Ini 3 Efek Menonton Drama Korea saat Hamil, Bisa Bikin Janin Stres!

Efek menonton drama Korea saat hamil bisa berdampak ke kesehatan mama hingga janin lho

4 September 2020

Ini 3 Efek Menonton Drama Korea saat Hamil, Bisa Bikin Janin Stres
imdb.com

Drama Korea (drakor) kini jadi hal yang sering dibicarakan oleh para Mama nih. Selain jalan ceritanya yang seru, kadang banyak hal menarik yang bisa saksikan di drakor ini. Apalagi bila ada aktor kesayangan yang berperan di dalamnya.

Seperti efek menonton di bioskop pada ibu hamil, ternyata drama Korea juga memiliki efek tertentu lho. Mungkin, Mama sih mengimpikan jika anaknya bisa mirip aktris atau aktor di KDrama ya. Namun efek menonton drama korea patut Mama waspadai.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai efek menonton drama Korea saat hamil!

Editors' Picks

1. Perubahan mood bisa mempengaruhi karakter bayi

1. Perubahan mood bisa mempengaruhi karakter bayi
imdb.com

Suasana hati ibu hamil perlu dijaga agar selalu senang dan bahagia. Hal ini karena perubahan mood bagi Mama bisa berdampak kepada si Janin.

Menurut dr Marian Thompson, pendiri dari La Leche Leage International, saat hamil, lebih baik menjauhi hal-hal yang membuat kondisi hati mama tidak baik. Oleh karenanya, hindari orang yang suka membuat kesal dan membuat takut. Perbanyak tertawa dan tumbuhkan rasa bahagia. Jika punya teman dengan kepribadian yang supel, ramah, lucu dan gemar tertawa, seringlah berada di dekatnya. 

Perlu Mama ingat pula kalau perkembangan karakter bayi dimulai saat Mama mengandung lho.

Ketika menonton drama Korea, kadang mood mama bisa berubah karena berbagai konflik karakter di dalam dramanya. Jika Mama sangat menyukai drama Korea, usahakan jangan menonton drama sedih, thiller, atau horor. Tontonlah drama Korea bergenre komedi yang menyenangkan.

2. Ternyata emosi juga berpangaruh ke fisik janin

2. Ternyata emosi juga berpangaruh ke fisik janin
imdb.com

Mitosnya, ketika Mama selalu membayangkan sosok orang dipikiran maka si Bayi akan mirip dengan orang tersebut, benarkah? Mengutip pendapat Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto dari berbagai sumber yang mengatakan jangan membenci orang secara berlebihan, karena emosi pikiran ke satu orang bisa membuat anaknya jadi mirip.

Emosi cinta dan benci seorang mama beda tipis, oleh karenanya menurut Arief ketika sosok wajah terus terbayang dalam benak ibu hamil bisa menempel ke mindset. Ibu hamil membutuhkan asupan fisik dan rohani.

Emosi bisa memengaruhi si Bayi termasuk fisiknya. Meski perannya tentu lebih besar terhadap DNA dan keturunan dari sang Mama atau Papa. Jika Mama stres maka si Bayi juga bisa ikut stres.

Konflik yang terdapat di drama Korea kadang bisa membuat Mama galau dan kepikiran. Apalagi kalau ada tokoh yang jadi ‘musuh bersama’ di dalam drama. Pastikan tidak berlebihan menyikapi konflik saat menonton drakor ya, Ma!

3. Bisa kelewat mager!

3. Bisa kelewat mager
imdb.com

Menonton drama Korea banyak membuat orang lupa waktu. Padahal untuk ibu hamil perlu juga ada aktivitas fisik ringan yang dikerjakan. Kalau Mama sudah kecanduan drama Korea sampai tidak mau beranjak dari tempat tidur, hal ini patut diwaspadai.

Kurang gerak saat hamil bisa menyebabkan Mama mengalami berbagai kondisi mulai dari kenaikan berat badan tidak terkontrol, mengalami gangguan tidur, berpotensi stres, hipertensi, pencernaan bermasalah hingga berisiko mengalami masalah saat melahirkan.

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologiests menyebut bahwa dengan berolah raga, ibu hamil bisa merasakan berbagai manfaat:

  • Mengurangi nyeri punggung
  • Tidak mudah sembelit
  • Dapat mengurangi risiko diabetes gestasional, preeclampsia, dan persalinan caesar
  • Kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan
  • Meningkatkan kebugaran tubuh, memperkuat jantung, dan pembuluh darah

Itulah efek nonton drakor saat hamil yang bisa Mama alami. Menonton drama Korea selama masa kehamilan tentunya tidak ada yang melarang. Namun, segala yang berlebihan tentunya tidak baik ya, Ma. Tetap lakukan aktivitas normal dan jangan terlalu terpaku atau terbawa ke dalam cerita KDrama kesukaan mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.