8 Makanan yang Bikin Perut Ibu Hamil Kembung

Ternyata ada makanan yang bikin perut ibu hamil kembung Ma!

12 September 2018

8 Makanan Bikin Perut Ibu Hamil Kembung
Freepik

Berbagai macam perubahan yang dialami ibu hamil memang akan Mama rasakan, termasuk kondisi perut yang lebih mudah untuk kembung.

Perut kembung yang dialami perempuan yang sedang hamil bisa disebabkan karena berbagai macam hal Ma, mulai dari pengaruh perkembangan janin yang menekan perut, peningkatan hormon progesteron yang terjadi selama kehamilan, hingga pengaruh konsumsi makanan tertentu.

Nah, pada konsumsi makanan tertentu, ada baiknya Mama menghindari atau membatasi konsumsi makanan tertentu untuk meminimalisir terjadinya perut kembung selama kehamilan.

Ingin tahu makanan apa saja memicu terjadinya perut kembung pada ibu hamil? Ini dia Ma!

1. Mentimun

1. Mentimun
Unsplash/Igor Miske

Meski kaya akan kandungan air dan dapat mengatasi sembelit, konsumsi mentimun harus dibatasi Ma. Sebab mentimun menjadi salah satu makanan yang bisa membuat perut Mama yang sedang hamil alami kembung jika dikonsumsi berlebih. Jadi, jangan terlalu banyak konsumsi ketimun ya Ma!

2. Apel

2. Apel
Freepik/Yanalya

Meski apel memiliki banyak nutrisi penting, Mama harus membatasi konsumsi apel saat hamil. Sebab dalam apel terkandung pektin, yang dapat memicu gas sehingga bisa menyebabkan ketidaknyamaan pada perut seperti perut kembung.

3. Kubis

3. Kubis
Freepik

Kubis merupakan sayuran yang mengandung nutrisi penting seperti mangat, kalsium, magnesium, folat, zat besi, fosfor, kalium hingga protein Ma.

Meski kandungan nutrisinya  berlimpah,  Mama tetap harus menghindari konsumsi kubis secara berlebih karena kubis menjadi salah satu makanan pemicu gas yang bisa menyebabkan perut kembung.

Editors' Picks

4.  Gorengan

4.  Gorengan
Freepik

Konsumsi makanan yang digoreng memang harus dibatasi, terutama bagi Mama yang kerap mengalami perut kembung saat hamil.

Alasannya karena makanan yang digoreng cenderung sulit untuk dicerna dan mengandung lemak yang tinggi sehingga bisa menyebabkan perut kembung saat hamil.

5. Makanan berlemak

5. Makanan berlemak
Unsplash/Dan Gold

Selain gorengan, konsumsi makanan berlemak juga sebaiknya Mama hindari atau batasi begitu sedang hamil. Sebab makanan yang berlemak cenderung sulit untuk dicerna dan dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

6. Jagung

6. Jagung
Pexels/TIm Savage

Meski konsumsi jagung memiliki manfaat bagi ibu hamil, Mama juga harus membatasi konsumsi jagung dengan baik.

Sebab jagung mengandung karbohidrat tertentu yang dapat menyebabkan bakteri fermentasi serta udara terjebak di dalam perut Ma. Hal tersebut itulah yang akhirnya menyebabkan perut kembung.

7. Bawang

7. Bawang
Freepik

Tak hanya memiliki bau yang khas, bawang rupanya juga menjadi salah satu makanan yang membuat Mama yang sedang hamil alami perut kembung.

Bawang bisa menyebabkan perut kembung karena bawang memiliki sumber besar fruktans, atau gula kompleks yang memungkinkan perut untuk membangun atau menyimpan gas. Perut kembung bisa Mama alami jika Mama mengonsumsi bawang secara berlebih.

8. Kentang

8. Kentang
Unsplash/Alexandra Andersson

Kentang rupanya mengandung zat tepung yang mampu menghasilkan gas berlebih dalam lambung Ma. Karena itu, Mama disarankan untuk membatasi konsumsi kentang dengan baik untuk menghindari perut kembung saat hamil.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.