Mencegah Anemia, Ini Suplemen Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Ibu hamil mudah terkena penyakit anemia, atasi dengan minum suplemen berikut ini Ma

19 April 2021

Mencegah Anemia, Ini Suplemen Penambah Darah Ibu Hamil
Freepik/ronnachaipark

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah (hemoglobin) dengan gejala mudah lelah dan sakit kepala. Ibu hamil memiliki risiko tinggi terkena penyakit anemia. Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi darah dengan jumlah yang banyak untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Anemia dapat mengakibatkan kesehatan selama masa kehamilan sampai menjelang persalinan menjadi terganggu. Kurangnya darah saat masa kehamilan juga berbahaya karena dapat menyebabkan persalinan prematur dan berat badan lahir rendah. Untuk itu harus segera mendapat penanganan dan rutin meminum obat atau suplemen penambah darah.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum suplemen penambah darah untuk ibu hamil untuk mencegah anemia.

1. Ferofort

1. Ferofort
Tokopedia.com

Ferfort merupakan suplemen yang memiliki kandungan zat besi untuk mencegah terkena anemia. Suplemen ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Ferofort mengandung bahan-bahan yang berguna untuk mencegah anemia, yaitu ferronyl, asam askorbat, asam folat, vitamin B12, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, niacinamide, calcium pantothenate, zinc, dan lysine.

Bagi Mama yang ingin mengonsumsi ini untuk mencegah anemia saat kehamilan dapat meminumnya satu kaplet per hari setelah makan.

Editors' Picks

2. Folavit

2. Folavit
Tokopedia.com

Folavit merupakan suplemen yang mengandung asam folat atau vitamin B9. Suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan asam folat pada masa kehamilan. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai suplemen untuk mengatasi anemia. Tak hanya anemia, bagi ibu hamil suplemen ini juga baik untuk menjaga pertumbuhan saraf dan otak pada janin yang di dalam kandungannya agar bayi terlahir secara normal.

Folavit berbentuk tablet yang setiap tabletnya mengandung dosis 400 mcg asam folat. Bagi Mama yang sedang hamil dan ingin mengonsumsi suplemen ini, dapat meminumnya dengan dosis 800 mcg setara dengan dua tablet dan diberikan satu kali sehari setelah makan.

3. Hemobion

3. Hemobion
Tokopedia.com

Tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama suplemen yang satu ini. Hemobion merupakan suplemen untuk menambah darah selama masa kehamilan dan laktasi. Hemobion mengandung berbagai nutrisi, yaitu fe fumarate, asam folat, vitamin B12, kalsium pantotenat, kolekalsiferol, dan vitamin C.

Hemobion termasuk suplemen yang dapat dikonsumsi tanpa adanya resep dari dokter. Namun, tetap mengikuti dosis yang sudah terdapat pada kemasannya.

Suplemen ini berbentuk kapsul dan dalam satu dus terdapat 10 kapsul. Bagi Mama yang ingin mengonsumsinya dapat meminum satu kapsul dalam sehari setelah makan.

    4. Hufabion

    4. Hufabion
    Tokopedia.com

    Hufabion merupakan suplemen mineral dan multivitamin yang memiliki manfaat untuk mengatasi anemia yang diakibatkan oleh kekuranga zat besi. Suplemen ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai tambahan nutrisi bagi yang kekurangan zat besi pada asupan makanan sehari-hari.

    Hufabion mengandung berbagai bahan yang baik untuk tubuh, yaitu ferrous fumarate, manganese sulfate, cupric sulfate, vitamin C, folic acid, dan vitamin B12.

    Suplemen ini juga dapat dikonsumsi tanpa menggunakan resep dari dokter. Namun, harus tetap mengikuti anjuran penggunaan yang terdapat pada kemasan.

    Bagi Mama yang sedang hamil dapat mengonsumsi suplemen ini satu kapsul dalam sehari dan diminum setelah makan.

    5. Tonikum bayer

    5. Tonikum bayer
    Tokopedia.com

    Tonikum bayer merupakan suplemen makanan yang mengombinasikan multivitamin, mineral, dan zat besi. Suplemen ini diperuntukkan selama masa kehamilan, menstruasi, masa pertumbuhan, dan lansia.

    Tonikum bayer mengandung bahan yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu zat besi, kalsium, mangan, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin C. Kandungan yang ada di dalam suplemen ini dapat menambah darah di dalam tubuh. Oleh sebab itu, tonikum bayer bisa digunakan untuk mengatasi penyakit anemia yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi.

    Bagi Mama yang ingin mengonsumsi suplemen ini bisa meminumnya dengan dosis satu sendok makan atau 15 ml dalam satu kali sehari.

    Nah, itulah beberapa suplemen penambah darah untuk ibu hamil yang dapat Mama konsumsi selama masa kehamilan. Semoga Mama dan janin sehat selalu, serta terhindar dari terkena penyakit anemia.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.