TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ketahui Cara Mengatasi dan Mencegah Mimisan saat Hamil, Jangan Lengah!

Mimisan saat hamil? Jangan panik, lakukan cara-cara di bawah ini

29 Juni 2021

Ketahui Cara Mengatasi Mencegah Mimisan saat Hamil, Jangan Lengah
Freepik

Saat hamil, Mama akan mengalami berbagai keluhan yang belum pernah dirasakan seperti mual, muntah, dan mimisan. Mimisan biasanya akan sering terjadi saat usia kandungan memasuki trimester kedua.

Ada ibu hamil yang mengalami mimisan dengan intensitas ringan, namun ada pula ibu hamil yang sering mengalami mimisan. Pada umumnya, mimisan saat hamil terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. 

Untuk lebih memahami mengenai mimisan saat hamil, Popmama.com telah merangkum penjelasan seputar mimisan saat hamil seperti berikut. 

1. Penyebab mimisan saat hamil

1. Penyebab mimisan saat hamil
Unsplash/velizar ivanov

Telah disinggung secara singkat di atas bahwa mimisan saat hamil umumnya disebabkan perubahan hormon dalam tubuh. Saat hamil, kebutuhan darah akan meningkat karena Mama harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen janin.

Kondisi tersebut menyebabkan peredaran darah semakin lancar hingga membuat pembuluh darah melebar, termasuk pembuluh darah di hidung. Selain itu, tekanan pada pembuluh darah halus di sekitar hidung juga ikut meningkat seiring meningkatnya suplai darah dalam tubuh.

Akibatnya, saluran hidung dan saluran nafas menjadi bengkak. Kondisi itu menyebabkan pembuluh darah mudah pecah dan keluarlah mimisan. Mama akan sering mimisan ketika mengalami pilek, alergi, atau berada di wilayah yang dingin dan berangin. 

Editors' Picks

2. Adakah pengaruh mimisan pada kehamilan?

2. Adakah pengaruh mimisan kehamilan
Freepik

Pada umumnya, mimisan tidak memiliki dampak negatif pada kehamilan. Artinya, mimisan tidak berbahaya bagi kesehatan mama dan janin dalam kandungan, terlebih jika mimisan hanya terjadi sesekali saja. 

Namun, Mama perlu waspada jika mimisan terjadi lebih dari satu kali dalam sehari atau terjadi secara terus menerus selama trimester kedua. Mimisan yang terjadi berulang bisa meningkatkan risiko perdarahan pasca persalinan. 

Penelitian kesehatan juga menyebutkan dari 60 persen ibu hamil di dunia yang mengalami mimisan, hanya enam persen yang membutuhkan pertolongan medis. Artinya, mimisan pada ibu hamil umumnya tidak membahayakan janin dalam kandungan. 

3. Jangan panik

3. Jangan panik
Freepik/lookstudio

Ketika Mama mimisan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Tetaplah tenang dan berpikir positif. Segera atur posisi duduk yang nyaman agar mimisan segera berhenti. 

Mama bisa duduk sambil mencondongkan tubuh agak ke depan. Hindari mendongak atau menengadah karena dapat membuat Mama tersedak darah dan mimisan tidak bisa berhenti. 

4. Tekan cuping hidung

4. Tekan cuping hidung
Freepik/8photo

Cara lainnya untuk menghentikan mimisan adalah menekan cuping hidung bagian atas yang mengarah pada batang hidung. Tekan cuping hidung selama 10-15 menit, kemudian bernapaslah melalui mulut. Cara ini biasanya membuat darah berada di dalam mulut. 

Segera keluarkan darah di mulut. Jika mimisan tak kunjung berhenti. Coba ulangi sekali lagi menekan cuping hidung dan kompres hidung dengan air es. Namun, apabila mimisan terus terjadi meski Mama telah melakukan cara-cara di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis. 

5. Cara mencegah mimisan

5. Cara mencegah mimisan
Freepik

Untuk menghindari mimisan terjadi lagi saat hamil, Mama sebaiknya menghindari aktivitas-aktivitas tertentu selama 24 jam setelah mimisan. Aktivitas-aktivitas tersebut yakni membuang lendir atau ingus terlalu kuat, membungkuk, melakukan aktivitas berat, tidur telentang, hingga mengorek hidung. 

Hindari juga mengonsumsi minuman alkohol atau air yang terlalu panas karena bisa membuat pembuluh darah semakin lebar hingga menyebabkan mimisan terjadi lagi. 

Kesimpulannya adalah mimisan tidak membahayakan bagi ibu hamil. Yang perlu Mama lakukan hanyalah bersikap tenang dan segera melakukan cara-cara di atas untuk memberikan pertolongan pertama saat mimisan.

Nah itulah informasi terkait mimisan saat hamil. Apabila mimisan terus terjadi selama kehamilan, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter kandungan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk