Bisa Bahayakan Janin, Ini 3 Efek Menonton Film Horor saat Hamil

Para pakar kesehatan menyarankan Mama yang sedang hamil untuk menghindari hal-hal yang membuat stres

3 September 2020

Bisa Bahayakan Janin, Ini 3 Efek Menonton Film Horor saat Hamil
Pexels/Garon Piceli

Saat Mama hamil, maka Mama cenderung mengurangi aktivitas-aktivitas yang menguras energi demi menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Namun, bagi Mama yang mempunyai hobi menonton film horor tentu merasa bimbang tentang boleh atau tidaknya melanjutkan hobi tersebut.

Memang belum ada larangan khusus bagi ibu hamil untuk menonton film horor, tapi alangkah baiknya Mama berpikir ulang sebelum memutuskan melakukannya ya!

Para pakar kesehatan menyarankan Mama yang sedang hamil untuk menghindari hal-hal yang membuat stres, salah satunya adalah menonton film horor.

Berikut Popmama.com telah merangkum tiga efek menonton film horor saat hamil yang perlu Mama pertimbangkan.

Editors' Picks

1. Menghambat oksigen untuk bayi

1. Menghambat oksigen bayi
freepik.com/ronnachaipark

Mama pasti tahu dong selama menonton film horor, Mama terkadang dihadapkan dengan adengan-adegan yang muncul secara mengejutkan atau bisa disebut jump scare. Oleh karena itu, menonton film horor dapat membuat Mama tegang, stres, dan mengalami perubahan emosi secara drastis.

Nah, perubahan emosi mama itu bisa menimbulkan stres yang berujung pada terhambatnya asupan oksigen untuk bayi atau disebut asfiksia. Asfiksia ringan atau sedang masih bisa pulih. Sedangkan asfiksia dalam waktu lama pada bayi bisa memengaruhi tumbuh kembang otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya.

2. Bayi Merasakan Gejolak Emosi

2. Bayi Merasakan Gejolak Emosi
iheartintelligence.com/Credit to Hai Phong International Hospital

Selama menonton film horor, bayi dalam kandungan juga bisa merasakan gejolak emosi mama, lho. Padahal, bayi seharusnya dalam kondisi tenang dan gembira karena hal itu berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil ketika nanti lahir.

Contohnya nih, Mama merasa sedih atau ketakutan saat menonton film horor. Saat itulah bayi akan ikut terdiam, ketakutan, dan melemah karena turut merasakan gejolak emosi mama.

3. Bayi lahir prematur hingga terlahir stres

3. Bayi lahir prematur hingga terlahir stres
freepik.com/wavebreakmedia-micro

Jika Mama menonton film horor secara terus menerus selama hamil, maka Mama berisiko melahirkan bayi secara prematur. Tak hanya lahir prematur, bayi bisa lahir dalam kondisi stres.

Kondisi tersebut berisiko membuat bayi tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang lebih rendah dibanding bayi lainnya, cenderung hiperaktif, dan sulit mengatur emosi.

Kebiasaan menonton film horor juga membuat bayi terpapar suara bising. Kondisi itu bisa meningkatkan risiko bayi menderita gangguan pendengaran dan terlahir dengan berat badan rendah.

Nah, itulah tiga efek menonton film horor saat hamil. Jadi, Mama sebaiknya menonton film yang membuat rileks ya karena hal tersebutlah yang akan membuat kehamilan lebih menyenangkan dan bayi tumbuh lebih sehat.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.