Anak Pertama Marcell Darwin Tersenyum dalam Kandungan. Kok Bisa?

Ada alasan di balik bayi tersenyum walau masih berada dalam kandungan nih, Ma!

23 Juni 2020

Anak Pertama Marcell Darwin Tersenyum dalam Kandungan. Kok Bisa
Instagram.com/marcelldarwin

Marcell Darwin dan Fasty Nabila termasuk salah satu pasangan artis yang sebentar lagi akan resmi berperan sebagai orangtua di pertengahan tahun 2020 ini. Kini usia kandungan sang Istri berada di fase trimester ketiga kehamilan bahkan sudah menjelang persalinan, tepatnya di minggu ke-36. 

Demi memerhatikan kondisi kesehatan anak pertamanya, pasangan ini meluangkan waktu untuk memeriksakan kesehatan jelang persalinan ke dokter sekaligus melakukan ultrasonography (USG) untuk bertemu dengan si Kecil. 

USG seringkali dilakukan oleh ibu hamil untuk melihat pertumbuhan serta memeriksa kondisi bayi sesuai dengan usia kehamilannya. Selain bermanfaat selama masa kehamilan, ada juga yang menarik karena kamera USG bisa saja menangkap beragam pose bayi selama berada di dalam kandungan. 

Ketika melakukan USG di RSIA Bina Medika daerah Bintaro, anak pertama Marcell Darwin tampak tersenyum. 

"Jagoan gue lagi senyum nih!" tulis Marcell Darwin di dalam sebuah foto unggahannya. 

Anak pertama mereka seolah memperlihatkan raut wajah sedang tersenyum saat menjalani USG. 

Perlu diketahui bahwa afirmasi positif selama masa kehamilan dapat memengaruhi kondisi bayi yang terlihat tersenyum ketika sedang melakukan USG. 

Jika Mama ingin mengetahui alasan bayi bisa tersenyum di dalam kandungan, kali ini Popmama.com telah merangkum penjelasannya. 

Editors' Picks

1. Suasana hati ibu hamil memengaruhi kondisi janin 

1. Suasana hati ibu hamil memengaruhi kondisi janin 
Instagram.com/fastynabila

Dilansir dari Pregnancy, Birth and Baby, ketika suasana hati ibu hamil selalu gembira dan riang, maka dapat ditularkan ke janin walau masih berada di dalam kandungan. 

Kebahagiaan janin di dalam kandungan bisa terjadi saat Mama melakukan stimulasi seperti ketika sedang tertawa lepas, mengusap-usap bagian perut, hingga mengajaknya berbicara. 

Walau terkesan sederhana, namun suasana hati janin dapat berubah-ubah sesuai dengan apa yang dirasakan sang Mama saat hamil. 

2. Bayi yang tersenyum di dalam kandungan mengartikan bahwa adanya proses pematangan otak pada janin

uluu~~uluuuuu~~~

A post shared by Nabila Faisal Darwin (@fastynabila) on

Dilansir dari The Times Of India, ekspresi gerakan wajah yang diperlihatkan oleh janin ketika USG menjadi bukti bahwa proses perkembanganya berjalan dengan baik. Bahkan ini berkaitan dengan proses pematangan otak janin, walau masih berada di dalam kandungan. 

Perlu diketahui bahwa dalam bagian otak manusia sebelah kanan berkaitan dengan kemampuan emosi serta gerakan mulut sebelah kiri. Sementara itu, otak bagian kiri berkaitan erat dengan kemampuan bayi untuk belajar bahasa dan mengontrol bagian kanan mulut. 

Peneliti menyimpulkan bahwa gerakan mulut bayi di dalam kandungan berkaitan dengan kemampuan emosinya. 

Studi ini seolah ingin memberikan gambaran bahwa kehamilan yang sehat secara fisik dan mental juga dapat memengaruhi perkembangan janin. Kehamilan yang sehat juga akan memengaruhi kesehatan janin dan sang Mama. 

3. Tertawa dan bahagia selama hamil dapat meningkatkan kesehatan kandungan 

3. Tertawa bahagia selama hamil dapat meningkatkan kesehatan kandungan 
Instagram.com/fastynabila

Ibu hamil yang sering tertawa selama menjalani masa-masa kehamilan akan memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan juga bayi di dalam kandungan. 

Ada segudang manfaat yang tanpa disadari akan terasa usai tertawa apalagi janin di dalam kandungan pun ikut menyerap segala emosi yang Mama ekspresikan. 

Kebahagiaan selama hamil bisa diciptakan dengan tertawa. Mama bisa menonton film komedi atau berkumpul dengan orang-orang yang humoris.

Tertawa sebenarnya sama seperti Mama sedang berolahraga. Tanpa disadari, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan saat sedang tertawa. Manfaat dari tertawa yang perlu Mama ketahui, seperti: 

  • Melatih kinerja otot-otot jantung,
  • memperlancar sirkulasi darah,
  • meningkatkan sistem imun dalam tubuh,  
  • mempercepat aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh,
  • memperlacar asupan gizi dan nutrisi agar bisa sampai ke janin,
  • membantu melawan beragam jenis penyakit yang diproduksi oleh tubuh, 
  • mengurangi tingkat stres karena tertawa dapat merangsang keluarnya hormon endorfin dan serotonin yang membuat mood menjadi lebih tenang tanpa ada rasa gelisah.

Itulah beberapa penjelasan terkait bayi yang bisa tersenyum di dalam kandungan serta pentingnya bahagia selama masa kehamilan.  

Sehat-sehat terus untuk Fasty Nabila hingga proses persalinan! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.