40 Rangkaian Nama Bayi Perempuan Terinspirasi dari Istri Nabi Muhammad

Nama-nama istri Rasulullah memiliki makna baik dan mendalam untuk umat Islam

24 Juli 2021

40 Rangkaian Nama Bayi Perempuan Terinspirasi dari Istri Nabi Muhammad
Pexels/Dipu Shahin DS

Sosok Nabi Muhammad SAW dipandang sebagai panutan dalam ajaran Islam. Ia dikenal sebagai sosok yang sayang keluarga dan istrinya. Belum lagi, Nabi Muhammad juga mencontohkan bagaimana cara memperlakukan dan membimbing keluarga.

Pada semua istrinya, Nabi Muhammad SAW disebut sangat adil. Nabi memiliki istri belasan bukan karena nafsu belaka, melainkan adakalanya dilakukan sebagai jalan dakwah saat itu. Ataupun belum ada ayat yang turun mengenai pembatasan jumlah istri dalam Islam.

Di salam Alquran sudah ada ayat yang mengatur seorang laki-laki yang ingin menikah lebih dari satu perempuan atau poligami. Namun, tentunya ayat itu tidak bisa diterjemahkan dalam satu konsep saja. Harus dilihat ayat setelah dan sebelumnya yang mendukung dalam QS. An-Nisa ayat 3 tersebut.

Dari ke-13 istri Rasulullah, setiap sosoknya sangat bisa menjadi panutan bagi perempuan-perempuan modern saat ini. Dari sosok Khadijah yang mandiri hingga sosok Maimunah yang mengayomi.

Jika Mama akan melahirkan bayi perempuan dalam waktu dekat, maka inspirasi nama bayi perempuan dari istri Nabi Muhammad SAW bisa digunakan. Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Khadijah binti Khuwailid

1. Khadijah binti Khuwailid
Freepik/Irinapodverbnaya

Nabi Muhammad SAW memiliki istri pertama bernama Khadijah bini Khuwailid. Diceritakan jika sosok Khadijah merupakan seorang janda dari dua suami sebelumnya, yakni Abi Haleh Al Tamimy dan Oteaq Almakzomy. 

Sosok Khadijah menjadi istri yang tulus membantu Nabi dalam setiap perjalanan dakwahnya. Ia diceritakan sebagai sosok yang mandiri dan saudagar sukses saat itu. 

Nama Khadijah dalam bahasa Arab berarti orang yang dapat dipercaya. Mama bisa memberikan nama bayi perempuan dari istri Nabi Muhammad ini. 

Berikut rekomendasi nama dari Khadijah, antara lain: 

  • Khadijah Qubilah Rumy artinya sosok yang dapat dipercaya untuk merukunkan keluarga dan berkata indah tentang Allah SWT.
  • Layali Khadijah Rashanah artinya sosok yang dapat dipercaya yang lahir pada malam hari dan berwibawa.
  • Insyira Jadwa Khadijah artinya sosok yang dapat dipercaya yang membawa kehabagiaan sebagai hadiah untuk orangtuanya.

2. Saudah binti Zam'ah bin Qois

2. Saudah binti Zam'ah bin Qois
Freepik/freepic.diller

Istri kedua Nabi Muhammad SAW bernama Saudah binti Zam'ah bin Qois. Ia juga merupakan seorang janda dari pernikahan sebelumnya bersama Sakran bin Amr Al-Amiry.

Saudah dikenal sebagai sosok istri yang humoris. Selain lucu, Saudah juga dikenal sebagai sosok yang pintar dan punya pandangan yang luas. Ia pertama kali memeluk Islam bersama sekelompok orang dari Bani Qais bin Abdu Wad.

Nama Saudah memiliki arti harta yang berlimpah. Ini adalah doa bagi orangtua kepada anak agar bisa makmur secara harta saat dewasa. 

Berikut rekomendasi nama dari Saudah, antara lain: 

  • Saudah Khiren Washilah artinya orang dengan harta berlimpah yang memiliki hubungan baik dengan keluarganya.
  • Eisha Saudah Jadwa artinya perempuan yang menjadi hadiah untuk orangtua yang memiliki harta berlimpah.
  • Watsiqaah Kinanah Saudah artinya sosok yang kaya raya dan melindungi dan percaya diri.

3. Aisyah binti Abi Bakar As-Shiddiq

3. Aisyah binti Abi Bakar As-Shiddiq
Pixabay/platinumportfolio

Istri ketiga Nabi Muhammad SAW adalah Aisyah binti Abi Bakar As-Shiddiq. Disebut jika kesuciannya telah diakui Allah SWT dari atas langit ketujuh. Aisyah dinikahi oleh Nabi Muhammad pada bulan Syawal.

