20 Foto Ini Menunjukan Realita Hidup Perempuan dengan PCOS

Begini realitas hidup orang yang terkena PCOS

24 Mei 2018

20 Foto Ini Menunjukan Realita Hidup Perempuan PCOS
Freepik/yanalya

Sudah mendengar gangguan hormonal bernama PCOS belum, Ma?

PCOS atau polycystic ovary syndrome ini merupakan sebuah gangguan keseimbangan secara hormonal yang dialami oleh perempuan. Akan itu gejala-gejala yang bisa mempengaruhi periode kesuburan, pertumbuhan rambut hingga berat badan.

Sindrom yang ada di dalam tubuh perempuan ini biasanya akan memproduksi hormon laki-laki (androgen) secara tidak wajar atau bisa dikatakan berlebihan nih, Ma. Jika hormon ini tidak sesuai dengan porsinya, kondisi fisik perempuan yang terkena sindrom PCOS akan terganggu.

Mungkin Mama penasaran nih, sebenarnya gimana gambaran dari perempuan yang mengalami PCOS. Untuk menghilangkan rasa penasaran Mama, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa anggota dari Komunitas BuzzFeed yang terkena PCOS.

1. Menghacurkan tuba fallopi

1. Menghacurkan tuba fallopi
Buzzfeed.com/ilovetacos39

Saat berusia 17 tahun ada kista seberat 3,5 kg yang menghancurkan tuba fallopi saya. Ini cerita yang sangat dramatis saat saya harus memulai perjalanan PCOS.

2. Rambut semakin menipis

2. Rambut semakin menipis
Buzzfeed.com/chloeg433ac8477

Dulu saya memiliki rambut yang sangat tebal. Namun setelah sadar terkena PCOS, rambut saya semakin mengalami penipisan. Kondisi seperti ini sangat penting untuk dibicarakan karena tidak mudah dipahami semua perempuan.

3. Kulit jadi sensitif

3. Kulit jadi sensitif
Buzzfeed.com/heatherp40c82dcc2

PCOS membuat kulit saya jadi sensitif. Pisau cukur yang beberapa produk lainnya membantu mencegah saya berubah menjadi perempuan berjenggot dan mengatasi benjolan merah.

4. Belasan pil diminum untuk bisa hamil

4. Belasan pil diminum bisa hamil
Buzzfeed.com/amyl4148b97bd

Ini adalah obat-obatan berharga saya selama satu minggu. Saya meminumnya untuk berusaha hamil. Enam belas pil dalam sehari, plus suntikan. Injeksi meninggalkan memar besar di seluruh perut.

5. Mengusahakan untuk hamil

5. Mengusahakan hamil
Buzzfeed.com/geebyt

Saya dan suami berusaha untuk hamil. Dalam enam bulan terakhir, hidup saya benar-benar diuji. Beberapa kali dalam sebulan, saya melakukan ovulasi. Belum lagi selama empat bulan, baru bisa menemukan obat yang tepat untuk mengatur haid.

Sejauh ini saya masih menunggu hasilnya.

6. Keajaiban dari sebuah penantian dan akhirnya berhasil hamil

6. Keajaiban dari sebuah penantian akhir berhasil hamil
Buzzfeed.com/amyd414b0ff8b

Ibu saya menyebut foto ini sebagai sebuah keajaiban. Didiagnosis PCOS pada 22 tahun dan dampak utamanya adalah kesuburan saya.

Saya dan suami melakukan perawatan selama dua tahun, sebelumnya dokter spesialis kami memberitahukan kalau kehamilan tidak akan pernah terjadi. Setelah enam tahun kemudian, saya berhasil hamil.

7. Makna hidup dibalik kenaikan berat badan

7. Makna hidup dibalik kenaikan berat badan
Buzzfeed.com/emilys405016583

PCOS memang mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan saya. Namun hal paling tidak saya sukai yaitu saat kenaikan berat badan dan kista serta periode yang menyakitkan.

Peningkatan berat badan seberat 80 pon atau setara dengan 40 kg ini terjadi dari tahun terakhir saya semasa SMA hingga sekarang di tahun pertama lulus kuliah. Kenaikan ini memang mengejutkan, tetapi PCOS telah mengajari saya tentang mencintai tubuh yang dimiliki sekarang.

Saya akan jauh lebih percaya diri dan bahagia sekarang daripada yang dulu. #PlusSizeIsBeautiful.

8. Masih bisa bersyukur

8. Masih bisa bersyukur
Buzzfeed.com/kyliejeanw

Operasi PCOS pertama. Terdapat tiga bekas luka perut dan untuk sementara saya merasa lebih baik. Syukurlah karena sekarang sudah bisa dikontrol. Bebas dari kista sejak tahun 2015.

9. Banyak pertanyaan tentang PCOS

9. Banyak pertanyaan tentang PCOS
Buzzfeed.com/erind420ddc5e9

Selama delapan tahun, saya berpindah dari dokter ke dokter untuk mencari tahu penyebab berat badan yang tidak bisa diturunkan, mengapa saya tidak bisa menstruasi, mengapa gula darah saya tidak bisa dikendalikan dan mengapa semua yang dimakan justru membuat saya sakit. Tingkat hormon insulin saya menjadi begitu buruk.

Saya mulai mengembangkan hiperpigmentasi kulit agar dokter mengganggap saya serius dan mulai menguji saya untuk PCOS. Inilah yang harus saya ambil untuk mengontrol gejala PCOS.

Editors' Picks

10. Bentuk sayang dari pacar

10. Bentuk sayang dari pacar
Buzzfeed.com/katieq4c8fab8b3

Beard, pacar saya yang begitu manis selalu mengingatkan untuk selalu bercukur hingga masalah double chin akibat resistensi insulin.

