Selain Susu, Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium

Tak hanya susu saja, ada ragam makanan yang mengandung kalsium yang mudah untuk dijumpai!

3 Februari 2019

Selain Susu, Ini 5 Makanan Mengandung Kalsium
Freepik/Senivpetro

Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi, tak terkecuali kalsium. Kalsium menjadi mineral penting yang dibutuhkan tubuh guna mendukung pertumbuhan tulang, gigi, dan juga fungsi otot Ma.

Kebutuhan kalsium setiap orang berbeda, tergantung daripada usia. Umumnya,  anak membutuhkan kalsium sekitar 500-1000 mg perhari, sementara orang dewasa membutuhkan kalsium sekitar 1000 mg.

Untuk memenuhi kebutuhan ini ada berbagai macam asupan makanan yang mengandung kalsium. Dilansir dari Boldsky, tak hanya susu dan produk susu saja, ada asupan makanan lainnya yang juga tinggi akan kandungan kalsium. Berikut beberapa diantaranya:

1. Ikan salmon

1. Ikan salmon
Freepik/Valeria_aksakova

Ikan salmon merupakan sumber makanan tinggi kalsium. Dalam 170 gram ikan salmon, terkadung sekitar 350 mg kalsium. Tak hanya mengandung kalsium saja, salmon juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti asam lemak omega 3 dan vitamin E.

Adapun manfaat konsumsi salmon yang bisa Mama peroleh yaitu membantu penurunan berat badan, mengatasi depresi, meningkatkan kesehatan kulit, dan sebagai sumber energi yang baik.

2. Jeruk

2. Jeruk
Freepik/Freepic.diller

Dilansir dari The Independent, buah yang mudah dijumpai ini ternyata juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam sebuah jeruk setidaknya terkadnung 70 mg kalsium atau mencukupi sekitar 7 persen kebutuhan kalsium harian.

3. Bayam

3. Bayam
Unsplash/Pille-Riin Priske

Sayuran satu ini juga tinggi akan kandungan kalsium dimana dalam 100 gram bayam terkandung sekitar 150 mg kalsium. Adapun sayuran hijau lainnya seperti brokoli juga tinggi akan kandungan kalsium.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Bayam Baik untuk MPASI Si Bayi

Baca Juga: Ketahui Takaran Zat Besi yang Aman untuk Ibu Hamil

Editors' Picks

4. Kacang almond

4. Kacang almond
Freepik

Tak hanya mengandung protein, vitamin E, potassium, magnesium, dan mangan saja, kacang almond juga mengandung kalsium Ma. Kandungan kalsium yang terdapat pada almond terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Nah, bagi Mama yang masih ragu mengonsumsi kacang almond harus tahu, almond membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan mulai dari menurunkan kadar gula darah, mengurangi kolesterol, meningkatkan kosentrasi, dan mengobati masalah disfungsi ereksi pada pria. Namun perlu dicatat, jangan konsumsi secara berlebihan ya Ma!

5. Chia Seeds

5. Chia Seeds
Freepik

Dalam 100 gr chia seeds, setidaknya terkandung sekitar 613 mg kalsium. Makanan yang dipercaya mengandung nutrisi tinggi ini membawa banyak manfaat kesehatan mulai dari meningkatkan sistem metabolsime tubuh, menurunkan berat badan, dan meninggkatkan fungsi otak.

6. Kacang putih

6. Kacang putih
Unsplash/Sketch

Dilansir dari The Independent, kacang putih kaya akan kandungan zat besi, serat, protein, dan juga kalsium. Dalm satu sajian kacang putih terkadung 175 mg kalsium. Mama bisa menjadikan kacang putih sebagai camilan, namun jangan konsumsi secara berlebihan ya Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;