Termasuk Minuman Herbal, Bolehkah Minum Teh Dandelion saat Hamil?

Bunga, daun, hingga akar tanaman dandelion dikenal dapat digunakan untuk menangani masalah kesehatan

25 Agustus 2021

Termasuk Minuman Herbal, Bolehkah Minum Teh Dandelion saat Hamil
Freepik/Jcomp

Teh dandelion termasuk minuman herbal yang populer karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Bunga, daun, bahkan akar tanaman dandelion sering digunakan untuk tujuan pengobatan karena sangat bermanfaat.

Banyak orang menggunakan teh dandelion untuk membantu mengatasi kehilangan nafsu makan, sakit perut, masalah batu empedu, nyeri otot, nyeri sendi, memar, dan berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan. Di berbagai budaya berbeda, teh ini dikonsumsi untuk mendapatkan kesehatan pada kulit dan juga sistem pencernaan.

Namun, ketika memasuki masa kehamilan, mungkin sebagian dari Mama akan mempertanyakan, "kira-kira bolehkah ibu hamil mengonsumsi teh dandelion selama hamil?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum ulasannya dilansir dari laman Mom Junction.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Dandelion?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Dandelion
Freepik/stockking

Para ahli mengatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi teh dandelion dalam jumlah sedang tidaklah buruk bagi kesehatan mereka. Sebagai gambarannya, Mama dapat meminum teh ini sekali saja dalam satu hari.

Hanya saja perlu diperhatikan, bila Mama menderita reaksi alergi atau melihat adanya perubahan pada tubuh setelah meminum teh dandelion, segera hentikan meminum teh ini. Hal tersebut bertujuan agar tidak menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya.

Walau teh herbal termasuk bahan alami, namun tidak semua minuman herbal termasuk aman untuk ibu hamil. The Food Development Authority merekomendasikan ibu hamil untuk menghindari konsumsi produk herbal, apalagi tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan mereka.

Idealnya, Mama tidak boleh minum teh dandelion selama kehamilan. Namun, jika Mama tetap ingin mengonsumsinya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. 

Editors' Picks

Bisakah Teh Dandelion Menggantikan Obat?

Bisakah Teh Dandelion Menggantikan Obat
Freepik/stockking

Walau banyak obat-obatan telah menggantikan suplemen alami, namun masih banyak dari kita yang masih mencari vitamin atau obat herbal. Mengingat masa kehamilan bukan waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk bergantung terlalu banyak pada obat-obatan.

Banyak pakar herbal yang percaya bahwa obat alami dinilai lebih baik dan lebih murah daripada obat-obatan lain. Namun, hal ini belum dapat dibuktikan melalui penelitian.

Maka dari itu, semua merek pengobatan herbal tidak dapat dipercaya sepenuhnya apalagi untuk menjaga kesehatan ibu hamil. 

Apa Manfaat Teh Dandelion?

Apa Manfaat Teh Dandelion
Freepik/stockking

Teh dandelion dikenal kaya akan vitamin A, zat besi, dan kalsium. Daunnya dapat membantu menyehatkan hati serta menyembuhan enema ringan. Berikut beberapa manfaat teh dandelion, antara lain:

  • Mengurangi berat air, sehingga setiap orang yang meminumnya tidak akan merasa kembung. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan produksi urine.
  • Meningkatkan kesehatan hati, sehingga bisa mengurangi gejala penyakit hati. Hal ini dikarenakan teh dandelion memiliki kualitas sebagai pembersih hati.
  • Bermanfaat sebagai pengganti kopi setelah diseduh dengan air panas.
  • Teh daun dandelion memiliki fungsi sebagai anti kanker.

Tips Menyiapkan Teh Dandelion untuk Dikonsumsi

Tips Menyiapkan Teh Dandelion Dikonsumsi
Freepik/stockking

Setelah Mama memastikan bahwa teh dandelion yang digunakan bebas dari bahan kimia dan herbisida, Mama bisa langsung mengolahnya. Dianjurkan untuk memetik tanaman yang masih muda. Setelah dibersihkan dengan air, tuangkan air panas di atasnya, maka teh bisa dinikmati!

Dikarenakan teh dandelion ini memiliki rasa yang sedikit pahit, maka Mama dapat menambahkan madu ke dalamnya atau mencapurnya dengan bahan lain untuk mengurangi kepahitannya.

Teh jenis ini kaya akan kandungan vitamin C dan dipercaya dapat mengurangi kecemasan serta stres.

Nah jadi itulah informasi terkait teh dandelion. Pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan, terkait manfaat dan dampak buruknya bagi kesehatan. 

Semoga informasinya bisa memberikan pengetahuan baru ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.