7 Manfaat Menyantap Timun Suri untuk Ibu Hamil

Tidak cuma segar, timun suri ternyata bermanfaat untuk ibu hamil

18 Mei 2019

7 Manfaat Menyantap Timun Suri Ibu Hamil
petaniindo.com

Timun suri termasuk dalam jenis labu-labuan, dalam bahasa Latin disebut Cucurbitaceae.

Buah berbentuk lonjong kekuningan ini cukup familier di kalangan masyarakat Indonesia.

Apalagi saat bulan puasa, es timun suri kerap menjadi penyegar dahaga saat waktu buka puasa tiba.

Tekstur timun suri sedikit banyak mirip blewah atau melon. Rasanya memang cenderung tawar jika dimakan begitu saja. Itulah mengapa orang banyak mengolah timun suri dengan tambahan sirup. Diberi es batu, es timun suri siap menemani camilan untuk berbuka puasa Mama.

Kesegaran timun suri rupanya juga didapat dari kandungan air dan aneka zat di dalamnya. Mulai dari glukosa, fluktosa, vitamin A dan C, asam linoleat, potasium, kalium, saponin, hingga magnesium. Dengan kandungan nutrisi melimpah, ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi buah timun suri.

Lalu, apa saja manfaat timun suri untuk ibu hamil? Berikut jawabannya.

1. Melancarkan pencernaan dalam tubuh

1. Melancarkan pencernaan dalam tubuh
Freepik/Petzshadow

Sudah rahasia umum ibu hamil sering mengalami sembelit. Tentu ini membuat perut Mama terasa tidak nyaman.

Mengonsumsi timun suri bisa membantu melancarkan pencernaan, Ma. Kandungan air dalam timun suri tergolong banyak, sehingga bisa memelihara sistem pencernaan lebih baik.

2. Meningkatkan kecerdasan otak janin

2. Meningkatkan kecerdasan otak janin
Freepik/Wavebreakmedia

Janin yang tengah berkembang dalam rahim Mama butuh asupan nutrisi seimbang. Nutrisi ini tidak hanya diperoleh melalui konsumsi vitamin prenatal saja, tetapi juga dari apa yang Mama makan dan minum.

Menyantap buah timun suri dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak janin jika dilakukan secara teratur.

Imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lainnya agar pertumbuhan janin kian maksimal.

3. Sebagai sumber antioksidan

3. Sebagai sumber antioksidan
Pixabay/silviarita

Ibu hamil rentan terkena bakteri, virus, maupun zat-zat polutan berbahaya. Maka, tubuh Mama perlu “pelindung” ekstra agar kesehatan diri dan janin selama hamil dapat terjaga baik.

Timun suri ternyata juga bisa berfungsi sebagai sumber antioksidan bagi tubuh.

Kandungan kalium, magnesium, mangan, vitamin A, B, dan C dalam timun suri dimanfaatkan tubuh Mama untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh Mama dan berpotensi mengganggu perkembangan janin.

Editors' Picks

4. Memelihara sistem kekebalan tubuh

4. Memelihara sistem kekebalan tubuh
Freepik/Yanalya

Mama mudah terserang flu saat hamil? Bisa jadi sistem kekebalan tubuh Mama kurang terjaga, sehingga penyakit mudah mampir.

Perbanyak konsumsi buah timun suri untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam timun suri mampu memelihara imunitas tubuh Mama agar lebih tahan banting dan tidak mudah sakit.

5. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

5. Menjaga kesehatan tulang sendi
babycenter.com

Sepanjang masa kehamilan, Mama kerap mulai mengeluhkan rasa pegal, punggung sakit, dan pinggang nyeri. Semua itu disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan karena tubuh Mama terus beradaptasi dengan perut dan bobot janin yang kian bertambah.

Olahraga ringan bisa membantu Mama mengurangi keluhan tersebut. Selain itu, Mama juga dapat menyantap timun suri karena buah ini mengandung aneka senyawa yang menjaga kesehatan tulang, seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, asam folat, dan kalsium.

Sementara itu, kandungan silika dalam timun suri membantu tubuh Mama menjaga persendian dengan baik.

6. Cocok dikonsumsi pengidap diabetes

6. Cocok dikonsumsi pengidap diabetes
Pixabay/stevepb

Mama yang hamil dengan riwayat diabetes tentu perlu ekstra hati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Harus memperhatikan betul nutrisi pada tiap jenis hidangan dan mengatur pola makan sedemikian rupa.

Buah timun suri termasuk buah yang disarankan untuk pengidap diabetes. Kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh karena tergolong karbohidrat ringan.

7. Menjaga kestabilan tekanan darah

7. Menjaga kestabilan tekanan darah
cafemom.com

Ibu hamil perlu memantau tekanan darah secara berkala. Terlalu tinggi atau terlalu rendah, keduanya sama-sama bisa berbahaya bagi Mama dan bayi dalam kandungan.

Mengonsumsi timun suri mampu menjaga kestabilan tekanan darah karena kandungan serat, potasium, asam linoleat, magnesium, dan saponin di dalamnya.

Tidak hanya menjaga kestabilan tekanan darah, timun suri juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Kondisi kadar kolesterol dan kestabilan tekanan darah yang baik akan berpengaruh pada kesehatan jantung Mama selama hamil, terutama saat menjelang persalinan.

Demikian 7 manfaat menyantap timun suri untuk ibu hamil. Mama bisa mengolahnya menjadi aneka minuman segar agar lebih nikmat. Bagaimana, Ma, tertarik mencobanya sekarang?

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;