Baik untuk Janin, Ini 8 Sumber Vitamin C Alami untuk Ibu Hamil

Penuhi kebutuhan vitamin C harian untuk mendukung tumbuh kembang janin, Ma

7 September 2020

Baik Janin, Ini 8 Sumber Vitamin C Alami Ibu Hamil
FirstCry Parenting

Janin memperoleh semua nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan melalui semua makanan yang dikonsumsi Mama. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan sehat agar perkembangan janin tidak terganggu. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C untuk menjaga kondisi kesehatannya dan janin.

Vitamin ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh, namun dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C, Ma.

Vitamin C memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil, antara lain:

  • Melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuh ibu dan janin
  • Membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah
  • Antioksidannya menangkal efek radikal bebas, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan mempercepat proses penyembuhan luka
  • Membantu penyerapan zat besi
  • Menurunkan risiko terkena diabetes gestional serta preeklampsia
  • Mendukung pertumbuhan bayi

Jumlah asupan vitamin C yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah 85 mg setiap harinya.

Seperti yang disebutkan di atas, Mama dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi sayuran dan buah. Popmama.com merangkum daftar sumber vitamin C alami untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Apa saja, ya?

1. Blueberry

1. Blueberry
Freepik

Blueberry tak hanya kaya folat, tapi juga vitamin C, kalium, dan serat. Rasa asam, manis, dan segar pada buah ini juga dapat membantu Mama mengurangi rasa mual, lho.

Blueberry kaya vitamin C dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjauhkan Mama dari beragam penyakit yang membahayakan janin. Mengonsumsi blueberry saat hamil juga mampu mengurangi ancaman preeklampsia yang sering kali tidak dirasakan oleh Mama pada minggu ke-20 dan seterusnya.

2. Jeruk

2. Jeruk
freepik.com/pablesku

Termasuk juga buah-buah citrus sejenis seperti lemon dan jeruk nipis, mengonsumsi jeruk yang cukup akan membantu perkembangan tabung saraf janin.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kemungkinan cacat lahir yang bisa mulai terbentuk dari awal kehamilan.

Buah ini terkenal sebagai salah satu antioksidan yang akan melawan radikal bebas penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi jeruk, otomatis akan membantu memperkuat daya tahan tubuh mama selama kehamilan.

Vitamin C pada jeruk juga membantu penyerapan zat besi dengan lebih baik, ini berguna untuk mencegah anemia yang rentan dialami oleh ibu hamil.

3. Mangga

3. Mangga
Freepik/Valeria_aksakova

Mangga kaya akan vitamin A dan C. Vitamin A yang ada pada mangga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya komplikasi pada janin.

Mangga juga mengandung kalium yang membantu menjaga tekanan darah serta keseimbangan cairan dalam tubuh. Sementara vitamin C mampu menangkal serangan radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh mama selama hamil.

Mama sering mengalami sembelit? Konsumsi mangga dapat membantu mencegah sembelit karena kandungan serat yang tinggi.

Editors' Picks

4. Apel

4. Apel
freepik.com/user12952888

Serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium merupakan nutrisi andalan di dalam buah apel. Dan tentunya, semua nutrisi itu baik bagi kesehatan ibu hamil.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko terjadinya asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang rutin mengonsumsi apel selama hamil.

5. Jambu biji

5. Jambu biji
Pixabay/Einszweifrei

Jambu biji merupakan sumber vitamin C yang terbaik selain jeruk. Buah ini juga mengandung vitamin A, serat, kalium, dan fosfor.

Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan perkembangan janin terlambat.

Alasan lain mengapa jambu biji baik untuk ibu hamil adalah dapat membantu mengontrol gula darah selama hamil agar terhindar dari risiko diabetes gestasional.

6. Kubis

6. Kubis
Freepik

Tahukah Mama, kandungan vitamin C yang ada di kubis bahkan lebih tinggi dari jeruk. Dalam satu cangkir kubis, terkandung vitamin C sebanyak 80,4 mg. 

Selain vitamin C, kubis juga mengandung mineral dan asam lemak yang baik untuk tubuh. 

Kubis sangat mudah didapatkan di mana-mana dan tersedia dalam beberapa jenis. Kamu bisa membuat kubis sebagai campuran salad, atau masuk dalam menu masakan. 

7. Brokoli

7. Brokoli
Pixabay/jackmac34

Untuk memberikan nutrisi terbaik terhadap diri sendiri dan janin dalam kandungan, ada baiknya mengonsumsi sayuran hijau ini secara rutin. Mama bisa mendapatkan banyak kandungan nutrisi saat mengonsumsi brokoli, seperti vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, hingga antioksidan.  

8. Bayam

8. Bayam
tokopedia.com

Dalam semangkok bayam (sektiar 30 gram), terdapat 8,5 mg vitamin C. Meski tidak sebanyak kubis dan brokoli, namun bayam tidak boleh diremehkan. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting, yaitu vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi. Kandungan nutrisi ini menjadikan bayam sebagai sayuran yang layak untuk dikonsumsi rutin.

Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan gangguan kesehatan selama kehamilan. Yuk, penuhi kebutuhannya dengan mengonsumsi vitamin C untuk ibu hamil yang alami setiap hari!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.