5 Manfaat Tersembunyi saat Mengonsumsi Daun Seledri untuk Ibu Hamil

Manfaat daun seledri penting diketahui selama masa kehamilan nih, Ma!

19 September 2020

5 Manfaat Tersembunyi saat Mengonsumsi Daun Seledri Ibu Hamil
freebigpictures.com

Daun seledri termasuk salah satu sayuran yang sering ditemui sebagai pelengkap beberapa makanan. Biasanya seledri dipotong halus, kemudian dicampurkan ke dalam sup atau bakso. 

Namun, banyak orang yang belum mengetahui kalau daun seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan khususnya ibu hamil. Sebelum dikonsumsi, daun seledri perlu dibersihkan dengan baik agar terhidari dari berbagai bakteri atau pestisida dan memperburuk kondisi kehamilan. 

Daun seledri memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang lebih kuat dan sehat selama hamil. 

Untuk Mama yang sedang hamil, kali ini Popmama.com telah merangkum lima manfaat daun seledri untuk ibu hamil. 

1. Mengatur tekanan darah tinggi menjadi lebih stabil 

1. Mengatur tekanan darah tinggi menjadi lebih stabil 
realworldgardener.blogspot.com

Ma, hipertensi atau kondisi tekanan darah tinggi dapat terjadi pada siapa saja termasuk ibu hamil. Jika mengalami hipertensi tanpa ditangani dengan baik, maka dapat memengaruhi kondisi aliran darah ke plasenta. Situasi ini dapat membuat aliran darah menjadi tidak lancar dalam waktu sementara. 

Perlu diketahui apabila plasenta tidak mendapatkan cukup aliran darah, maka asupan nutrisi dan oksigen untuk janin akan terpengaruh. Kondisi hipertensi selama masa kehamilan dapat terjadi karena hormon ibu hamil sedang memuncak. 

Untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi selama masa kehamilan, sebaiknya Mama mengonsumsi daun seledri secara rutin. Seledri dapat membantu menjauhkan kehamilan dari risiko stroke, masalah jantung, hingga aterosklerosis karena adanya penumpukan kolesterol.

Seledri mengandung senyawa kimia organik yang disebut dengan phthalides, sehingga dapat membantu mengurangi hormon stres, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi tekanan darah menjadi lebih stabil. 

Editors' Picks

2. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh

2. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh
Freepik/ollyy

Ibu hamil tentu ingin memiliki sistem kekebalan tubuh yang selalu optimal hingga proses persalinan. Ini seolah menjadi impian semua orang, namun sayangnya tidak diimbangi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi. 

Padahal mengonsumsi makanan sehat berguna untuk tumbuh kembang janin menjadi lebih optimal. Mama dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi seledri karena seledri memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dengan kandungan gizi tersebut Mama juga bisa terbebas dari risiko terkena flu selama masa-masa kehamilan. 

Kandungan antioksidan di dalam daun seledri juga dapat meningkatkan kekebalan serta melindungi janin dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya. 

3. Memperkuat persendian selama hamil untuk menjalani aktivitas

3. Memperkuat persendian selama hamil menjalani aktivitas
Freepik/tirachard

Kehamilan yang telah masuk trimester ketiga seringkali membuat tubuh mula merasa kelelahan, apalagi saat berat badan si Kecil bertambah cukup banyak. Kondisi inilah yang membuat banyak ibu hamil mulai sering kelelahan dan tidak dapat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. 

Padahal persendian sehat selama hamil sangat dibutuhkan agar dapat membuat tubuh lebih mudah bergerak saat melakukan aktivitas. Jika sedang berusaha mewujudkan keinginan ini, sebaiknya ibu hamil mulai memperbanyak asupan seledri di beberapa makanan. 

Dilansir dari Boldsky, daun seledri sebagai sayuran dapat meningkatkan regenerasi jaringan di sendi saat mulai mengalami peradangan. 

Daun seledri yang biasanya dimakan bersamaan dengan kuah bakso memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga membantu meminimalkan rasa sakit dan bengkak di sekitar persendian selama masa-masa kehamilan. 

Mengonsumsi seledri secara rutin juga dapat berfungsi sebagai diuretik alami yang mampu menghilangkan akumulasi kristal asam urat persendian. Mulai sekarang tambahkan seledri di beberapa makanan demi mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit di persendian yuk, Ma. 

4. Memenuhi kebutuhan cairan untuk mencegah dehidrasi

4. Memenuhi kebutuhan cairan mencegah dehidrasi
Pixabay/McJapid

Dilansir dari Boldsky, seledri mengandung tinggi asam folat, kalium, dan vitamin C yang baik dikonsumsi selama masa-masa kehamilan.

Selain dapat mengonsumsi daun seledri dengan menambahkannya ke dalam sajian makanan di rumah, Mama dapat mengolah seledri menjadi jus sehat.

Perlu Mama tahu kalau jus seledri mengandung banyak mineral dan dapat membantu menambah energi yang hilang ketika ibu hamil mulai lelah. Ini setidaknya dapat memenuhi kebutuhan cairan pada ibu hamil untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 

Dehidrasi saat hamil perlu dihindari agar tidak membahayakan diri sendiri dan janin di dalam kandungan. Waspada bila sudah ada tanda-tanda dehidrasi seperti sering pusing, mulut terasa kering, air seni berwarna keruh, hingga bibir pecah-pecah. 

Jika beberapa tanda dehidrasi sudah semakin terlihat, sebaiknya Mama mengonsumsi jus seledri agar kondisi kesehatan semakin optimal. Untuk menambah rasa, Mama bisa mencampur jus seledri dengan buah-buahan lain yang lebih segar.

5. Menenangkan serta meningkatkan kesehatan sistem saraf

5. Menenangkan serta meningkatkan kesehatan sistem saraf
Pixabay/ptanpm

Ibu hamil cukup rentan mengalami kekakuan saraf disela-sela kehamilannya. Mama bisa meredakan kekakuan saraf melalui sebuah pijatan ringan, sehingga urat dan saraf bisa lebih rileks. 

Selain sebuah pijatan untuk menghindari saraf terjepit dan kekakuan, ibu hamil juga dapat mengonsumsi seledri secara rutin. Kandungan kalsium yang tinggi di dalam sayuran ini dapat membantu menenangkan saraf selama kehamilan serta meningkatkan kesehatan sistem saraf. 

Demi meminimalkan permasalahan ini selama masa kehamilan, Mama perlu memperbanyak konsumsi seledri ke dalam menu makanan sehari-hari, guna menenangkan saraf selama masa-masa kehamilan. 

Nah, itu dia beberapa manfaat daun seledri untuk ibu hamil yang bisa Mama dapatkan. Proses pengolahan yang tepat dan rutin dikonsumsi tentu dapat membantu ibu hamil terhindari dari berbagai penyakit. 

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat selama kehamilan ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.