5 Ciri Ibu Hamil Kekurangan Gizi

Jangan sampai alami kekurangan gizi saat hamil ya Ma!

10 Oktober 2018

5 Ciri Ibu Hamil Kekurangan Gizi
clevelandclinic.org

Saat hamil, Mama memang harus pintar dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan sebaiknya memang Mama hindarkan karena selain rendah gizi, ada pula makanan yang bisa membahayakan kesehatan Mama dan juga janin dalam kandungan.

 Ya, Mama memang harus bijak dalam memilih makanan yang dikonsumsi selama kehamilan. Mama harus memperhatikan kandungan gizi dan juga nutrisi makanan yang Mama konsumsi.

Sebab dengan memperhatikan gizi dan nutrisi yang terkandung, Mama juga telah meminimalisir kekurangan gizi saat hamil yang bisa saja terjadi. 

Nah, bagi Mama yang ingin tahu apa saja ciri dari kurang gizi pada ibu hamil, simak artikel berikut ini yuk!

1. Berat badan tidak bertambah

1. Berat badan tidak bertambah
sciencenews.org

Sebagian ibu hamil mungkin tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan namun Mama perlu curiga jika berat badan tidak bertambah atau justru turun.

Sebab salah satu ciri ibu hamil kekurangan gizi adalah berat badan yang tidak bertambah.

Mama yang mengalami hal ini harus segera meningkatkan asupan gizi dengan baik karena hal ini juga dapat berdampak terhadap berat badan janin.

Janin bisa mengalami kenaikan berat badan yang cukup lambat dan berisiko untuk lahir dengan berat rendah.

2. Sering sakit

2. Sering sakit
Freepik

Ciri kurang gizi pada ibu hamil berikutnya adalah Mama sering sakit. Ya, saat Mama kekurangan gizi, maka sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah sehingga tubuh kurang bisa melawan virus dan bakteri dengan baik sehingga Mama lebih mudah terserang penyakit.

Segera cukupi kebutuhan gizi dengan baik yuk Ma jika mengalami hal ini. Karena kalau Mama mudah terserang penyakit, maka perkembangan janin dalam kandungan tentu tidak akan maksimal.

Editors' Picks

3. Mengalami anemia

3. Mengalami anemia
Freepik/Dragon Gordic

Kurang darah atau dikenal dengan sebutan anemia juga bisa menjadi pertanda Mama kekurangan gizi saat hamil. Anemia dapat terjadi saat Mama kekurangan zat besi dan asam folat, yaitu nutrisi yang penting untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Mama yang menderita anemia harus segera mendapatkan penanganan yang tepat karena tak hanya membahayakan kesehatan Mama saja, tetapi juga janin dalam kandungan.

4. Gigi tanggal

4. Gigi tanggal
Freepik/Senivpetro

Ciri ibu hamil kurang gizi berikutnya adalah adanya masalah pada bagian mulut Mama.

Mama yang kurang gizi mungkin akan mengalami bibir kering dan juga pecah-pecah.

Bahkan jika Mama kurang asupan kalsium, risiko mengalami gusi berdarah, sakit gigi, hingga gigi tanggal atau copot bisa terjadi.

5. Adanya masalah pada janin

5. Ada masalah janin
Freepik/Pressfoto.ru

Jika kurang gizi yang dialami Mama terjadi dalam jangka waktu yang lama atau berlarut- larut, risiko untuk mengalami gizi buruk bisa saja terjadi.

Nah jika ini Mama alami, adanya masalah pada perkembangan janin  baik organ tubuh dan otaknya bisa saja terjadi. Jadi, selalu periksakan kesehatan secara rutin ya Ma untuk menghindari masalah buruk pada janin dalam kandungan.

Itulah ciri ibu hamil kurang gizi yang harus Mama tahu. Nah, untuk mengurangi risiko alami kekurangan gizi saat hamil, pastikan asupan makanan yang Mama konsumsi tak hanya mengenyangkan dan memuaskan nafsu makan Mama saja, tetapi juga mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan.

Jangan lupa pula untuk memeriksakan kesehatan Mama secara rutin ke dokter kandungan guna memantau dan mengetahui  kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Baca juga: Enak dan Bergizi, Ini 5 Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Baca juga: Persiapan Gizi Sebelum Kehamilan

Baca juga: Mama Perlu Tahu, Ini 6 Tanda ASI Tak Penuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil