Bergizi, Ini 6 Buah yang Mengandung Vitamin D untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaatnya dapat mendorong perkembangan tulang pada janin di kandungan

19 Juli 2021

Bergizi, Ini 6 Buah Mengandung Vitamin D Ibu Hamil
Pexels/Trang Doan

Vitamin D merupakan vitamin yang bisa tubuh dapatkan dari paparan sinar matahari secara alami.

Vitamin D termasuk nutrisi penting demi menunjang kehamilan yang sehat, dikarenakan dapat memberikan kesehatan tubuh serta membantu perkembangan tulang, gigi, ginjal, jantung hingga sistem saraf janin di dalam kandungan.

Tak hanya itu, dari vitamin D Mama juga akan memperoleh peningkatan imunitas tubuh, metabolisme tubuh, mengurangi risiko kelahiran prematur dan memperlancar pernapasan terutama bagi Mama yang sering terserang flu. 

Mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari saja tidak cukup untuk ibu hamil, Mama perlu menyeimbangkannya dengan makan makanan sehat seperti buah-buahan.

Maka dari itu, kini Popmama.com telah menyiapkan rangkuman mengenai beberapa buah yang tinggi akan vitamin D untuk dikonsumsi selama kehamilan.

1. Mangga memperlancar sistem pencernaan, sehingga terhindar dari sembelit

1. Mangga memperlancar sistem pencernaan, sehingga terhindar dari sembelit
Pixabay/liwanchun

Rasanya yang manis dan segar membuat buah mangga sering masuk ke daftar makanan yang diinginkan oleh ibu hamil. Buah berwarna kuning cerah ini kaya akan kandungan betakaroten, vitamin A, vitamin C serta vitamin D.

Mangga memiliki bioflavonoid yang berperan besar dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan serat dan potasium yang tinggi dapat memperlancar pencernaan, terutama bagi ibu hamil yang sering mengalami sembelit.

2. Jeruk membantu menjaga kesehatan tulang

2. Jeruk membantu menjaga kesehatan tulang
Pixabay/pixel2013

Jeruk memang terkenal kaya akan kandungan vitamin C, namun siapa sangka bahwa buah dengan rasa manis serta lezat ini mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Menurut sumber terpercaya ODS, bila ibu hamil tidak memiliki asupan vitamin D yang cukup dalam makanan hariannya, maka akan meningkatkan risiko mengalami tulang yang lemah. Gejala ini biasanya diawali dengan nyeri atau rasa sakit pada tulang dan otot-otot yang melemah.

Selain dimakan langsung, Mama dapat mengonsumsi buah jeruk dengan mengolahnya menjadi jus. Satu cangkir jus jeruk (237 ml) dapat mengandung 100 IU vitamin D atau setara dengan memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebanyak 12 persen.

Editors' Picks

3. Alpukat memiliki kalsium dan vitamin D untuk meningkatkan daya tahan tubuh

3. Alpukat memiliki kalsium vitamin D meningkatkan daya tahan tubuh
Pixabay/Juraj Varga

Niharika Ahluwalia, seorang ahli gizi mengatakan bahwa kalsium memang dikenal dapat memperkuat tulang, tetapi hanya berguna jika ada kandungan vitamin D.

Vitamin ini bekerja pada sel-sel dalam tubuh untuk menyerap kalsium dari usus, sehingga manfaat yang didapatkan pun terasa optimal.

Salah satu buah berprotein tinggi yang kaya akan kalsium dan vitamin D, yakni alpukat. Vitamin D dalam alpukat dapat meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari serangan penyakit, bahkan menangkal penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. 

4. Kiwi mempunyai berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil

4. Kiwi mempunyai berbagai nutrisi penting dibutuhkan ibu hamil
Pixabay/pixel2013

Meskipun kandungan vitamin D dalam buah hijau ini cukup rendah, namun manfaat lain dalam buah kiwi untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi.

Buah super ini dikemas dengan nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan, mencakup vitamin K, vitamin C, vitamin E, kalium, folat, serat makanan, tembaga, kolin, magnesium serta fosfor.

Kiwi juga menyediakan lebih dari 140 persen vitamin C dari nutrisi harian yang direkomendasikan.

5. Anggur memiliki antioksidan yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari infeksi

5. Anggur memiliki antioksidan dapat membantu ibu hamil terhindar dari infeksi
Freepik/azerbaijan_stockers

Anggur merupakan alternatif buah selanjutnya yang memiliki kandungan vitamin D.

Selain vitamin D, makan anggur selama kehamilan dapat meningkatkan asupan vitamin C, vitamin K, folat, antioksidan, serat, asam organik, pektin, yang mana nutrisi-nutrisi ini dapat membantu perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan.

Antioksidan dalam anggur juga berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh, bahkan membantu terhindar dari infeksi yang sering dialami ibu hamil.

6. Pisang membantu magnesium untuk memperoleh vitamin D dalam tubuh

6. Pisang membantu magnesium memperoleh vitamin D dalam tubuh
Pixabay/Steve Buissinne

Pisang sebenarnya bukanlah buah yang mengandung vitamin D. Namun, buah tropis ini kaya akan magnesium yang memainkan peran penting untuk mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of American Osteopathic Association, penting untuk mengonsumsi makanan dengan jumlah magnesium yang disarankan. Dengan begitu, asupan vitamin D yang diterima pun optimal. Ketika magnesium memasuki aliran darah, ini akan membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Nah, jadi itulah beberapa rekomendasi buah yang kaya akan sumber nutrisi vitamin D untuk ibu hamil.

Semoga informasi ini dapat menjadi pengetahuan baru, sehingga Mama pun dapat semakin rajin mengonsumsi buah selama kehamilan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.