Tak Cuma Enak dan Segar, Ini 10 Manfaat Buah Markisa untuk Ibu Hamil

Pilih markisa yang masih segar supaya manfaatnya maksimal, Ma

8 Mei 2020

Tak Cuma Enak Segar, Ini 10 Manfaat Buah Markisa Ibu Hamil
Freepik/Dashu 83

Buah-buahan menjadi salah satu asupan sehat yang penting dikonsumsi ibu hamil. Salah satu jenis buah populer yang difavoritkan adalah buah markisa alias passion fruit. Buah ini rasanya manis dan segar.

Buah markisa mengandung banyak nutrisi penting, tak hanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin esensial seperti vitamin A, B2, B3, B6 dan C.

Selain itu, buah markisa juga tinggi serat dan mengandung mineral penting seperti kalium, magnesium, fosfor, tembaga dan zat besi. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah markisa ini juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Dalam 100 gram buah markisa mengandung sekitar 97 kalori.

Nah, apakah buah markisa aman untuk ibu hamil? Dikutip dari Parenting First Cry, buah markisa sangat baik dan bermanfaat dikonsumsi ibu hamil. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, buah markisa tidak memberikan efek samping.

Lain halnya jika buah markisa dimakan terlalu banyak, beberapa keluhan yang sering terjadi di antaranya muncul nyeri perut, diare, dan kembung.

Apa saja sebenarnya manfaat dari buah markisa untuk ibu hamil, ya? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama:

1. Membantu menyehatkan pencernaan

1. Membantu menyehatkan pencernaan
Unsplash/Marcello Aquino

Selama kehamilan, perempuan seringkali mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan karena perubahan hormonal dalam tubuh. Buah markisa yang kaya akan serat pun baik dikonsumsi karena membantu membuat kinerja pencernaan menjadi lebih baik dan mengurangi masalah dalam sistem pencernaan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Unsplash/K15 Photos

Seperti diketahui, vitamin C kaya akan antioksidan yang merupakan senyawa alami untuk meningkatkan sistem kekebalan alami dalam tubuh. Buah markisa mengandung lebih dari 50 persen vitamin C per 100 gram, itulah sebabnya buah ini sangat bagus untuk ibu hamil yang ingin meningkatkan imun, Ma.

3. Menjaga kesehatan tulang

3. Menjaga kesehatan tulang
Pixabay/RitaE

Buah markisa juga kaya akan mineral seperti fosfor dan kalsium, oleh sebab itu konsumsi buah markisa pun membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi Mama. Mama pun terhindari dari risiko kekurangan kalsium selama kehamilan.

4. Mencegah insomnia

4. Mencegah insomnia
Pixabay/Rawpixel

Tahukah Mama bahwa insomnia menjadi salah satu masalah tidur yang juga bisa merusak kesehatan ibu hamil? Ya, sebab saat hamil kebutuhan akan istirahat juga menjadi salah satu hal penting. Nah, buah markisa kaya akan senyawa khas yang membantu mengurangi insomnia dan kecemasan berlebih. Ingat ya, sangat penting bagi Mama untuk bisa beristirahat maksimal agar tetap sehat. Demikian dilansir Being The Parent.

Editors' Picks

5. Membuat kulit jadi segar dan bercahaya

5. Membuat kulit jadi segar bercahaya
Pixabay/RitaE

Selama kehamilan, kulit rentan mengalami breaking out alias kerusakan. Terutama karena faktor hormonal dan pengaruh beberapa perubahan lainnya dalam tubuh. Buah markisa yang kaya akan vitamin A pun baik dikonsumsi, karena kandungan vitamin ini memengaruhi pigmen kulit, sehingga membantu kulit Mama terlihat lebih glowing.

6. Menjaga kesehatan mata

6. Menjaga kesehatan mata
Pixabay/Silviarita

Keuntungan besar lain dari vitamin A yang terdapat dalam buah markisa selain untuk kesehatan kulit adalah untuk kesehatan mata, Ma. Konsumsi buah markisa pun diyakini dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mengurangi timbulnya masalah pada mata. Mencukupi kebutuhan vitamin A juga mengurangi risiko katarak.

7. Memperbaiki sirkulasi dan kontrol tekanan darah

7. Memperbaiki sirkulasi kontrol tekanan darah
Pixabay/Israeldavid76

Saat sedang hamil, tubuh mama berbagi nutrisi dengan janin. Oleh sebab itu, sirkulasi darah yang baik pun menjadi sangat penting, supaya pembagian nutrisi tetap lancar. Kondisi ini bisa dibantu melalui kandungan zat besi tinggi yang ada dalam buah markisa.

Selain itu, kandungan kalium dalam buah markisa juga dapat membantu mengatur tekanan darah.

8. Mengurangi risiko masalah pernapasan

8. Mengurangi risiko masalah pernapasan
Pixabay/3557203

Masalah pernapasan sering menjadi keluhan yang banyak terjadi pada ibu hamil. Nah, konsumsi buah markisa pun bisa membantu Mama terhindari dari risiko masalah tersebut. Buah markisa dapat menjadi ekspektoran alami untuk membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan.

9. Mengurangi nyeri sendi

9. Mengurangi nyeri sendi
Pixabay/Huahom

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, sendi dan tulang cenderung menjadi lebih lemah. Salah satunya karena beban tubuh yang semakin berat. Dalam kondisi yang parah, gejala osteoporosis pun dapat lebih mudah muncul. Oleh sebab itu, konsumsi buah yang kaya mineral seperti markisa pun dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

10. Menjaga kilauan dan kesehatan rambut

10. Menjaga kilauan kesehatan rambut
Freepik/Dashu83

Apakah Mama mengalami kerontokan rambut yang parah dan folikel rambut jadi lemah saat hamil? Jika ya, cobalah untuk rutin makan buah markisa. Buah markisa yang kaya akan nutrisi ini juga dapat membantu menjaga rambut tetap sehat dan mengurangi kerontokan rambut.

Demikian informasi tentang ragam manfaat buah markisa untuk ibu hamil. Mama bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi buah markisa langsung maupun diolah menjadi jus rendah gula. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.