hanco

Waspadai 3 Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Saat Hamil

Sesuaikan dengan hasil konsultasi dokter ya, Ma!

11 November 2019

Waspadai 3 Buah Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Saat Hamil
babygaga.com

Momen ketika kita menyadari bahwa si Kecil pada akhirnya bertumbuh dan berkembang di dalam kandungan kita tentu saja terasa seperti mukjizat yang membahagiakan. Meski begitu, perjuangan yang tidak mudah akan tetap dijalani oleh para Mama.

Hal itulah yang membuat Mama wajib untuk memperhatikan proses kehamilan secara serius. Tanpa terkecuali terkait asupan makan saat hamil.

Dilansir dari laman lifecell, berikut adalah beberapa jenis buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil.

1. Pepaya

1. Pepaya
Pixabay/sandid

Tidak sedikit dari kita yang tentu saja sangat suka mengonsumsi buah Pepaya. Apalagi, sebagaimana yang kita ketahui buah dengan ciri khas warna jingga gelap ini sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan sekaligus masalah terkait buang air besar atau BAB.

Akan tetapi, tahukah Mama?

Di samping kandungannya yang positif untuk hal tersebut, Pepaya ternyata kaya akan getah yang cenderung memicu kontraksi uretus di mana hal ini menyebabkan proses persalinan dini dari waktu normal.

Untuk itulah Mama dianjurkan untuk menghindari buah Pepaya setidaknya saat sudah memasuki masa trimester ketiga supaya proses kelahiran terjadi secara normal tanpa komplikasi.

Jika Mama memang sangat suka buah yang satu ini, sebaiknya makan sesekali saja, tidak perlu setiap hari dan berulang-ulang kali dalam jumlah yang banyak.

Editors' Picks

2. Anggur

2. Anggur
Pixabay/bru-no

Siapa yang tidak suka buah Anggur dengan rasa manisnya yang menyegarkan. Belum lagi, seperti yang kita ketahui, buah Anggur juga tersedia dalam pilihan tanpa biji yang membuat siapapun semakin senang untuk melahapnya.

Nmaun, buah Anggur ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Mama yang sedang menjalani proses kehamilan.

Alasannya karena buah dengan beragam kandungan positif ini nyatanya memiliki kandungan panas yang berbahaya dalam masa akhir kehamilan.

3. Nanas

3. Nanas
Pixabay/pineapplesupplyco

Tidak terpungkiri, buah Nanas memang memiliki penampilan yang sangat menyegarkan sehingga menjadi representatif buah khusus untuk musim panas. Tidak terkecuali, rasanya yang manis dan menyegarkan turut menjadi alasan di balik hal tersebut.

Akan tetapi, sama seperti buah-buah di atas, Mama dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah Nanas karena kandungan Bromelain-nya yang dapat menyebabkan pelunakan servis yang bisa menginduksi persalinan dini pada perempuan yang sedang hamil.

Selain itu, mengonsumsi buah Nanas dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman pada perut hingga diare yang mengakibatkan dehidrasi. Untuk itulah, Mama sebaiknya menghindari buah Nanas secara khusus pada trimester ketiga.

Nah, sekarang Mama sudah mengetahui tiga jenis buah yang secara mengejutkan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil. Tentu, semuanya itu harus diselaraskan dengan pertimbangan dokter, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!