahaya.

Ini sangat wajar, karena di masyarakat beredara informasi yang mengatakan bahwa mengonsumsi susu kedelai saat hamil bisa membahayakan janin. Bahkan bisa sampai mengakibatkan keguguran. Apakah benar, susu kedelai berbahaya untuk ibu hamil?

Sebenarnya tidak juga, karena khasiat susu kedelai untuk ibu hamil juga cukup banyak. Apalagi susu kedelai juga diketahui menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia terutama bagi vegetarian.

Ibu hamil seringkali dilarang mengonsumsi susu kedelai saat usia kandungan baru menginjak trimester kedua. Untuk lebih jelasnya, mungkin ulasan mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, berikut ini bisa membuat kamu lebih paham.

1. Kandungan asam folat tinggi

1. Kandungan asam folat tinggi
vauva.f

Susu kedelai diketahui mengandung asam folat, di mana nutrisi yang satu ini sangat baik untuk ibu hamil, bahkan sejak masa persiapan kehamilan. Karena itu, sebenarnya tidak ada larangan mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil.

Dengan catatan, usia kehamilan harus sudah cukup. Fungsi atau manfaat asam folat ini adalah bisa membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan, terutama perkembangan sel sarafnya dan baik juga untuk perkembangan otak bayi.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Balita

Dengan asam folat yang tinggi, manfaat susu kedelai baik untuk pertumbuhan sel saraf akan lebih optimal dan juga bisa meningkatkan kecerdasan bayi.

2. Banyak mengandung vitamin

2. Banyak mengandung vitamin
rewardme.in

Benar saja, susu kedelai menjadi minuman favorit para vegetarian, karena susu ini ternyata mengandung banyak sekali vitamin. Mulai dari vitamin A, vitamin E dan vitamin B.

Fungsinya adalah untuk menjaga kebugaran tubuh dan membuat tubuh Mama tetap sehat selama masa kehamilan.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

3. Protein yang lengkap

3. Protein lengkap
deon.pl

Sebenarnya ada banyak makanan yang mengandung protein. Jadi meskipun susu kedelai untuk ibu hamil muda tidak disarankan, kamu tetap bisa mendapatkan asupan protein dari sumber makanan lain.

Tapi susu kedelai ini pun punya kandungan protein yang cukup tinggi.

Sementara protein memiliki manfaat untuk masa kehamilan, salahn satunya untuk mengoptimalkan perkembangan semua organ janin. Apalagi protein dalam susu kedelai terbilang sangat lengkap, mulai dari glisin, arginin, treonin, dan lisin.

Editors' Picks

4. Lemak nabati

4. Lemak nabati
rewardme.in

Tidak selamanya lemak itu berbahaya untuk tubuh, apalagi jika lemak yang dikonsumsi tidak berlebihan. Tapi berbeda halnya dengan lemak nabati.

Susu kedelai untuk ibu hamil banyak sekali manfaatnya, terutama karena susu kedelai memiliki sedikit kandungan lemak nabati. Lemak ini bisa membantu tubuh melawan kolesterol jahat. Lemak nabati juga berfungsi sebagai cadangan lemak untuk janin dan ibu hamil.

5. Mengandung Karbohidrat

5. Mengandung Karbohidrat
ekoplod.ru

Secara umum karbohidrat memang berkhasiat untuk memberikan asupan energi di dalam tubuh. Mengingat ibu hamil pasti membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas sehari-hari, jadi bisa dibilang mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil itu cukup penting.

Tujuannya adalah untuk memenuhi asupan karbohidrat yang bisa mengatasi kelelahan.

Terutama bagi kamu yang suka dengan rasa susu kedelai, mungkin ini bisa jadi pilihan saat nafsu makan menurun karena derita mual dan muntah.

Itulah 5 manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang perlu Mama ketahui. Lalu, apakah betul ada risiko dari mengonsumsi susu kedelai selama kehamilan? 

Penjelasan Terkait Susu Kedelai Berbahaya untuk Ibu Hamil

Penjelasan Terkait Susu Kedelai Berbahaya Ibu Hamil
party.pl

Sebenarnya yang mengakibatkan susu kedelai untuk ibu hamil itu berbahaya saat kehamilan masih pada trimester pertama. Bahayanya karena kedelai mengandung phytoestrogen. Kandungan tersebut bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil, karena bisa memicu terjadinya kontraksi.

Pada awal kehamilan, perekat janin masih belum sempurna mungkin susu kedelai bisa jadi kurang aman.

Tidak perlu takut mengonsumsi susu kedelai, karena dilarang bukan berarti benar-benar tidak boleh. Maksudnya, susu kedelai ini memang cukup berbahaya jika dikonsumsi saat usia kehamilan masih di minggu pertama sampai minggu ketiga kehamilan.

Sebagai pilihan, terkadang ada orang yang suka minum susu kedelai murni tapi ada juga yang lebih suka memakai madu untuk menambah rasa. 

Selepas itu, kamu tidak perlu takut karena manfaat susu kedelai sangat menguntungkan untuk ibu hamil.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!