5 Jenis Buah Penguat Kandungan untuk Cegah Keguguran

Selain bernutrisi, buah ini juga dapat menguatkan kandungan selama kehamilan, Ma

23 Juni 2020

5 Jenis Buah Penguat Kandungan Cegah Keguguran
Freepik/wavebreakmedia

Masa kehamilan, terutama di trimester pertama, adalah masa yang paling rentan bagi ibu hamil. Jika Mama memiliki kandungan lemah, pernah keguguran, atau terdiagnosis penyakit tertentu, maka Mama memiliki risiko untukmengalami keguguran.

Sebagian besar wanita mengalami penurunan daya tahan tubuh selama periode kehamilan sehingga berpotensi memengaruhi kesehatan janin. 

Namun jangan khawatir, Ma. Untuk mencegah terjadinya keguguran, dokter akan memberikan beberapa obat atau vitamin penguat kandungan.

Selain mengonsumsi vitamin, Mama juga dapat mengonsumsi makanan untuk memperkuat kandungan. Salah satunya adalah buah.

Saat hamil, Mama harus lebih selektif dalam memilih makanan demi kesehatan diri sendiri dan janin yang tengah dikandung. Untuk memastikan bahwa janin di dalam kandungan tumbuh dengan baik, Mama harus menyediakan nutrisi dan energi yang cukup.

Untuk membantu Mama menjaga kesehatan kandungan, Popmama.com mengulas lima jenis buah penguat kandungan untuk cegah keguguran.

1. Kurma

1. Kurma
Pexels/Dana Tentis

Kurma mengandung folat, zat besi, vitamin K, dan serat yang penting selama kehamilan. Folat yang terkandung dalam kurma akan membantu mengurangi kemungkinan cacat lahir.

Zat besi pada kurma dapat meningkatkan pasokan energi dan melawan anemia selama trimester pertama.

Selain itu, vitamin K membantu janin yang sedang tumbuh untuk mengembangkan tulang yang kuat. Nutrisi ini juga dapat meningkatkan fungsi otot dan saraf mama, lho.

Kandungan serat yang ada pada kurma juga akan membantu Mama mencegah sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil. Sedangkan kalium pada kurma membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan menurunkan tekanan darah.

Editors' Picks

2. Pisang

2. Pisang
freepik.com/freepik

Pisang kaya akan nutrisi, seperti kalium, vitamin B6, dan mangan. Pisang sangat tinggi folat dan dapat dengan mudah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan.

Serat pada pisang dapat membantu mengatasi sembelit selama kehamilan.

Di awal kehamilan, Mama sering mengalami mual dan muntah. Nah, jika Mama mengonsumsi pisang, vitamin B6 yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk meringankan mual dan muntah di trimester pertama.

3. Alpukat

3. Alpukat
freepik.com/dashu83

Mengandung folat, potasium, vitamin C dan vitamin B, alpukat merupakan pilihan tepat guna memenuhi kebutuhan nutrisi untuk memperkuat kandungan.  

Kandungan kalium dan magnesiumnya dapat meringankan mual yang Mama alami pada trimester pertama. Alpukat juga mengandung kolin yang penting untuk perkembangan otak dan saraf janin.

Yang tidak kalah penting, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan beragam zat mineral. Zat Mineral ini pun dapat membantu mengurangi rasa mual atau kram yang sering dialami oleh ibu hamil.

4. Blueberry

4. Blueberry
Freepik

Blueberry tak hanya kaya folat, tapi juga vitamin C, kalium, dan serat. Rasa asam, manis, dan segar pada buah ini juga dapat membantu Mama mengurangi rasa mual, lho.

Blueberry kaya vitamin C dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjauhkan Mama dari beragam penyakit yang membahayakan janin. Mengonsumsi blueberry saat hamil juga mampu mengurangi ancaman preeklampsia yang sering kali tidak dirasakan oleh Mama pada minggu ke-20 dan seterusnya.

5. Jeruk

5. Jeruk
freepik.com/pablesku

Termasuk juga buah-buah citrus sejenis seperti lemon dan jeruk nipis, mengonsumsi jeruk yang cukup akan membantu perkembangan tabung saraf janin.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kemungkinan cacat lahir yang bisa mulai terbentuk dari awal kehamilan.

Buah ini terkenal sebagai salah satu antioksidan yang akan melawan radikal bebas penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi jeruk, otomatis akan membantu memperkuat daya tahan tubuh mama selama kehamilan.

Vitamin C pada jeruk juga membantu penyerapan zat besi dengan lebih baik, ini berguna untuk mencegah anemia yang rentan dialami oleh ibu hamil.

Nah, itulah lima buah penguat kandungan untuk mencegah keguguran. Masa kehamilan merupakan saat yang tepat untuk mengubah pola makan, Ma. Selain baik untuk kesehatan tubuh Mama, ini juga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang janin.

Yuk, makan buah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.