Dalam penulisan Islam, nama Aisyah sering ditambahkan pula gelar ummul-mukminin atau ibu orang-orang Mukmim. Aisyah banyak dikutip sebagai sumber dari banyak hadits, di mana kehidupan pribadinya dengan Rosulullah menjadi topik yang sering dibicarakan.

Nama Aisyah berarti perempuan yang feminim dan hidup. Mama bisa menggunakan nama Aisyah sebagai inspirasi nama bayi perempuan dari istri Nabi Muhammad SAW. 

Berikut rekomendasi nama dari Aisyah, antara lain: 

  • Aisyah Choiriyah Efrah artinya sosok yang feminim yang memiliki sifat baik dan menjadi perayaan bagi orangtuanya.
  • Katimah Aisyah Farheena artinya perempuan yang ceria, feminim dan pemegang amanah yang baik.
  • Eiliyah Ma'unah Aisyah artinya perempuan yang cantik, feminim dan dicintai Tuhan.

4. Hafshah binti Umar bin Khattab

4. Hafshah binti Umar bin Khattab
Pixabay/Regina_Zulauf

Hafshah binti Umar bin Khattab adalah putri dari sahabat Rosulullah yaitu Umar bin Khatab. Sosok istri Nabi satu ini dikenal sebagai perempuan yang pandai membaca dan menulis. 

Sebelum menikah dengan Nabi Muhammad, ia adalah seorang janda dari suami sebelumnya yang bernama Khunais bin Hudhafah al-Sahmiy. Suami pertama Hafshah meninggal saat perang Badar. Hafshah menjadi orang pertama yang memegang Mushaf atau Alquran yang dibukukan pertama kali. Mushaf asli Alquran itu berada di rumah Hafshah hingga ia meninggal.

Nama Hafshah sendiri dalam bahasa Arab berarti seorang perawi hadist. Secara Islami, nama Hafshah juga berarti orang yang bernama baik dan seorang sahabat Nabi.

Berikut rekomendasi nama dari Hafshah, antara lain: 

  • Hafshah Zarmina Umnia artinya orang yang baik sebagai hadiah kepada orangtua yang indah.
  • Sanikah Hafshah Umaiyah artinya orang berpikiran kuat, hangat dan baik.
  • Thariifah Erum Hafshah artinya sosok yang unik seharum surga karena baik hatinya.

5. Zainab binti Khuzaimah

5. Zainab binti Khuzaimah
momjunction.com

Zainab binti Khuzaimah adalah perempuan dari bangsa Quraisy dan janda dari seorang pahlawan pada perang uhud bernama Abdullah bin Jahsy. Zainab dikenal sebagai perempuan yang dermawan sehingga mendapat gelar Ummul Masakin atau ibu dari orang-orang miskin.

Arti nama Zainab diambil dari bahasa Arab yang berarti bercahaya. Nama bayi perempuan Islami ini bisa diberikan sebagai harapan yang baik.

Berikut rekomendasi nama dari Zainab, antara lain: 

  • Zainab Fiza Umaiyah artinya sosok yang mengayomi dan bercahaya.
  • Jehan Zainab Omera artinya sosok yang cantik, bercahaya dan menginspirasi.
  • Yusra Rafifah Zainab artinya orang yang makmur, menyenangkan dan baik akhlaknya.

Editors' Picks

6. Ummu Salamah

6. Ummu Salamah
Pixabay/Profile

Ummu Salamah dikenal sebagai salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang cerdas. Ia adalah janda dari seorang Muhajirin yang pertama kali memeluk Islam yakni Abu Salamah Abdullah bin Abdul Asad al-Makhzumi al-Quraisy. 

Meski perempuan, Ummu Salamah termasuk salah satu dari 14 perempuan yang ikut perang Uhud sebagai asisten sahabat dan pejuang Nabi Muhammad SAW. Menurut riwayat, Umma Salamah menikah dengan Rosulullah ketika umurnya 29 tahun.

Arti nama Ummu Salamah adalah ibu yang dapat diandalkan. Kedua kata namanya berasa dari bahasa Arab yang Ummu adalah sebutan untuk ibu dan Salamah adalah orang yang diandalkan.

