Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

13 Februari 2018
Manfaat Air Kelapa Ibu Hamil Trimester Ketiga
meghantelpner.com

Manfaat mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil katanya bisa membantu menjaga kebugaran mama dan kandungannya. Air kelapa diketahui mengandung nutrisi dan kandungan elektrolit yang bagus untuk tubuh.

Air kelapa boleh diminum langsung atau diberi campuran seperti sirup atau sari buah asli seperti lemon atau jeruk. Bahkan air kelapa juga bagus dikonsumsi ibu hamil sebagai menu diet sehat.

Secara umum, air kelapa untuk ibu hamil ini disarankan ketika sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Air kelapa yang seperti apa yang baik untuk ibu hamil? Pastinya air kelapa hijau yang murni dan masih segar yang bagus untuk kesehatan.

Manfaat utama air kelapa untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan terhidrasi. Dampak positifnya juga bisa berpengaruh sampai bayi lahir.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

1. Elektrolit Alami

1. Elektrolit Alami
aquaworld.com

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai cairan yang mengandung elektrolit alami. Bukan hanya elektrolit, namun air kelapa juga mengandung banyak kalsium, magnesium, dan beberapa zat lainnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil.

Bagi ibu hamil, air kelapa bermanfaat untuk menghindari dehidrasi dan juga menjaga stamina ibu hamil supaya tetap fit.

Hal itu dikarenakan adanya elektrolit yang berguna sebagai isotonik alami yang bisa menjaga kadar air di dalam tubuh. Penting bagi ibu hamil untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama seharian, karena dehidrasi bisa menyebabkan kram, sakit kepala, edema, bahkan yang terparah bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Itu adalah manfaat air kelapa untuk ibu hamil dari segi kandungan elektrolitnya.

Editors' Picks

2. Diuretik Alami

2. Diuretik Alami
meghantelpner.com

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lainnya adalah mengandung diuretik alami yang steril. Apakah kamu pernah dengar tentang hal ini?

Apa fungsi dari diuretik?

Secara umum khasiat diuretik alami untuk kesehatan tubuh kamu yang sedang hamil adalah melancarkan sistem ekskresi.

Zat ini berfungsi supaya pembuangan urin lancar dan saluran kemih bersih dari zat yang mengandung racun. Singkatnya, diuretik alami ini bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh melalui cara yang sederhana.

Air kelapa bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kemih yang memang sering dialami pada masa kehamilan.

3. Melawan Penyakit

3. Melawan Penyakit
meghantelpner.com

Perempuan yang sedang hamil memang sangat rentan terkena berbagai macam penyakit. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lainnya diketahui bisa membantu melawan berbagai macam penyakit.

Dari pada mengonsumsi vitamin tablet yang dijual bebas di pasaran, lebih baik para ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang alami, seperti air kelapa hijau misalnya.

Air kelapa mengandung senyawa asam laurat yang baik untuk melawan penyakit. Di mana asam laurat juga ditemukan pada ASI. Sifat senyawa ini adalah sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus. Maka tidak heran jika air kelapa bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungannya.

Mungkin banyak orang mengetahui air kelapa baik untuk ibu hamil terutama setelah kehamilan trimester ketiga, tapi belum tentu tahu manfaatnya secara rinci. Itu tadi adalah tiga manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

Bahkan untuk kamu yang sedang tidak hamil pun, air kelapa bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Air kelapa juga baik dikonsumsi oleh orang-orang yang punya penyakit kolesterol, karena air kelapa bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL yang ada di dalam tubuh.

Itulah ringkasan mengenai manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Kapan terakhir kali kamu minum air kelapa?