Waspadai 3 Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Dikonsumsi saat Hamil

Sesuaikan dengan hasil konsultasi dokter ya, Ma!

6 Juni 2020

Waspadai 3 Buah Tidak Dianjurkan Dikonsumsi saat Hamil
babygaga.com

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat hamil. Kandungan serat dan antioksidannya dapat mendukung kesehatan ibu hamil dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tapi jangan sembarang buah. Pastikan Mama hanya mengonsumsi buah yang disarankan dan jauhi buah yang dapat membahayakan kehamilan.

Dilansir dari laman lifecell, berikut Popmama.com merangkum beberapa jenis buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil.

Editors' Picks

1. Pepaya

1. Pepaya
Pixabay/sandid

Tidak sedikit dari kita yang tentu saja sangat suka mengonsumsi buah pepaya. Apalagi, sebagaimana yang kita ketahui buah dengan ciri khas warna jingga gelap ini sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan sekaligus masalah terkait buang air besar atau BAB.

Akan tetapi, tahukah Mama?

Di samping kandungannya yang positif tersebut, Pepaya ternyata kaya akan getah yang cenderung memicu kontraksi uretus di mana hal ini dapat menyebabkan terjadinya proses persalinan dini atau prematur.

Untuk itulah Mama dianjurkan untuk menghindari buah pepaya setidaknya saat sudah memasuki masa trimester ketiga supaya proses kelahiran terjadi secara normal tanpa komplikasi.

Jika Mama memang sangat suka buah yang satu ini, sebaiknya makan sesekali saja, tidak perlu setiap hari dan batasi jumlahnya.

2. Anggur

2. Anggur
Pixabay/bru-no

Siapa yang tidak suka buah anggur dengan rasa manisnya yang menyegarkan. Belum lagi, seperti yang kita ketahui, buah anggur juga tersedia dalam pilihan tanpa biji yang membuat siapapun semakin senang untuk melahapnya.

Namun, buah Anggur ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Mama yang sedang menjalani proses kehamilan.

Alasannya karena buah berwarna ungu ini ternyata memiliki kandungan yang dapat membuat perut terasa panas, yang berbahaya bila dikonsumsi di akhir masa kehamilan.

3. Nanas

3. Nanas
Pixabay/pineapplesupplyco

Tidak dapat dipungkiri, buah nanas memang memiliki penampilan yang sangat menyegarkan sehingga menjadi representatif buah khusus untuk musim panas. Tidak terkecuali, rasanya yang asam manis dan menyegarkan turut menjadi alasan di balik hal tersebut.

Akan tetapi, sama seperti buah-buah di atas, Mama dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah Nanas karena kandungan Bromelain-nya dapat menyebabkan pelunakan servis yang bisa menginduksi persalinan dini pada perempuan yang sedang hamil.

Selain itu, mengonsumsi buah nanas dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman pada perut hingga diare yang mengakibatkan dehidrasi. Untuk itulah, Mama sebaiknya menghindari buah nanas, khususnya pada trimester ketiga.

Nah, sekarang Mama sudah mengetahui tiga jenis buah yang secara mengejutkan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil. Jika tetap menginginkannya, pastikan Mama berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui batas aman mengonsumsi buah-buahan tersebut. Semoga Mama dan kandungan sehat selalu, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.