Mengapa Bayi dalam Kandungan Lebih Aktif Bergerak pada Malam Hari?

Salah satu parameter tumbuh kembang bayi dalam kandungan adalah gerakan si Kecil

30 November 2020

Mengapa Bayi dalam Kandungan Lebih Aktif Bergerak Malam Hari
pixabay/bgmfotografia

Masa kehamilan adalah salah satu momen paling mengesankan bagi seorang perempuan karena ada si Kecil yang menggantungkan hidup di dalam perut mama. Pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dalam kandungan selalu menjadi prioritas mama. Tak jarang, Mama rela mengonsumsi lebih banyak makanan dalam sehari agar kebutuhan nutrisi janin terpenuhi. 

Salah satu parameter tumbuh kembang bayi dalam kandungan adalah gerakan si Kecil. Pada umumnya, Mama bisa merasakan gerakan bayi seperti menendang dan meregangkan badan pada trimester ketiga masa kehamilan. Namun, apakah Mama sadar bahwa bayi lebih aktif bergerak pada malam hari?

Jangan panik ya, Ma karena gerakan bayi terasa lebih aktif pada malam hari adalah sesuatu yang normal. Apa penyebabnya? Berikut Popmama.com merangkum penyebab janin lebih aktif bergerak di malam hari:

Gerakan Bayi dalam Kandungan

Gerakan Bayi dalam Kandungan
Freepik/yanalya

Seperti dijelaskan sebelumnya, Mama baru bisa merasakan gerakan si Kecil dalam kandungan saat usia kehamilan masuk trimester ketiga. Bayi umumnya menghabiskan 95 persen waktunya untuk tidur, mereka hanya melakukan 50 kali gerakan per jamnya. 

Gerakan yang dilakukan di antaranya menendang perut mama, cegukan, bahkan meregangkan sendi. Tentu saja setiap bayi mempunyai gerakan yang khas dan unik, sehingga tumbuh kembang bayi tidak dapat dibandingkan satu sama lain. Semakin dekat waktu melahirkan, gerakan bayi dalam kandungan akan semakin aktif. Meskipun begitu, bayi umumnya lebih aktif bergerak pada malam hari. 

Editors' Picks

Bayi Lebih Aktif pada Malam Hari

Bayi Lebih Aktif Malam Hari
freepik.com/comzeal

Dilansir dari Parenting FIrstcry, bayi dalam kandungan adalah makhluk nokturnal atau lebih aktif beraktivitas pada malam hari. Berdasarkan sebuah penelitian dari University of Auckland menyebut 74,5 persen Mama di dunia merasakan gerakan bayi pada malam hari ketika mereka hendak tidur. 

Salah satu gerakan bayi pada malam hari yang paling mudah dirasakan adalah tendangan. Bayi menendang perut mama karena ketidaknyaman atau kurangnya ruang bagi si Kecil untuk bergerak. Bayi juga bisa menendang karena mendengar suara mama atau suara yang tidak dikenal. 

Penyebab Bayi Lebih Aktif pada Malam Hari

Penyebab Bayi Lebih Aktif Malam Hari
Freepik/Grooveriderz

Bayi lebih aktif bergerak pada malam hari karena Mama lebih banyak diam. Pasalnya, pada siang hari, Mama akan beraktivitas seolah-olah menggoyang perut. Kondisi ini membuat bayi lebih mudah tidur. 

Saat malam hari, Mama cenderung diam dan mengurangi aktivitas. Nah, kondisi itulah yang menyebabkan bayi terbangun karena tidak ada aktivitas yang Mama lakukan. Mereka akan terbangun dan melakukan gerakan-gerakan yang seolah meminta Mama melakukan aktivitas tertentu. 

Oleh karena itu, Mama bisa berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan agar dia mengurangi gerakannya. Pada usia kehamilan tujuh bulan, bayi dalam kandungan sudah dapat mengenali suara mama. 

Kegiatan untuk Menenangkan Bayi pada Malam Hari

Kegiatan Menenangkan Bayi Malam Hari
Freepik.tirachardz

Tentu saja gerakan bayi saat malam hari terasa tidak nyaman dan membuat Mama tidak bisa tidur nyenyak. Salah satu cara untuk menenangkan bayi adalah bernyanyi atau mendengarkan musik sambil mengusap perut. Aktivitas ini membuat bayi merasa Mama beraktivitas seperti siang hari. 

Mama juga melakukan aktivitas yang kerap dilakukan saat siang hari seperti menonton TV atau membaca buku. Mama tak perlu beraktivitas dalam waktu lama karena aktivitas dalam beberapa jam saja sudah mampu membuat bayi merasa tenang.

Bayi Tidak Bergerak

Bayi Tidak Bergerak
Freepik/yanalya

Ada pula kondisi di mana bayi lebih banyak diam pada malam hari. Mama tak perlu panik karena itu bisa menjadi tanda si Kecil sudah mempelajari pola aktivitas mama. Bayi lebih banyak diam juga bisa menjadi tanda si Kecil sedang belajar mengembangkan jam tidurnya. Jika bayi tidak bergerak dalam waktu yang lama atau Mama mulai khawatir dengan tumbuh kembang si Kecil, maka Mama bisa segera konsultasi ke dokter. 

Itulah penyebab janin lebih aktif bergerak di malam hari. Bayi bergerak aktif tentu momen yang menggembirakan dan tanda bayi tumbuh dengan sehat. Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk memperhatikan pola gerakan bayi pada siang dan malam hari agar Mama bisa lebih terbiasa dengan kondisi tersebut. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.