9 Efek Sering Telat Makan saat Hamil Sebabkan Gangguan Kesehatan

Bagaimanapun keadaannya, diusahakan untuk makan tepat waktu ya Ma

30 Juni 2020

9 Efek Sering Telat Makan saat Hamil Sebabkan Gangguan Kesehatan
Freepik

Ibu hamil seringkali merasa hilang nafsu makan. Padahal tubuhnya memerlukan banyak nutrisi. Bila nafsu makan tak kunjung membaik dan ibu hamil mengabaikannya, maka bisa berdampak pada janin di dalam kandungan. Apakah Mama juga sering merasa kehilangan nafsu makan seperti ini?

Biasanya kalau sudah begini, jadwal makan mama akan berantakan. Jadwal makan yang berantakan bisa membuat ibu hamil berisiko mengalami penyakit dan menurunnya daya tahan tubuh.

Berikut Popmama.com rangkum masalah kesehatan yang bisa terjadi bila ibu hamil sering telat makan:

1. Kenaikan berat badan signifikan

1. Kenaikan berat badan signifikan
Freepik/yanalya

Ini sebaiknya jangan sampai terjadi di kehamilan trimester ketiga. Kecuali kalau kenaikan berat badan secara signifikan tersebut disarankan oleh dokter kandungan mama.

Jika Mama ingin menurunkan berat badan dengan cara melompati jam makan, maka Mama salah. Sebab kebiasaan tersebut justru akan menimbulkan kekacauan sistem tubuh yang berakhir dengan kenaikan berat badan.

Sedang hamil tua, jangan begitu ya Ma. Ini bisa memengaruhi perkembangan janin juga.

2. Perubahan hormon

2. Perubahan hormon
Freepik/yanalya

Bila Mama melewatkan waktu makan, maka keseimbangan hormon dalam tubuh bisa ikut terpengaruh. Kortisol akan meningkat dan membuat Mama menjadi stres.

Perubahan hormon ini juga berkontribusi terhadap peningkatan berat badan. Bahkan tidak jarang juga bisa membuat Mama mudah kelelahan.

3. Masalah pencernaan

3. Masalah pencernaan
Freepik/pressfoto

Mama disarankan untuk makan tiga kali sehari dengan menu yang sehat. Hal ini bertujuan agar fungsi sistem pencernaan mama menjadi sehat.

Penting banget untuk memerhatikan poin ini, masalah pencernaan sebaiknya dicegah oleh ibu hamil.

Editors' Picks

4. Mudah lelah

4. Mudah lelah
Freepik

Makan tidak teratur akan memperlambat sistem metabolisme tubuh dan mampu membuat Mama menjadi lebih mudah lelah. Hal ini tentu saja mampu memengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem kesehatan tubuh.

5. Memengaruhi kebiasaan makan

5. Memengaruhi kebiasaan makan
Freepik/freepic.diller

Melompati jam makan tentu akan memengaruhi kebiasaan makan mama. Oleh karena itu jangan sesekali melompati waktu makan. Meski hilang nafsu makan, tetaplah berusaha untuk mengonsumsi sesuatu ya Ma. Setidaknya makan sereal atau buah-buahan seperti apel dan pepaya.

6. Risiko diabetes gestasional

6. Risiko diabetes gestasional
Freepik/dashu83

Jika Mama adalah pasien diabetes, melewatkan jam makan mampu membawa dampak serius pada kesehatan tubuh. Kekurangan glukosa akan membuat penyakit mama lebih parah.

Padahal diabetes yang diderita saat hamil bisa menyebabkan sejumlah risiko seperti berat badan janin berlebih hingga terjadinya proses persalinan caesar.

7. Mood swing

7. Mood swing
Unsplash/Kristina Bratko

Pernahkah Mama merasa marah saat lapar? Hal tersebut menjadi salah satu akibat dari kebiasaan melompati jam makan. Ini ada kaitannya dengan kemampuan metabolisme tubuh dan perubahan hormon mama juga lho.

8. Penurunan kesehatan otak

8. Penurunan kesehatan otak
Unsplash/Priscilla Du Preez

Bahaya banget nih, Ma. Glukosa merupakan bahan bakar pada otak. Oleh karena itu saat Mama melewatkan jam makan, glukosa dalam tubuh akan berkurang dan otak tidak bisa berfungsi dengan baik.

Mama memerlukan energi yang sepadan untuk menunjang kegiatan sehari-hari, termasuk untuk mensuplai makanan bagi janin. Jadi jangan sampai rugi dua kali ya Ma, karena jadwal makan yang berantakan.

9. Makan lebih banyak

9. Makan lebih banyak
Freepik/nensuria

Saat seseorang melewatkan jam makan, seringkali akan makan lebih banyak di waktu makan berikutnya. Porsinya pun menjadi tidak terkontrol. Tidak jarang karbohidratnya malah berlebihan.

Hal ini tentu saja lebih berbahaya sebab perut yang kosong akan langsung bekerja keras mencerna makanan yang masuk dalam jumlah banyak.

Itulah 9 masalah kesehatan jika Mama suka telat makan. Oleh karena itu jangan pernah beranggapan bahwa melewatkan jam makan bisa sepele atau tidak berdampak apapun pada kesehatan tubuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.