7 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berbuka Berpuasa

Selain rasanya yang segar, buah ini juga membawa manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil

2 Mei 2020

7 Buah Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berbuka Berpuasa
Unsplash/freestocks.org

Mengonsumsi buah baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil, terutama jika ibu hamil sedang berpuasa. Perlu Mama ketahui, buah yang terbaik adalah buah yang tidak mengalami proses pengolahan.

Makan buah segar itu lebih bagus daripada yang sudah diolah, apalagi sudah dikemas di dalam kaleng.

Begitupun bila mengonsumsinya dalam bentuk jus. Banyak orang yang seringkali menambahkan gula atau susu kental manis saat akan membuat jus. Hal tersebut tentu saja membuat buah tidak lagi sehat dan justru kelebihan banyak gula.

Saat berbuka puasa, tubuh memang membutuhkan asupan gula namun gula buah bisa menjadi pilihan terbaik.

Berikut ini Popmama.com rangkum 7 pilihan buah yang baik untuk Mama konsumsi saat berbuka puasa.

1. Kiwi

1. Kiwi
Unsplash/Lesly Juarez

Buah kiwi memang kecil ukurannya tapi besar manfaatnya. Ini adalah sumber makanan yang mengandung kalium, magnesium, vitamin E, dan serat.

Kandungan vitamin C di dalamnya adalah dua kali lipat dari jeruk. Hebat ya!

2. Apel

2. Apel
Unsplash/Caroline Attwood

Satu apel sehari dapat menghindarkan Mama dari penyakit.

Meskipun buah apel memiliki kandungan vitamin C rendah, ia memiliki antioksidan dan flavonoid yang membantu untuk menurunkan risiko kanker usus, serangan jantung, dan stroke.

Banyak vitamin dan flavonoid yang terkandung di kulitnya yang berwarna merah. Cuci sampai bersih dan langsung dimakan tanpa mengupas kulitnya adalah cara terbaik mengonsumsi buah apel.

Editors' Picks

3. Stroberi

3. Stroberi
Unsplash/Priscilla Fong

Stroberi dipercaya sebagai buah pelindung tubuh. Stroberi memiliki total kekuatan antioksidan tertinggi di antara buah-buahan yang tadi sudah disebut di atas dan melindungi tubuh dari penyebab kanker. Stroberi bisa menangkal radikal bebas.

Saat berbuka puasa, selain bisa mengonsumsinya langsung, kamu bisa membuat stroberi sebagai campuran sop buah dengan buah lainnya.

4. Jeruk

4. Jeruk
Unsplash/Mateus Bassan

Banyak sekali obat yang dibuat dengan rasa jeruk. Itu karena buah jeruk rasanya manis dan juga dapat diterima oleh banyak orang.

Mengambil 2-3 jeruk dalam sehari dapat membantu untuk menjauhkan ibu hamil dari serangan flu, batuk, dan sariawan.

Manfaat lainnya dari buah jeruk adalah menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan mencegah penyakit sariawan yang seringkali terjadi saat berpuasa. 

5. Semangka

5. Semangka
Unsplash/Juja Han

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Maka semangka cocok dijadikan buah untuk menghilangkan dahaga.

Semangka juga mampu menggantikan cairan yang hilang setelah seharian berpuasa. Dengan begitu Mama bisa terhindar dari risiko dehidrasi. Nutrisi lain yang ditemukan dalam semangka adalah vitamin C dan kalium.

6. Jambu biji

6. Jambu biji
mtv.f

Vitamin C yang ada di buah jambu juga sangat luar biasa, khasiatnya baik untuk melancarkan metabolisme tubuh. Jambu biji juga kaya serat, yang membantu mencegah sembelit, salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi saat puasa.

Pilihlah jenis jambu biji kesukaan Mama, baik itu jambu merah atau jambu kristal. Dengan begitu Mama akan lebih semangat saat mengonsumsinya.

7. Pepaya

7. Pepaya

Pepaya kaya akan karoten, ini baik untuk kesehatan mata Mama. Pepaya juga sejak lama terbukti ampuh untuk melancarkan pencernaan. Jadi tidak perlu khawatir sembelit meski sedang berpuasa.

Kolin di dalam pepaya terbukti efektif melawan peradangan kronis. Peradangan bisa terjadi pada tenggorokan, paru, usus, hingga sendi. 

Itulah 7 buah yang sebaiknya Mama konsumsi saat berbuka puasa. Buah-buahan tersebut akan membuat tubuh mama tetap fit meski sedang berpuasa saat hamil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.