Makanan dan Minuman Terbaik untuk Ibu Hamil Selama Puasa

Konsumsi makanan bergizi dapat membuat Mama tetap sehat selama berpuasa

1 Mei 2020

Makanan Minuman Terbaik Ibu Hamil Selama Puasa
Freepik/rawpixel.com

Ketika Mama sedang hamil, Mama sebenarnya tidak diwajibkan untuk berpuasa. Mama dapat mengganti puasa nanti setelah melahirkan.

Namun, jika Mama memutuskan untuk berpuasa selama masa kehamilan, pastikan Mama mengonsumsi makanan bergizi seimbang selama sahur dan berbuka puasa.

Makanan bergizi dapat membantu Mama untuk mempertahankan berat badan. Selain itu juga dapat mencegah beberapa masalah yang sering dialami selama berpuasa, seperti:

  • Sembelit,
  • Sakit kepala,
  • Gangguan pencernaan,
  • Lemas dan lesu.

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang berpuasa selama bulan Ramadan mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat badan selama kehamilan bisa berbahaya bagi janin, jadi pastikan Mama mengonsumsi makanan yang bergizi.

Jadi makanan dan minuman apa yang baik untuk dikonsumsi oleh Mama selama berpuasa? Popmama.com punya daftarnya untuk Mama.

1. Makanan berbuka puasa yang ideal selama kehamilan

1. Makanan berbuka puasa ideal selama kehamilan
Freepik/valeria_aksakova

Untuk mengawali berbuka puasa, Mama bisa mengonsumsi makanan berikut:

  • Tiga buah kurma dan jus buah untuk mengembalikan kadar gula menjadi normal,
  • Susu semi skim,
  • Sup bening.

Kemudian dilanjutkan dengan:

  • Salad,
  • Protein dari ayam dan daging atau ikan lainnya,
  • Lentil, buncis, atau kacang-kacangan,
  • Karbohidrat kompleks dari beras merah, pasta gandum dan roti gandum,
  • Banyak sayuran.

Hindari konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Karena makakan ini tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan bagi Mama dan janin. Jenis makanan ini juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagai gantinya, Mama dapat mengonsumsi makanan yang dipanggang.

Editors' Picks

2. Minuman ideal untuk berbuka puasa

2. Minuman ideal berbuka puasa
Freepik

Yang terbaik adalah tidak minum kopi dan teh karena bersifat diuretik. Ini berarti bahwa kopi dan teh dapat membuat Mama kehilangan lebih banyak air saat buang air kecil. Mengeluarkan urin terlalu banyak dapat membuat Mama dehidrasi.

Selain itu, makan diselingi minum kopi dan teh juga dapat mengurangi jumlah zat besi yang dapat diserap tubuh. Padahal zat besi ini dibutuhkan oleh tubuh Mama selama kehamilan, salah satunya adalah membawa pasokan oksigen di dalam darah.  

Sebaiknya Mama tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein dalam sehari ketika hamil. Itu setara dengan 2 cangkir kopi instan. Jangan lupa, Ma, coklat dan teh hijau juga mengandung kafein.

Alih-alih kopi dan teh, perbanyaklah minum air putih. Untuk menambah rasa, Mama dapat menambah sepotong jeruk nipis atau lemon. Jus buah juga merupakan pilihan yang baik karena akan memberikan beberapa vitamin yang dibutuhkan saat hamil. Mama juga bisa mencoba smoothie yang dibuat dari susu, yogurt, es, dan buah.

Apakah Mama Harus Mengonsumsi Makanan Utama saat Sahur?

Apakah Mama Harus Mengonsumsi Makanan Utama saat Sahur
Freepik/Angelina-Zinovieva

Sahur adalah salah satu momen penting. Menu sahur yang baik dapat membuat Mama tetap berenergi di siang hari sampai waktunya berbuka. Sahur yang baik juga dapat mengurangi rasa lapar, sakit kepala, dan mengantuk.

Jadi apa yang sebaiknya Mama konsumsi pada waktu sahur? Pilih makanan yang sehat dan padat. Makanan ini menyediakan energi yang cukup untuk Mama sepanjang hari.

Makanan tinggi serat dan karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, merupakan pilihan yang baik.

Tubuh Mama membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah dan menyerap makanan-makanan ini, sehingga Mama dapat bertahan selama jam puasa.

Makanan sehat yang dapat Mama konsumsi di waktu sahur dapat berupa:

  • Roti gandum, dengan sedikit selai atau keju,
  • Sereal berserat tinggi dengan susu semi skim,
  • Bubur,
  • Buah segar dan kering, seperti pisang dan kurma.

Tips agar Tetap Sehat Selama Puasa

Tips agar Tetap Sehat Selama Puasa
Freepik

Selama Ramadan, tingkat aktivitas Mama cenderung menurun. Namun tubuh mama bekerja dua kali lebih keras selama hamil, ini mungkin dapat menyebabkan Mama merasa lelah dan lesu.

Sehingga, agar tepat sehat selama berpuasa, simak tips berikut:

  • Batasi permen dan makanan penutup tinggi gula dan tinggi lemak. Mama dapat mengonsumsi makanan jenis ini sekali seminggu. Buah segar adalah alternatif yang bagus.
  • Setelah makan malam, santai sejenak, lalu bangkit dan bergerak.
  • Hindari ngemil di malam hari sebelum tidur, tetapi pastikan Mama tidak melewatkan waktu sahur.
  • Minumlah banyak air antara waktu berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi.

Itulah daftar makanan dan minuman terbaik saat berpuasa untuk ibu hamil yang menjalankan puasa. Apakah Mama punya tips khusus untuk berpuasa selama masa kehamilan? Yuk, komen di bawah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.