Rafathar Bertemu Jan Ethes, Akankah Keduanya Akan Sering Playdate?

Jan Ethes dan Rafathar memang sama-sama menggemaskan ya, Ma!

9 Februari 2019

Rafathar Bertemu Jan Ethes, Akankah Kedua Akan Sering Playdate
Instagram.com/raffinagita1717/Jokowi

Baru-baru ini, Raffi Ahmad sekeluarga sempat mengunjungi Istana Bogor. Melalui Instagram @raffinagita1717, keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga mengunggah sebuah foto berlatarkan Istana Negara. 

Selain itu, Raffi Ahmad dan Rafathar juga mengunggah foto selfie bersama Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Papa dari Jan Ethes. Dari foto dan video yang diunggah oleh Raffi Ahmad, dirinya seolah sedang membuat konten bersama dengan Presiden Jokowi. 

Di kesempatan membuat konten video bersama Presiden Jokowi, Rafathar dan Jan Ethes juga ikut bertemu dalam satu kesempatan. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui cerita pertemuan dari Rafathar dan Jan Ethes, berikut beberapa rangkuman dari Popmama.com kali ini.

1. Raffi Ahmad siapkan konten video bersama Jokowi

Sosok Raffi Ahmad sebagai seorang artis yang sudah mulai terjun di dunia YouTube seolah selalu memberikan konten-konten video menarik. Tak jarang konten video, baik dari Raffi Ahmad, Nagita Slavina hingga Rafathar Malik Ahmad yang ada di channel YouTube bernama Rans Entertainment selalu menjadi mencuri perhatian penonton. Bahkan video hasil pemikiran Raffi Ahmad bisa menduduki trending nomor satu di YouTube. 

Baru-baru ini, Raffi Ahmad sekeluarga datang ke Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden Jokowi seolah menjadi tanda kalau akan ada video terbaru. 

"Gimana rasanya naik mobil Pak Presiden? Ada Jan Ethes juga. Rafathar sekarang satu mobil sama Pak Jokowi," ucap Raffi Ahmad di salah satu video InstaStory pribadinya saat satu mobil bersama Presiden Jokowi dan Jan Ethes. 

Kira-kira konten video seperti apa yang dibuat oleh Raffi Ahmad bersama Jokowi ya, Ma? 

Baca juga: Kena Prank Nagita Slavina, Rafathar Dibilang Anak Baim Wong dan Paula

Editors' Picks

2. Jan Ethes bertemu dengan Rafathar Malik Ahmad 

Jan Ethes Srinarendra cucu pertama Presiden Jokowi dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka bertemu dan satu mobil bersama Rafathar Malik Ahmad. Momen langka keduanya berada dalam satu mobil ini sempat diabadikan oleh Raffi Ahmad melalui InstaStory. 

Raffi Ahmad seolah berhasil mempertemukan Jan Ethes dan Rafathar dalam satu kesempatan. 

Walau beda setahun usia Jan Ethes dan Rafathar, keduanya termasuk anak-anak yang populer dan selalu menarik banyak perhatian orang banyak. Baik Jan Ethes dan Rafathar selalu hadir dengan tingkah menggemaskan di setiap video atau penampilannya. 

Tingkah lucu dan polos keduanya sukses membuat banyak orang gemas. Tak heran kalau Jan Ethes dan Rafathar memiliki banyak penggemar walaupun masih anak-anak. 

Setelah pertemuan pertama ini, Jan Ethes dan Rafathar akan lebih sering main bersama lagi nggak ya? 

Baca juga: Selain Gempi, Rafathar dan El Barack Ucapkan Kalimat Menyentuh Ini

3. Tips mengajak anak mudah berteman dengan teman baru 

3. Tips mengajak anak mudah berteman teman baru 
Freepik

Sebagai orangtua, Mama perlu membantu si Kecil lebih sering bersosialisasi bersama teman-teman sebayanya. Apalagi bila dirinya termasuk anak yang pemalu dan perlu dibantu ketika harus bersosialisasi. 

Beberapa hal yang bisa Mama lakukan ketika ingin mulai mengajak si Kecil mudah berteman atau sekedar berkenal dengan teman barunya antara lain: 

  • Tingkatkan rasa kepercayaan dirinya

Saat ingin mengurangi rasa malu si Kecil, Mama bisa memulai dengan meningkatkan rasa kepercayaan dirinya sejak dini. Pertama-tama, perlu sekali percaya kalau dirinya bisa untuk percaya diri di depan umum. 

Kepercayaan Mama ini secara tidak langsung akan menghentikan label "anak pemalu" untuk si Kecil. Saat label itu hilang, dirinya seolah mendapatkan sebuah kepercayaan dari orangtuanya sendiri dan mampu bersosialisasi. Dengan begitu, si Kecil dapat mudah berteman dengan teman baru di lingkungan yang asing sekalipun. 

  • Berikan kesempatan untuk berinteraksi

Jika suasana sudah mulai mencair alias tidak lagi kaku. Mama bisa membiarkan si Kecil bermain dengan teman barunya. 

Berikan kesempatan untuk dirinya dalam menghilangkan rasa malu secara perlahan-lahan, terlebih pada lingkungan serta teman yang baru ditemuinya. Memang tidak mudah, namun si Kecil pasti akan memiliki perasaan serta keinginan untuk berkomunikasi dengan teman barunya itu. Jadi, biarkan dirinya memulai untuk berinteraksi karena kesempatan ini tentu dapat memberikan pengalaman baru. 

  • Mulailah dengan perlahan

Terkadang orangtua tak sabar saat si Kecil hanya bergantung padanya dan tidak mau berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Meskipun kondisi ini menyulitkan untuknya, Mama bisa melakukan ini secara perlahan-lahan. Usahakan tidak terlalu memaksakan kehendak karena ini hanya akan membuat si Kecil tertekan. 

Perlu diingat kalau bertemu dengan banyak orang dalam satu waktu bisa membuat dirinya kewalahan. Untuk itu, ada baiknya untuk memperkenalkan si Kecil secara perlahan dengan lingkungan serta teman barunya. 

Yuk Ma, terapkan beberapa cara ini kepada si Kecil agar dirinya bisa mudah berteman dengan teman baru yang baru ditemuinya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!