Berikut rekomendasi nama dari Ummu Salamah, antara lain: 

  • Salamah Dalilah Athirah artinya sosok yang bisa diandalkan yang wangi dan menjadi penunjuk bagi yang tersesat.
  • Saka Salamah Ghadah artinya sosok yang cantik dan dapat diandalkan menjadi penopang sesamanya.
  • Evliya Wabisa Salamah artinya orang yang melindungi dengan kebaikan dan bisa diandalkan.

7. Zainab binti Jahsy bin Rabab

7. Zainab binti Jahsy bin Rabab
Freepik/Freepic.diller

Nabi Muhammad SAW menikahi istri-istrinya yang lain sebagian besar adalah ditinggal suaminya meninggal karena berjuang di jalan Allah SWT. Istri Nabi selanjutnya, Zainab binti Jahsy bin Rabab berbeda dari yang lainnya. 

Dikatakan dalam sebuah riwayat jika Zainab adalah istri yang dinikahi Nabi Muhammad SAW atas perintah Allah. Zainab sebelum berumah tangga dengan Roasullah menikah dengan Zaid bin Haritsah tapi diceraikan.

Arti nama Zainab dalam bahasa Arab bermanka bercahaya. Selain nama istri Nabi, Zainab juga menjadi salah satu nama dari anak Rosulullah SAW.

Berikut rekomendasi nama dari Zainab, antara lain: 

  • Zainab Jubaedah Humairah artinya perempuan yang bercahaya dan kemerahan pipinya.
  • Ahidah Zainab Ghaniyy artinya perempuan yang menepati janjinya sekaligus cantik dan bercahaya.
  • Umni Ziram Zainab artinya anak yang lahir sebagai pemberian Allah SWT yang indah. 

8. Juwairiyah binti Al-Harits

8. Juwairiyah binti Al-Harits
Pexels/dudumatik

Juwairiyah adalah istri Nabi Muhammad SAW yang menghafal berbagai hadist. Ia adalah perempuan yang berasal dari Yahudi Bani Musthaliq. Rosulullah menganggap Juwairiyah sebagai perempuan yang membawa berkah. Sebab setelah menikahinya banyak sahabt Nabi Muhammad SAW yang membebaskan budak dari Bani Musthaliq. 

Nama Juwairiyah bisa menjadi inspirasi nama bayi perempuan Islami. Nama ini bermakna agar anak Mama kelak menjadi pribadi yang sholehah, rajin beribadah, beriman dan cantik akhlaknya. 

Berikut rekomendasi nama dari Juwairiyah, antara lain: 

  • Juwairiyah Hazar Wihad artinya sosok yang merdu suaranya yang alim dan sholehah.
  • Hasyifah Juwairiyah Anisah artinya perempuan yang lembut dan menjadi teman baik sesamanya.
  • Dafiyah Iftinah Juwairiyah artinya perempuan yang cerdas dan pandai.

9. Ummu Habibah binti Abi Sufyan

9. Ummu Habibah binti Abi Sufyan
Freepik/nagaets

Nama Ummu Habibah berasal karena ia memiliki seorang anak bernama Habibah dari suami sebelumnya ketika menikah dengan Ubaidillah bin Jahsy. Diceritakan jika Ummu Habibah adalah sosok istri yang taat dan selalu melayani Rasoullah saat itu. 

Nama Habibah diambil dari bahasa Arab yang berarti kekasih. Mama bisa memberikan nama bayi perempuan yang terinspirasi dari istri Nabi satu ini.

Berikut rekomendasi nama dari Habibah, antara lain: 

  • Rabita Wajihah Habibah artinya orang yang teguh pendiriannya dan unggul.
  • Farqad Habibah Pakeezah artinya perempuan yang bersinar layaknya bintang yang murni.
  • Choiriyah Maqbulah Habibah artinya memiliki sifat baik dan berguna untuk sekitarnya.

10. Shafiyah binti Huyay

10. Shafiyah binti Huyay
Freepik/chernikovatv

Shafiyah sendiri termasuk keturunan Harun bin Imran bin Qahits bin Lawi bin Israel bin Ishaq bin Ibrahim. Ia dikenal sebagai istri Nabi yang shadiqah atau memiliki kejujuran iman. 

Sebelum menikah dengan Nabi Muhammad SAW, Shafiyah sudah menjanda 2 kali dengan masa pernikahan yang tidak berlangsung lama. Dalam sebuah riwayat diceritakan dari Ummu Sinan Al-Aslamiyah, jika Shafiyah memiliki kulit yang sangat putih dan memiliki paras cantik.

Arti nama Shafiyah dalam bahasa Arab berarti jernih. Tentu ini menjadi doa untuk anak Mama agar menjadi anak yang selalu jujur seperti sejernih air. 

