Murah dan Bergizi, Ini 5 Manfaat Ikan Tongkol untuk Ibu Hamil

Selain harganya terjangkau, ikan ini pun banyak manfaatnya bagi ibu hamil

20 Juni 2020

Murah Bergizi, Ini 5 Manfaat Ikan Tongkol Ibu Hamil
grocerhelper

Saat hamil, Mama harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Ini tidak hanya berguna untuk kesehatan mama, tetapi juga sangat penting untuk tumbuh kembang janin.

Salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat ikan. Beruntung, Indonesia dikelilingi oleh lautan dan budidaya ikan air tawar yang ada di mana-mana. Sehingga tidak sulit untuk mengonsumsi ikan. Yang paling mudah ditemukan di pasar adalah ikan tongkol.

Ikan tongkol merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapat di Indonesia. Selain itu, harganya pun terjangkau, ditambah lagi rasanya enak dan gurih.

Mama dapat mengolah jenis ikan ini menjadi beragam masakan. Tahukah Mama kalau ikan tongkol juga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat untuk ibu hamil?

Berikut ini info lengkap mengenai manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil:

Kandungan Nutrisi Ikan Tongkol

Kandungan Nutrisi Ikan Tongkol
sajiansedap

Meski harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan ikan lain, kandungan nutrisi dalam ikan tongkol cukup banyak sehingga ikan ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Ikan tongkol kaya akan protein, lemak, mineral, dan kadar abu yang tinggi.  Kandungan lemak yang paling banyak terdapat pada ikan tongkol adalah asam omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, ikan tongkol mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitamin D, B6, B12, serta zat besi.

Berikut Popmama.com merangkum informasi mengenai manfaat konsumsi ikan tongkol untuk ibu hamil:

1. Menjaga kadar elektrolit tubuh

1. Menjaga kadar elektrolit tubuh
freepik.com

Asupan natrium yang diperoleh dari ikan tongkol dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Natrium juga berperan penting dalam menjaga fungsi saraf dan otot normal.

Tubuh memperoleh natrium melalui makanan dan minuman sehari-hari. Sebagian besar natrium dalam tubuh tersimpan dalam darah dan cairan getah bening. Ginjal kemudian akan menjaga kadar natrium tetap konsisten dengan rutin membilas kelebihannya dan mengeluarkannya melalui urine dan keringat.

Makan ikan tongkol yang mengandung natrium dapat mengurangi risiko terkena hiponatremia alias kadar natrium rendah. Saat natrium dalam tubuh rendah, Mama rentan terkena dehidrasi, muntah, dan diare.

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan jantung

2. Menjaga kesehatan jantung
Freepik

Lagi-lagi kandungan omega-3 dapat membuat para ibu hamil memiliki jantung yang senantiasa sehat.

Karena baik bagi jantung, ini juga akan berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan janin serta pembentukan organnya. Kandungan omega-3 akan menjaga kesehatan jantung sehingga risiko serangan jantung pun akan semakin kecil.

3. Menurunkan risiko kurang darah

3. Menurunkan risiko kurang darah
Freepik

Saat hamil, Mama memiliki risiko terkena anemia. Kekurangan zat besi menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Selain itu juga akan memengaruhi tumbuh kembang janin.

Kandungan zat besi pada ikan tongkol menurunkan risiko terkena anemia selama hamil. Mama dapat mengolahnya dengan cara merebus agar nutrisinya tidak banyak berkurang.

4. Mendukung pertumbuhan janin

4. Mendukung pertumbuhan janin
Freepik/Macrovector

Protein di dalam ikan tongkol berguna untuk membangun, membentuk, dan memperbaiki jaringan tubuh pada janin. Selain itu juga mendorong pertumbuhan sel-sel pada janin.

Proses pembentukan hati, jantung, kulit, mata, dan otot akan semakin sempurna sehingga risiko kelainan jantung pada bayi baru lahir dan kelainan lain semakin berkurang.

Pertumbuhan plasenta, jaringan serta otak juga akan berlangsung dengan baik berkat protein yang terkandung pada ikan tongkol, Ma.

5. Menyehatkan tulang dan otot

5. Menyehatkan tulang otot
bannerhealth.com

Selain berguna untuk menguatkan sendi dan otot pada ibu hamil, protein yang ada di dalam ikan tongkol juga membantu menjaga tulang agar tetap sehat.

Tidak hanya itu, Ma. Protein pada ikan tongkol dipercaya dapat memperkuat dan meningkatkan massa otot, menambah daya tahan tubuh, dan mengikat lemak sehingga baik untuk diet. Semuanya ini akan memengaruhi janin yang ada di kandungan mama juga.

Tips Mengolah Ikan Tongkol

Tips Mengolah Ikan Tongkol
bukalapak.com

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang paling rentan terkontaminasi merkuri.

Paparan merkuri yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, saluran pencernaan, sistem saraf, ginjal, hingga otak dan jantung.

Untuk menekan risiko konsumsi merkuri berlebihan dari ikan tongkol, sebaiknya Mama mengonsumsinya hanya dua kali dalam seminggu. Batasi juga jumlah porsinya hanya sekitar 85-140 gram untuk sekali makan. Bagi ibu hamil, sebaiknya mengonsumsi paling banyak sekitar 170 gram dalam seminggu untuk mendapatkan cukup asam lemak omega-3 dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Meski demikian, kandungan logam berat dalam ikan tongkol biasanya hanya sedikit dan tidak membahayakan kesehatan manusia. Mama pun tidak perlu takut untuk mengonsumsi ikan yang satu ini karena manfaat yang Mama peroleh lebih banyak dibanding efek buruknya. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, sekarang Mama sudah tahu kan manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil. Yuk, mulai mengonsumsi ikan tongkol untuk mendukung perkembangan janin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.