Penyebab dan Pertolongan Pertama Jika Anak Mimisan saat Puasa

Yang harus Mama langsung lakukan ketika anak mimisan

27 April 2021

Penyebab Pertolongan Pertama Jika Anak Mimisan saat Puasa
Todaysparent.com

Mimisan adalah kondisi keluarnya dari hidung yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang terdapat di permukaan dalam rongga hidung. Darah bisa saja terus mengalir meski anak tidak alami benturan di sekitar hidung.

Mimisan atau epistaksis adalah kondisi yang dapat terjadi pada siapapun, termasuk pada orang yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, baik orang dewasa ataupun anak-anak.

Dalam hidung anak, terdapat banyak pembuluh darah yang terletak dekat dengan permukaan di bagian depan dan belakang hidung. Mimisan dibagi menjadi 2 macam, yaitu epistaksis anterior yaitu pecahnya pembuluh darah di bagian depan hidung dan epistaksis posterior yaitu pecahnya pembuluh darah di bagian belakang hidung.

Pembuluh darah ini rapuh hingga dapat mudah berdarah.

Namun, Mama tak perlu khawatir, meskipun tampak menakutkan, sebagian besar mimisan disebabkan oleh kondisi yang tidak terlalu serius. Mama dapat melakukan pertolongan pertama untuk menghentikan mimisan pada anak.

Berikut Popmama.com telah menyiapkan informasi pertolongan pertama anak mimisan saat puasa selengkapnya di bawah ini:

Editors' Picks

1. Beberapa penyebab yang mengakibatkan anak mengalami mimisan saat puasa

1. Beberapa penyebab mengakibatkan anak mengalami mimisan saat puasa
Seasonsmedical.com

Jika anak mengalami mimisan saat puasa, mungkin disebabkan oleh udara yang terlalu kering. Udara yang kering ketika musim panas dapat membuat selaput hidung anak menjadi kering.

Kondisi ini kemudian dapat mengakibatkan terbentuknya kerak yang terasa gatal atau iritasi dalam hidung, yang membuat anak terluka saat mengorek hidung terlalu kencang.

Selain itu ada kemungkinan lainnya yang menyebabkan anak mimisan saat puasa, antara lain:

  • Mengalami trauma pada pembuluh darah, misalnya akibat kemasukan benda asing, mengorek hidung terlalu keras, atau mengalami cedera pada wajahnya.
  • Reaksi pada alergi tertentu
  • Iritasi kimia
  • Cuaca atau kondisi musim yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Peradangan hidung, baik akibat dari infeksi, rhinitis alergi, atau polip hidung
  • Memiliki Kelainan struktrur pembuluh darah
  • Kelainan faktor pembekuan darah

Selain itu, mengonsumsi anthistamin dan dekongestan untuk mengatasi alergi, pilek, atau masalah sinus juga dapat menyebabkan selaput hidung menjadi kering, dan mengakibatkan anak mengalami mimisan.

Anak yang membuang ingus terlalu kencang atau sering melakukannya pada saat pilek juga dapat mengakibatkan mimisan. Tapi memang tidak semua anak mengalami kondisi seperti ini.

2. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan Mama untuk mengatasi mimisan pada anak

2. Pertolongan pertama perlu dilakukan Mama mengatasi mimisan anak
mycprcertificationonline.com

Untuk mencegah mimisan yang berlangsung lama, Mama dapat melakukan tindakan pertolongan pertama untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Langsung pencet hidung anak dan angkat kepalanya agar sedikit mendongak ke atas. Ini dilakukan untuk menghindari adanya gravitasi agar darah tak makin banyak keluar. Namun, hindari mendongakannya terlalu berlebihan.
  2. Pencet hidungnya dengan waktu sekitar 3 menit sampai 5 menit, dan tetap memastikan agar kepala anak tetap mendongak.
  3. Jika mimisan keluar lewat saluran tenggorakan hingga tertelan, jangan khawatir karena tidak berbahaya dan tidak membatalkan puasa jika terjadi secara tidak sengaja.

Itulah pertolongan pertama jika anak mimisan saat puasa. Mama harus tenang, agar bisa menanganinya dengan baik. 

3. Jika anak mengalami mimisan lebih dari 30 menit dan cukup deras, segera langsung membawa anak ke dokter

3. Jika anak mengalami mimisan lebih dari 30 menit cukup deras, segera langsung membawa anak ke dokter
Freepik/katemangostar

Biasanya, anak yang mimisan hanya berlangsung kurang lebih 10 menit, dan dapat menghilang dengan sendirinya. Namun jika anak terus mengalami mimisan bahkan hingga lebih dari 30 menit, sebaiknya Mama segera langsung membawa anak ke dokter anak.

Apalagi jika terjadi pendaharan yang cukup deras sehingga anak kehilangan cukup banyak darah.

Saat membawanya ke dokter, sebagai tindakan antisipasi tetap pastikan anak agar tidak kehilangan kesadaran akibat kehilangan banyak darah saat di perjalanan.

Jika anak mengalami mimisan saat puasa, sebaiknya ingatkan anak agar tidak terus menahan diri untuk berbuka sebelum waktunya. Tidak memaksakan diri untuk terus menahan haus dan lapar, agar tubuh tidak lemas karena kehilangan banyak darah.

Itulah penyebab, penanganan dan pertolongan pertama anak mimisan saat puasa, Ma. Anak membutuhkan bantuan, tapi akan lebih baik jika Mama bisa tetap tenang sambil menunggu keadaan si Kecil membaik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.