7 Nama yang Dilarang dalam Islam untuk Diberi pada Anak

Setiap nama ada selipan doa, jadi pilihlah nama yang bermakna baik Ma

29 Maret 2019

7 Nama Dilarang dalam Islam Diberi Anak
Pixabay/Sathyatripodi

Dalam memilih dan memberikan nama untuk si Kecil, setiap orang tua tentu menyelipkan doa serta harapan untuk kehidupannya kelak. Tak heran jika kemudian proses memilih nama pun seringkali menjadi panjang.

Bagi Mama yang memeluk agama Islam, memilih nama juga tentunya memilih dengan makna yang baik ya, Ma. Oleh sebab itu, proses ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan perlu dikaji lebih dalam.

Jika Mama terlanjur menyukai sebuah nama, alangkah baiknya untuk dicek terlebih dahulu apakah nama tersebut memiliki makna baik atau justru sebaliknya. Ada beberapa nama yang sebaiknya tidak dipilih karena nama ini dilarang dalam Islam.

Hal ini umumnya dikarenakan nama tersebut memiliki arti yang kurang baik atau memiliki kisah sejarah buruk tersendiri di baliknya.

Berikut Popmama.com rangkum daftar nama-nama yang dilarang dalam Islam untuk diberikan kepada anak mama.

1. Nama yang artinya mengandung makna negatif

1. Nama arti mengandung makna negatif
Pixabay/PublicDomainPictures

Saat memberikan nama, tak sekadar memilih yang bagus dan populer tapi sebaiknya juga yang memiliki makna baik ya, Ma.

Di antara beberapa nama yang sebaiknya tidak digunakan adalah nama yang artinya mengandung makna negatif. Misalnya seperti Harb, Murrah, Kalb, Hayyah dan Jahsy.

Harb memiliki arti ‘perang’, Murrah artinya ‘pahit’, Kalb berarti ‘anjing’, Hayyah bisa dimaknai sebagai ‘ular’, sementara Jahsy artinya ‘kasar’.

2. Nama yang berhubungan dengan syahwat

2. Nama berhubungan syahwat
Pixabay/Profile

Bagi anak perempuan, memilih nama bagi orang tua juga harus menjadi perhatian utama. Jangan sampai namanya bagus diucapkan, namun justru berarti yang lain. Terutama yang artinya berkaitan dengan syahwat, Ma.

Misalnya seperti Ahlaam yang bermakna ‘impian’, Ariij yang berarti ‘wangi’, serta Syaadiyah yang berarti ‘seorang biduanita’.

Sebisa mungkin, hindari juga penggunaan nama yang bisa bermakna ambigu seperti Ghaadah. Nama ini bisa diartikan sebagai ‘gadis lembut’.

3. Nama tokoh-tokoh yang dikenal zhalim

3. Nama tokoh-tokoh dikenal zhalim
Pixabay/Marvelmozhko

Seperti diketahui, dalam sejarah penyebaran Islam ada beberapa nama tokoh yang dikenal menentang dan tak segan berperilaku kasar. Di antaranya seperti Fir’aun, Qaarun dan Haamaan.

Oleh sebab itu, penggunaan nama ini pun sebaiknya tak Mama berikan untuk si Kecil nanti, ya.

Editors' Picks

4. Nama yang bermakna dosa dan maksiat

4. Nama bermakna dosa maksiat
Pixabay/PublicDomainPictures

Beberapa nama juga sebaiknya tak diberikan untuk si Kecil karena dalam Islam nama ini memiliki arti yang mengarah pada perilaku maksiat. Jadi, lebih baik pilih nama yang lain saja ya, Ma.

Misalnya seperti Zhaalim dan Sarraq. Nama Zhaalim memiliki makna sebagai ‘orang yang lalim’. Sementara Sarraq artinya ‘pencuri’.

5. Nama yang mirip bermakna berhala

5. Nama mirip bermakna berhala
Pixabay/Virvoreanu-Laurentiu

Nama lain yang sebaiknya juga tak diberikan untuk anak adalah nama-nama serupa seperti berhala alias patung yang disembah, Ma.

Salah satunya seperti Isaaf. Nama Isaaf juga seringkali diubah sedikit menjadi Israf, namun sebenarnya nama ini juga memiliki makna yang kurang baik sehingga sebaiknya tak diberikan untuk si Kecil.

Dalam bahasa Arab, Israf artinya berlebihan atau melampaui batas. Nama ini pun bisa diartikan sebagai seseorang yang berlebihan dan melampaui batas dalam menggunakan sesuatu.

6. Nama yang mengarah pada perilaku tidak baik

6. Nama mengarah perilaku tidak baik
Pixabay/PublicDomainPictures

Beberapa nama yang sebaiknya juga tak dipilih sebagai nama anak karena memiliki makna mengarah pada perilaku tidak baik misalnya Asyar (jahat), Balidah (bodoh), Asyirah (tidak bersyukur), Ghasibah (perampas), dan Haqidah (dengki).

Ada pula Sakirah (pemabuk), Syariqah (pencuri) dan Waqihah (kurang sopan). Jadi, pilih-pilih lagi dengan cermat sebelum memberikan nama untuk si Kecil ya, Ma.

7. Nama yang bermakna gelar khusus untuk nabi

7. Nama bermakna gelar khusus nabi
Pixabay/PublicDomainPictures

Ya, memberikan nama yang bermakna gelar khusus untuk para nabi juga sebaiknya tidak dilakukan. Misalnya seperti Khalilullah yang artinya kekasih Allah, sebuah gelar yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS.

Nama Ruhullah yang artinya roh Tuhan juga sebaiknya tidak diberikan. Ini adalah gelar khusus yang diberikan kepada Nabi Isa AS karena terlahir murni dari kuasa Allah SWT.

Nah, Ma. Yuk coba lebih cermat lagi dalam memilih nama untuk si Kecil. Cari berbagai sumber terpercaya supaya Mama tidak keliru dalam memberikan nama, yang tentunya harus bermakna baik dan berisi doa serta harapan untuk kehidupan anak kesayangan Mama dan Papa.

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Temukan juga pilihan nama bayi lainnya!

Baca juga: Daftar Nama Bayi yang Dipercaya Akan Memberi Keberuntungan

Baca juga: 7 Kategori Pilihan Nama Bayi yang Populer di Tahun 2019

Baca juga: 17 Nama Bayi Arab untuk Anak Perempuan yang Tren Tahun 2019

Baca juga: 10 Nama Bayi Perempuan yang Berasal dari Jenis-Jenis Bunga

Baca juga: 15 Nama Bayi Perempuan yang Berasal dari Bahasa Jepang

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!