10 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Bantu Meredakan Mual

Jangan salah, buah sirsak bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil

31 Januari 2024

10 Manfaat Sirsak Ibu Hamil, Salah Satu Bantu Meredakan Mual
Popmama.com/Aristika Medinasari

Buah sirsak berasal dari negara Karibia, Amerika Tengah. Buah ini dibawa ke Indonesia oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda pada abad ke-19.

Buah yang identik dengan berwarna hijau ini memiliki rasa yang asam, manis, dan menyegarkan. Meski rasanya terbilang unik, ada banyak manfaat buah sirsak untuk ibu hamil.

Buah sirsak diketahui kaya akan  protein, serat, kalsium, magnesium, karbohidrat, fosfor, kalium, folat, kolin, serta vitamin A, B, hingga C.

Berikut Popmama.com telah merangkum manfaat sirsak untuk ibu hamilyang penting untuk diketahui.

1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Freepik/Freestockce

Sirsak yang sudah matang, buahnya cukup empuk. Di dalamnya mengandung banyak sekali vitamin C. Manfaat vitamin C dalam buah sirsak yang sudah matang bisa menjadi antioksodan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bagi ibu hamil yang biasa beraktivitas di luar ruangan, makanlah buah sirsak saat hamil, setidaknya dalam seminggu sekali untuk mencegah sariawan dan panas dalam.

2. Mengatasi konstipasi saat kehamilan

2. Mengatasi konstipasi saat kehamilan
Freepik/wayhomestudio

Makan buah sirsak saat hamil bagus untuk sistem pencernaan. Ibu hamil biasanya mengalami konstipasi terlebih ketika sudah memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Sesekali makan buah sirsak sangat baik untuk merangsang sistem pencernaan agar bisa bekerja lebih maksimal.

3. Meredakan mual

3. Meredakan mual
Freepik/Jcomp

Pada awal kehamilan hingga memasuki trimester kedua, ibu hamil kadang merasakan mual dan ingin muntah. Rasa asam dan manis dari buah sirsak bisa menangkal rasa mual tersebut.

Cobalah menjadikan buah sirsak sebagai solusi mengatasi mual. Selain sirsak, ibu hamil juga bisa makan stroberi dan jeruk.

4. Merangsang produksi ASI

4. Merangsang produksi ASI
Freepik/Stefamerpik

Ibu hamil tentu ingin memberikan ASI pertama yang mengandung kolostrum untuk bayinya. Buah sirsak baik untuk merangsang produksi ASI. Sehingga kelak saat bayi sudah lahir, Mama bisa segera memberikan ASI untuk si Kecil.

Sirsak kaya akan kandungan kalsium, magnesium, dan air. Ini baik untuk menjadi pendukung kandungan dalam ASI. 

Editors' Pick

5. Mengenyangkan untuk ibu hamil

5. Mengenyangkan ibu hamil
Pinterest.com/Otto Blanco

Memang tidak bisa menggantikan nasi, namun sirsak juga kaya akan kandungan karbohidrat, serat, dan gula.

Dalam 100 gram sirsak terkandung 16,4 gram karbohidrat dan 3,3 gram serat dan 13,5 gram gula.

Inilah yang membuat sirsak cukup mengenyangkan dan bisa menjadi pelengkap sebelum ibu hamil konsumsi makanan utama. Ingat, makan buah terlebih dulu baru kemudian konsumsi makanan utama. 

     

    6. Sirsak membantu memperkuat tulang janin

    6. Sirsak membantu memperkuat tulang janin

    Perkembangan tulang janin mulai terbentuk segera setelah Mama hamil, dan apa yang Mama konsumsi mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan tulang bayi. Apa pun yang Mama konsumsi, akan diteruskan ke rahim melalui rahim. Inilah sebabnya ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan kaya kalsium dan mineral lainnya untuk meningkatkan kekuatan tulang bayi dalam kandungan.

    Buah sirsak banyak mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, zat besi, kalsium, zinc, dan lain-lain. Vitamin dan mineral ini sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.

    7. Menjaga mood ibu hamil

    7. Menjaga mood ibu hamil
    Pexels/Denys Mikhalevych

    Perubahan suasana hati nggak jarang terjadi selama kehamilan. Lonjakan hormonal dan faktor lainnya menyebabkan ibu hamil merasa nggak mood sekaligus nggak bersemangat. Sirsak mengandung senyawa yang memfasilitasi pelepasan reseptor serotonin yang mengirimkan perasaan sejahtera dan bahagia.

    Hal ini memungkinkan Mama untuk merasa terangkat dan bahagia meskipun banyak ketidaknyamanan kehamilan yang mungkin Mama hadapi.

    Selain itu, hormon bahagia juga bermanfaat bagi bayi, karena ibu yang mengalami stres selama kehamilan cenderung mengalami komplikasi. 

    Cukup mengonsumsi setengah mangkuk buah sirsak setiap kali rasa cemas melanda, dan rilekskan tubuh dan otak mama dari berpikir terlalu banyak. Sirsak juga memiliki efek menenangkan yang membuat Mama merasa ringan dan meningkatkan mood.

    8. Meningkatkan kualitas tidur

    8. Meningkatkan kualitas tidur
    Freepik/karlyukav

    Selama kehamilan, tidur nyenyak merupakan fenomena langka. Setelah bayi lahir, tidur adalah sebuah kemewahan. Bukan, bukan bermaksud untuk menakuti Mama! Namun dengan semua yang terjadi di dalam tubuh yang memberi jalan bagi manusia kecil untuk berkembang, tidur tidak lagi menjadi prioritas. Menjadi seorang Mama adalah suatu hal yang luar biasa, dan jika Mama tidak bisa berhenti memikirkannya, Mama tidak akan bisa tidur.

    Sirsak memiliki efek menenangkan dan menenangkan pada pikiran dan tubuh. Sedikit buah sebelum tidur atau teh yang terbuat dari daun sirsak dapat membuat Mama merasa rileks dan melawan depresi dan kecemasan. 
    ‚Äč

    9. Membantu mengatasi sakit punggu

    9. Membantu mengatasi sakit punggu
    Freepik/yanalya

    Pada awal kehamilan, nyeri kehamilan yang normal biasanya terjadi. Jika Mama sedang berjuang melawan sakit punggung, atau peradangan apa pun, sirsak adalah buah yang tepat.

    Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak tanaman telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan penggunaannya telah terdokumentasi dengan baik dalam pengobatan tradisional.

    Karena tekanan berlebihan pada rahim, dan hormon relaxin yang memungkinkan otot mama meregang lebih banyak, tekanan menumpuk di punggung bawah dan panggul, sehingga membuat Mama sering mengalami kram di punggung. Mengonsumsi sirsak dapat membantu mengatasi kondisi ini.

    10. Menjaga kesehatan kulit

    10. Menjaga kesehatan kulit

    Sirsak dapat memabntu menjaga kesehatan kulit selama kehamilan. 

    Oleh karen itu, jika Mama mengalami masalah kulit selama kehamilan, cobalah untuk mengonsumsi sirsak. Antioksidan dari sirsak akan melindungi kulit mama dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan vitamin C akan memberikan kilau yang indah.

    Itulah manfaat sirsak untuk ibu hamil yang menyehatkan. Bukan membahayakan, buah sirsak malah memberi kebaikan untuk tubuh. Meski ibu hamil boleh mengonsusmi sirsak, tapi sebaiknya tidak berlebihan, karena dikhawatirkan bisa memicu diare.

    Baca juga:

    The Latest