Penting! Ini 7 Suplemen yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Agar kehamilan bisa berjalan dengan lancar, Mama perlu mengonsumsi suplemen ini

14 April 2020

Penting Ini 7 Suplemen Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil
Unsplash/sharon mccutcheon

Saat hamil Mama akan mengalami beberapa perubahan kesehatan yang mungkin akan sangat menganggu. Beberapa diantaranya adalah mudah lelah, mual, muntah, nyeri dan bengkak dibeberapa bagian tubuh tertentu.

Keluhan tersebut pasti akan membuat Mama tidak nyaman dan akan berakibat buruk bagi janin jika tidak dikendalikan dengan baik. 

Salah satu solusi yang bisa Mama lakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen ibu hamil yang tepat. Namun, jenis suplemen seperti apa yang aman dan wajib Mama konsumsi untuk menjaga kehamilan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum 7 daftarnya.

1. Asam Folat

1. Asam Folat
Unsplash/sharon mccutcheon

Suplemen makanan yang pertama dan harus terpenuhi dengan baik untuk ibu hamil adalah asam folat. 

Asam folat menjadi salah satu nutrisi kehamilan yang sangat penting dalam menjaga kondisi kehamilan agar bisa berjalan dengan lancar dan normal. 

Selain berfungsi untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh ibu hamil, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Konsumsi asam folat bahkan sebaiknya diberikan sejak awal proses perencanaan kehamilan. 

Pentingnya asam folat ini menjadikan hampir seluruh multivitamin yang dikhususkan untuk ibu hamil mengandung asam folat, termasuk susu khusus ibu hamil.

2. Zat besi

2. Zat besi
Unsplash/simone van der koelen

Suplemen wajib untuk ibu hamil selanjutnya adalah zat besi. Konsumsi zat besi pada ibu hamil merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Zat besi dapat diperoleh melalui multivitamin yang mengandung zat besi ataupun makanan sehari-hari yang mengandung zat besi.

Zat besi dapat membantu menjaga ibu hamil agar tidak mengalami anemia yang merupakan salah satu penyebab munculnya kondisi tubuh yang lemas dan mudah lelah selama kehamilan.

Editors' Picks

3. Vitamin C

3. Vitamin C
Unsplash/sharon mccutcheon

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang penting untuk ibu hamil. Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bila memang diperlukan, ibu hamil bisa mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang dianjurkan dokter. Namun Mama sebaiknya berusaha memenuhinya dengan mengonsumsi makanan alami seperti jeruk, kiwi, jambu biji, dan stroberi. 

Bagi Mama yang memiliki riwayat gangguan pada lambung sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C.

4. Kalsium

4. Kalsium
Unsplash/rawpixel

Suplemen lainnya yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Kalsium juga dapat berfungsi dalam membantu proses perkembangan janin dalam kandungan.

Kebutuhan kalsium pada kehamilan lebih besar hingga dua kali lipat dibandingkan dengan pada saat tidak hamil. Pasalnya saat hamil, Mama akan berbagi kalsium dengan janin untuk proses pertumbuhan tulangnya, maka penting bagi Mama untuk terus mencukupi kebutuhan kalsium.

Kalsium bagi ibu hamil sendiri dapat dipenuhi melalui tablet kalsium yang biasanya diresepkan oleh dokter kandungan ataupun dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

5. Vitamin D

5. Vitamin D
Unsplash/freestock.org

Vitamin D juga menjadi salah satu suplemen yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Vitamin D berfungsi dalam membantu penyerapan beberapa mineral seperti kalsium yang berguna untuk tubuh dan proses kehamilan. 

Dengan konsumsi vitamin D yang cukup, kesehatan ibu juga akan terjaga selama menghadapi proses kehamilan yang cukup berat dan membutuhkan banyak energi.

Tak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, Mama juga bisa mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari pagi. Untuk mendapatkannya, Mama bisa meluangkan waktu untuk berjemur di pagi hari.

6. Omega 3

6. Omega 3
Unsplash/thought catalog

Omega 3 menjadi tambahan suplemen makanan yang juga penting untuk proses kehamilan. Proses kehamilan yang berjalan lancar dapat menjaga tubuh Mama agar tetap sehat hingga saat persalinan tiba.

Omega 3 dapat dengan mudah Mama dapatkan dari telur. Namun jangan pilih sembarang telur ya! Pilihlah telur dengan kandungan omega yang tinggi, yaitu telur yang memiliki warna oranye terang di dalamnya.

7. Vitamin B6

7. Vitamin B6
Unsplash/rawpixel

Tambahan suplemen lain yang juga dapat dikonsumsi untuk membantu ibu hamil adalah vitamin B6. 

Vitamin B6 juga termasuk dalam kandungan yang terdapat diberbagai macam multivitamin khusus untuk ibu hamil karena manfaatnya yang penting selama proses kehamilan.

Mengonsumsi pisang, bayam, dan alpukat yag mengandung B6 juga dipercaya dapat memaksimalkan tumbuh kembang otak janin sehingga janin tidak akan mengalami kecacatan otak.

Nah, itulah ketujuh jenis suplemen yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Menjaga kesehatan semasa hamil bukan hanya baik bagi tubuh Mama, namun juga baik bagi perkembangan janin. 

Selamat mencoba 7 suplemen di atas ya, Ma!

Baca juga: Ini yang terjadi pada Ibu Hamil ketika Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.