Berikut rekomendasi nama dari Shafiyah, antara lain: 

  • Shafiyah Zarmina Lamia artinya perempuan yang penuh kecerdasan seindah emas mulia.
  • Fazzilet Shafiyah Ulayya artinya orang yang diberkahi Allah SWT yang mulia setinggi lagit.
  • Qhonita Tazkiyah Shafiyah artinya sosok yang kuat dan suci.

11. Mariyah Al-Qibtiyah

11. Mariyah Al-Qibtiyah
Pexels/samrana3003

Mariah al-Qibthiyah bernama asli Mariah binti Syama'un. Ia awalnya adalah seorang budak sebelum menjadi istri Rosulullah. Sebagai bentuk jawaban dari ajakan Nabi Muhammad SAW untuk memeluk Islam, seorang pemimpin Mesir yaitu Raja Mauqauqis menghadiahkan Mariyah untuk Nabi nikahi saat itu.

Dari sana, Mariyah pun berubah dari budak menjadi Ummul Mukminin. Mariah juga dikenal sebagai perempuan yang taat.

Arti nama Mariah sebagai istri Rosullah dimaknai sebagai perempuann yang memiliki wajah berseri. Diceritakan jika para Mariah tidak kalah cantik.

Berikut rekomendasi nama dari Mariah, antara lain: 

  • Mariah Daumah Dema artinya perempuan yang kokoh dan menaungi layaknya pohon.
  • Abia Mariah Qabalah artinya sosok yang hebat dan bertanggung jawab.
  • Zalsa Shiddiqah Mariah artinya orang yang banyak kebenarannya yang bermartabat.

12. Raihanah binti Zaid Al Quradziyah

12. Raihanah binti Zaid Al Quradziyah
Pexels/pixabay

Raihanah merupakan seorang budak dari Bani Quraidzah pada awalnya. Sejarawan Islam Al-Waqidi memiliki pendapatnya jika Raihanah dimerdekakan dan dinikahi Rasul, sedangkan Ibnu Hisyam menulis tentang keislaman Raihanah.

Sementara itu, sejarawan lain, Hafiz bin Minda menyebutkan bahwa Rasulullah membebaskannya dan kemudian Raihanah kembali ke sukunya. Versi ini didukung oleh ulama Muslim abad ke-19, Shibli Nomani.

Arti nama Raihanah sendiri dalam bahasa Arap adalah tumbuhan yang wangi. Maknanya tentu sangat dalam yakni tumbuhan menandakan perkembangan yang semakin kuat. Sementara harum adalah aroma yang disukai oleh manusia.

Berikut rekomendasi nama dari Raihanah, antara lain: 

  • Raihanah Qhaira Khairiyah artinya orang yang memiliki sifat baik dan lapang hatinya.
  • Warrahma Raihanah Kathirah artinya permpuan yang terus tumbuh kuat dan penuh kasih sayang.
  • Rashanah Omera Raihanah artinya sosok berwibawa dan menginspirasi yang akan semakin kuat sepanjang waktu.

13. Maimunah binti Al-Harits

13. Maimunah binti Al-Harits
freepik.com/bristekjegor

Maimunah binti Al-Harits adalah saudara seibu dengan istri Nabi Muhammad SAW yang bernama Zainab binti Khuzaimah. Sama seperti istri lainnya, beliau merupakan perempuan yang dengan tulus menaati dan melayani Rasulullah. Maimunah adalah istri terakhir Rosulullah SAW selama hidupnya di dunia. 

Arti nama Maimunah dalam bahasa Arab berarti yang diberi kebaikan. Ini menjadi doa nama bayi perempuan Islami yang cocok untuk Mama berikan. 

Berikut rekomendasi nama dari Maimunah, antara lain: 

  • Maimunah Ceisya Risqa artinya orang yang cantik dan baik serta memesona layaknya bidadari.
  • Ghotary Maimunah Evliya artinya orang yang orang yang terus berjalan dengan lancar sebagai pelindung sesamanya.
  • Nurlaili Ibtisamah Maimunah artinya sosok yang memiliki senyuman indah dan baik hatinya.
  • Abda Adiva Maimunah artinya sosok perempuan yang luar biasa lembut dan menyenangkan hati banyak orang. 

Itulah tadi inspirasi rangkaian nama bayi perempuan dari istri Nabi Muhammad SAW yang bisa Mama ikuti. Tentunya nama itu memiliki makna mendalam bagi pemiliknya, sehingga setiap orangtua pasti ingin memberikan dan memilih nama yang terbaik. 

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.