7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ibu Hamil Hendak Nonton di Bioskop

Jangan abaikan keselamatan dan keamanan Mama saat menonton, ya

18 Januari 2019

7 Hal Harus Diperhatikan Saat Ibu Hamil Hendak Nonton Bioskop
Freepik

Menonton film di bioskop bisa menjadi salah satu bentuk hiburan yang menyenangkan, tak terkecuali bagi Mama. Namun apabila saat ini Mama sedang hamil, ada beberapa hal perlu diperhatikan.

Ini karena selama hamil ada penyesuaian dan proses adaptasi yang terjadi oleh tubuh, sehingga situasi seperti suasana menonton film di bioskop pun bisa jadi berbeda dari biasanya.

Seperti diketahui, bioskop adalah tempat umum yang cukup ramai, Ma. Oleh sebab itu, Mama pun perlu ekstra berhati-hati, ya.

Berikut Popmama.com bagikan rangkuman lengkap tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat Mama hendak menonton film di bioskop:

1. Pilih bioskop yang nyaman

1. Pilih bioskop nyaman
Pixabay/Derks24

Saat ini ada banyak jenis bioskop yang ada, Ma. Mulai dari yang tarifnya murah hingga yang mahal.

Salah satu ke bioskop tertentu bahkan menyediakan fasilitas ekstra misalnya dengan kursi yang lebih besar dan nyaman, bahkan Mama bisa menonton sambil berbaring atau bersandar.

Mama pun bisa memanfaatkan fasilitas ini saat hendak memilih bioskop. Dengan begitu, Mama bisa lebih nyaman saat menikmati film favorit Mama.

2. Hindari waktu yang ramai penonton

2. Hindari waktu ramai penonton
Pexels/Clem Onojeghuo

Beberapa waktu tertentu seringkali jumlah penontonnya lebih ramai dibandingkan waktu biasa, jadi sebaiknya Mama menghindari hal seperti ini, ya.

Seperti misalnya saat akhir pekan atau saat sore hari, di mana kebanyakan orang sudah mulai pulang kerja dan akan memilih untuk menghabiskan waktu dengan menonton film di bioskop.

Lebih baik pilih waktu yang aman dan tidak terlalu ramai, Ma. Misalnya di pagi atau siang hari, di mana biasanya bioskop akan lebih lenggang.

Selain itu, pilih juga waktu setidaknya seminggu setelah film favorit Mama ditayangkan. Menonton film di hari-hari pertama tayang biasanya masih sangat ramai pengunjung.

Menonton film di bioskop saat sedang ramai pengunjung berisiko membuat perut Mama terdorong atau terbentur, serta bisa membuat Mama merasa tak nyaman.

3. Atur posisi duduk

3. Atur posisi duduk
Pexels/Jaime Fernandez

Jika memungkinkan, pilihlah posisi duduk yang dekat dengan tangga atau pintu keluar. Meski posisi ini mungkin dirasa tidak terlalu nyaman, namun bisa sangat membantu Mama nantinya.

Saat hendak masuk atau keluar dari studio, Mama bisa lebih cepat dan tidak harus mengantre atau bahkan berdesak-desakan dengan penonton lainnya. Terlebih lagi jika saat itu bioskop sedang cukup ramai.

Hindari juga menonton film dengan posisi yang terlalu dekat dengan layar, ini bisa membuat mata Mama menjadi tidak nyaman dan lama-kelamaan menjadi pusing. Jika diteruskan, bukan tidak mungkin bahkan Mama bisa merasa mual dan ingin muntah.

Editors' Picks

4. Jangan paksakan diri

4. Jangan paksakan diri
Pixabay/RobinHiggins

Mama akan terpapar dengan volume keras pada suara film di bioskop selama lebih kurang dua jam. Hati-hati, Ma, situasi ini bisa membuat janin tidak nyaman dan bahkan stres.

Jadi, apabila film yang Mama tonton terlalu bising atau kira-kira sudah melampaui batas maksimal, lebih baik keluar dari studio dan jangan paksakan diri Mama untuk terus menonton, ya.

Kondisi janin yang stres tidak baik bagi kesehatan tumbuh dan kembangnya, Ma. Tetap prioritaskan hal ini, ya.

Baca juga: Tips Menjaga Quality Time Saat Mengajak Anak Nonton Film Bioskop

5. Perhatikan camilan

5. Perhatikan camilan
Pexels/Rawpixel.com

Makanan dan camilan yang dijual di bioskop kebanyakan adalah junk food, minumannya pun banyak yang bergula tinggi.

Boleh saja jika Mama sesekali ingin ngemil makanan seperti ini, tapi sebaiknya tetap tidak berlebihan. Bagi porsi dengan Papa agar Mama tidak mengonsumsinya terlalu banyak, ya.

Untuk pilihan aman, Mama bisa memilih air putih dengan camilan berupa popcorn. Ini terutama saat Mama merasa lapar atau ingin ngemil di tengah-tengah aktivitas menonton film.

6. Gunakan pakaian yang sesuai

6. Gunakan pakaian sesuai
Pexels/Rawpixel.com

Agar momen bersantai dengan menonton film di bioskop jadi lebih menyenangkan, pilihlah pakaian yang sesuai dan nyaman, Ma.

Salah satunya adalah yang bisa menghangatkan tubuh Mama secara keseluruhan. Seperti diketahui, studio di bioskop rata-rata bersuhu dingin. Paparan suhu dingin terlalu lama pun bisa membuat Mama pusing dan mual.

Untuk menghindarinya, pilihlah pakaian yang cukup hangat dan tetap berbahan lembut. Sehingga Mama pun tetap merasa nyaman dan tidak berisiko mual karena suhu dingin.

7. Hindari menonton sendirian

7. Hindari menonton sendirian
Pexels/Bruce Mars

Saat hamil, sebisa mungkin hindari menonton film sendirian di bioskop karena terlalu berisiko, Ma.

Studio bioskop umumnya gelap dan minim cahaya, jika Mama sendirian dan tidak ada pegangan, Mama berisiko jatuh dan kehilangan keseimbangan.

Jadi, upayakan untuk ditemani, ya. Baik oleh Papa, maupun oleh sahabat atau anggota keluarga lainnya.

Selamat menonton film di bioskop, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;