6 Manfaat Konsumsi Labu Saat Hamil

Konsumsi labu kuning selama kehamilan rupanya membawa berbagai macam manfaat Ma!

1 Maret 2019

6 Manfaat Konsumsi Labu Saat Hamil
Freepik

Di Indonesia, buah labu kuning menjadi begitu populer saat bulan puasa tiba. Buah dengan warna cerah dan identik dengan perayaan Hallowen ini memang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat.

Selain warnanya yang menarik, testurnya yang lembut, dan memiliki rasa yang lezat, labu kuning juga kaya akan kandungan nutrisi. Mama yang sedang hamil bahkan dapat merasakan manfaat yang terkadung dalam labu kuning jika mengonsumsinya dalam batas yang wajar atau tidak berlebihan.

Mama penasaran apa saja manfaat konsumsi labu kuning selama kehamilan? Dilansir dari laman Parenting.firstcry, berikut beberapa manfaatnya yang perlu diketahui.

1. Sumber nutrisi

1. Sumber nutrisi
Pexels/Pixabay

Seperti yang diungkap tadi Ma, labu kuning mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan perempuan hamil dan janin dalam kandungan.

Dalam labu kuning setidaknya terkandung 19 vitamin dan mineral penting, termasuk antiosidan, serat, protein, kalsium, kalium, dan magnesium.

Kandungan kalsium yang terdapat pada labu kuning misalnya, membawa manfaat bagi kesehatan janin dalam kandungan yaitu mendukung pertumbuhan tulang dan giginya.

Baca juga:

2. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

2. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh
Freepik

Konsumsi labu kuning selama kehamilan rupanya dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh Ma.

Agar manfaat labu lebih maksimal, hindari penambahan gula saat mengonsumsinya. Menjaga kadar gula darah selama kehamilan merupaan hal yang penting Ma karena dapat mengurangi risiko terkena diabetes gestasional.

3. Mencegah diare dan sembelit

3. Mencegah diare sembelit
thepurplefig.com

Konsumsi labu selama kehamilan rupanya dapat mencegah terjadinya diare Ma. Sebab labu dapat membantu membunuh cacing atau parasit di limpa dan usus.

Dengan terbunuhnya cacing dan parasit, mak kemungkinan untuk alami infeksi perut selama kehamilan dapat berkurang.

Masih terkait kesehatan saluran cerna, konsumsi labu juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit. Ini karena labu termasuk buah yang tinggi serat.

Editors' Picks

4. Mengurangi kram perut

4. Mengurangi kram perut
Freepik/Rawpixel.com

Kram perut menjadi salah satu gangguan kehamilan yang hampir dirasakan semua perempuan hamil.

Mama yang mengalaminya mungkin dapat mengonsumsi labu karena labu bekerja sangat baik dalam mengatasi kram. Mama dapat mengonsumsi labu dalam bentuk apapun untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Sering Dikeluhkan, Ini Penyebab Kram Perut Selama Hamil

5. Baik untuk kesehatan jantung

5. Baik kesehatan jantung
Freepik

Tak hanya dagingnya saja, biji labu juga membawa manfaat bagi kesehatan perempuan hamil. Biji labu dianggap sangat baik untuk kesehatan jantung Ma.

Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh yng terdapat pada biji labu mampu mendukung perkembangan otak janin dalam kandungan.

6. Mencegah diabetes

6. Mencegah diabetes
Pexels/Pietro Jeng

Biji labu juga diklaim memiliki peranan dalam mencegah diabetes selama kehamilan. Sebab biji labu diklaim mampu memnjaga dan dan mengontrol kadar insulin dalam tubuh.

Tak hanya itu, dalam biji labu juga terkandung zinc. Zinc berperan dalam menjaga suasa hati sekaligus mendukung imunitas tubuh selama kehamilan. Jadi jangan sepelekan manfaatnya ya Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!