Jelang Persalinan Caesar, Chua Kotak Masih Jemput Anak di Sekolah

Lewat Popmama Talk, Chua banyak curhat mengenai kehamilan keduanya

17 Maret 2019

Jelang Persalinan Caesar, Chua Kotak Masih Jemput Anak Sekolah
Popmama.com/Michael Andrew

Jelang hari-hari persalinan caesar untuk anak keduanya, Chua masih berbagi pengalaman kehamilan bersama Popmama.com pada program Popmama Talk. 

Diakui Chua yang akan melangsungkan persalinan secara caesar pada 17 Maret nanti, dirinya sudah mempersiapkan beberapa pilihan nama untuk calon bayi berjenis kelamin perempuan ini. 

Melalui sesi tanya jawab di Popmama Talk, Chua juga banyak cerita mengenai perbedaan antara kehamilan anak pertama dan keduanya. Bahkan sang Suami juga ikut merasa ngidam selama masa kehamilan.

Jika Mama yang sempat tertinggal Popmama Talk edisi perdana bersama Chua, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa informasinya. 

1. Perbedaan kehamilan pertama dan kedua

1. Perbedaan kehamilan pertama kedua
Popmama.com/Michael Andrew

"Dulu waktu kehamilan pertama sangat dijaga sekali karena pernah memiliki riwayat dua kali keguguran, jadi memang kandungannya tidak begitu kuat. Waktu mengetahui hamil, aku mulai minta izin sama tim Kotak untuk cuti dan istirahat di rumah sampai sembilan bulan. Kalau dihitung-hitung dulu bisa sampai 2 tahun cutinya," curhat Chua mengenai kehamilan pertamanya dulu ketika bercerita di Popmama Talk. 

Berbeda dengan sebelumnya, di kehamilan kedua ini Chua masih bisa beraktivitas seperti manggung bersama band Kotak.

Bahkan saat usia kehamilannya sudah 7 bulan, Chua masih tetap menghibur para penggemarnya di atas panggung. 

Diakui Chua kalau kehamilan kedua ini cukup cuek dari sebelumnya. Jelang persalinan saja, dirinya masih aktif dan beraktivitas seperti pemotretan, mengurus visa hingga jemput anak ke sekolah.

Bisa dibilang, kehamilan kedua dari bassis band Kotak ini lebih kuat dari sebelumnya. 

“Mumpung nggak manggung sama Kotak, jadi masih bisa menyempatkan waktu untuk jemput anak sekolah,” katanya. 

Baca juga: Eksklusif Popmama Talk: Persiapan Persalinan Caesar Chua Kotak

Editors' Picks

2. Suami ikut ngidam selama masa kehamilan

2. Suami ikut ngidam selama masa kehamilan
Popmama.com/Michael Andrew

Saat interview Chua melalui Popmama Talk, dirinya mengatakan kalau sang Suami lebih banyak ngidam. 

“Kalau ngidam lebih ke suami. Jadi dari awal selalu seperti itu, hamil pertama sampai kedua suami seperti lebih banyak maunya gitu.  Waktu hamil pertama, suami yang awalnya nggak pernah beli mainan pajangan mobil. Tapi semenjak hamil anak pertama, dia bisa beli mainan mobil yang banyak banget.  Untungnya sekarang dipakai sama Raja, jadi lebih ada manfaatnya,” kata Chua.   

Perlu diketahui kalau fase ngidam memang tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja, namun pasangannya pun bisa ikut merasakan hal serupa.

Ngidam yang terjadi pada suami disebut sebagai couvade syndrome atau symphatetic pregnancy.

Kondisi ini biasanya terjadi pada awal kehamilan di trimester pertama, lalu perlahan-lahan menghilang saat trimester kedua dan kembali muncul di trimester ketiga.

Kira-kira suami Mama ada yang ikut ngidam selama masa kehamilan nggak nih?

Baca juga: 

3. Chua memiliki cara sendiri dalam memperkenalkan konsep kakak ke anak pertama

3. Chua memiliki cara sendiri dalam memperkenalkan konsep kakak ke anak pertama
Popmama.com/Michael Andrew

Setiap orangtua yang segera memiliki dua orang anak pasti akan berusaha mengajarkan cara agar anak pertama bisa menjadi seorang kakak. Sama seperti Chua, dirinya juga sudah memperkenalkan ini sejak masa-masa kehamilan. 

“Kehamilan kedua ini membuat Raja lebih posesif dan selalu maunya sama aku. Apa-apa sama Mama,” ucap Chua saat diwawancarai di Popmama Talk. 

Sikap posesif Raja kepada Chua dimulai dari kata-kata rayuan seperti “Mama cantik banget sih” atau “sayang sama Mama”. Lalu kalau tidur putra pertamanya ini harus memegang pipi Chua. 

“Mas di perut Mama ada adik ya. Mas Raja akan mau jadi kakak. Ayo cium dedek, kira-kira dedek lagi ngapain ya di dalam?” kata Chua sekaligus memperagakan caranya memperkenalkan Raja kepada adiknya. Chua berusaha menjelaskan kalau Raja akan menjadi seorang kakak melalui komunikasi dan cara-cara menyayangi adiknya selama masa kehamilan. 

Wah, mengemaskan sekali ya! Chua berusaha mengajak Raja berinteraksi dengan adiknya sejak dalam kandungan. 

Yuk Ma, doakan agar persalinan caesar kedua dari Chua yang ditentukan tanggal 17 Maret nanti bisa terlaksana dengan lancar!

Baca juga: 

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!