11. Berusaha untuk memiliki anak sendiri

11. Berusaha memiliki anak sendiri
Buzzfeed.com/laurenhammatt

Lima tahun mencoba, lima tahun hasil tes selalu negatif. Ratusan dolar dihabiskan, semua ini dilakukan agar saya bisa memiliki anak sendiri.

12. PCOS mengakibatkan anemia

12. PCOS mengakibatkan anemia
Buzzfeed.com/bookgirl1983

Ini adalah infus besi yang harus saya rasakan akibat anemia dari PCOS. Periode yang saya alami bisa berbulan-bulan dan menyebabkan anemia lebih dari satu kali. Saat ini saya mencoba tiga dokter yang berbeda agar bisa mengendalikan semuanya.

13. Keputusan untuk berubah

13. Keputusan berubah
Buzzfeed.com/hannag4a830164a

Saya memiliki gejala PCOS sejak berusia 12 tahun. Mulai dari kelebihan berat badan, rambut berlebih dan periode tidak teratur (dua atau tiga tahun). Setelah resmi didiagnosis secara resmi, saya memutuskan untuk berubah.

Saya pergi ke gym hampir setiap hari, memotong sebagian besar produk susu dan mengurangi gula. Ini bukan sebuah perjuangan untuk melepaskan makanan favorit saja, tetapi untuk kesehatan. Berhasil menghilangkan 20 pon atau setara dengan 10 kg membuat saya merasa hebat.

14. Pilihan terbaik untuk IVF

14. Pilihan terbaik IVF
Buzzfeed.com/reikoko

Saya belum pernah didiagnosis mengalami PCOS, hingga mencoba hamil selama bertahun-tahun hingga dirujuk ke spesialis. Saya diberitahu bahwa pilihan terbaik untuk hamil yaitu IVF dengan ICSI (menyuntikkan sperma langsung ke dalam sel telur, bukan hanya meletakkan sel telur dan beberapa sperma dalam cawan petri), ini dikarenakan suami saya juga memiliki masalah kesuburan.

Inilah Si Kecil yang luar biasa yang sekarang sudah kami miliki. Semua bisa terjadi karena bantuan dokter dan staf yang sangat luar biasa.

15. Anjing menemani masa PCOS

15. Anjing menemani masa PCOS
Buzzfeed.com/hannahs4374641ca

Saya memiliki PCOS dengan kista ovarium yang bisa meledak setiap bulannya. Ketika hal ini terjadi, saya akan mengalami rasa sakit yang luar biasa dan hanya bisa dihilangkan dengan penghilang rasa sakit dosis tinggi. Ini mengakibatkan saya tidak bisa menyetir, bekerja atau bahkan makan.

Di gambar ini adalah anjing saya bernama Shepherd Jerman yang selalu menemani disaat saya dibius di tempat tidur.

16. Perjalanan untuk lebih sehat

16. Perjalanan lebih sehat
Buzzfeed.com/gabbyo43f949b76

Pertumbuhan rambut dan jerawat yang muncul di dagu. Saya didiagnosis pada November 2017 di usia 18 tahun. Di usia itu, saya tidak benar-benar memikirkan masalah kesuburan sampai lulus dari perguruan tinggi dan memulai untuk berkeluarga. Saat ini, saya sedang dalam perjalanan untuk menurunkan berat badan dan berusaha untuk menjadi lebih sehat.

17. Mulai tumbuh rambut di perut dan wajah

17. Mulai tumbuh rambut perut wajah
Buzzfeed.com/gabyz421e53bab

Saya mulai menemukan kalau memiliki PCOS setelah tumbuh sedikit rambut di perut dan wajah. Untuk mengontrol ini semua, saya disarankan untuk mengambil Androcur selama enam bulan hingga diharuskan menggunakan tabir surya. Jadi, itulah yang saya lakukan. Ini sangat membantu banyak, tetapi kulit hanya membaik secara dramatis setelah mulai menggunakan produk di atas.  

18. Sakit yang tidak bisa dibayangkan

18. Sakit tidak bisa dibayangkan
Buzzfeed.com/bertlebee

Saya saat ini sedang perawatan tiga hari postop. Ada sepuluh sentimeter kista di indung telur saya telah memotong aliran darah ke bagian ovarium kanan.

Setelah berteriak dan menangis selama 20 jam berturut-turut dan satu kali operasi darurat, tidak bisa dibayangkan lagi seperti apa PCOS untuk diri saya. Merasakan kembung, sakit dan ada juga perasaan bersyukur karena rasa sakit di aal sudah berakhir.

19. Cara untuk menghilangkan polip uterus

19. Cara menghilangkan polip uterus
Buzzfeed.com/micahm42943b2be

Ini adalah gambar dari semua yang digunakan dokter saya kemarin untuk memasukkan IUD. Karena saya tidak dapat menggunakan kontrasepsi oral, ini akan menjadi satu-satunya cara untuk memastikan bahwa saya berovulasi secara teratur sehingga lapisan rahim saya tetap tipis dan polib tidak akan terbentuk.

Untuk itu, saya harus memiliki dua prosedur untuk menghilangkan polip uterus dalam 12 bulan terakhir akibat PCOS. 

20. Belajar mengabaikan fungsi periode

20. Belajar mengabaikan fungsi periode
Buzzfeed.com/155jej

Belajar mengabaikan fungsi "periode yang diharapkan" pada pelacakan aplikasi. Ini bukan sebuah permainan, saya tidak tahu kapan dia akan muncul atau tidak.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.