TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mempersiapkan Period Kit untuk Haid Pertama Gadis Kecil Mama

Selalu bawa period kit ini di tas anak agar siap sewaktu-waktu menyambut datang bulan

Freepik

Masa puber merupakan tanda bahwa seorang anak sudah mulai memasuki masa remaja. Di masa ini, remaja perempuan maupun laki-laki akan merasakan adanya perubahan dalam tubuhnya, baik secara emosional, hormonal maupun perubahan secara fisik. It's like riding a roller coaster, baik untuk si Anak sendiri maupun orangtua.

Pada anak perempuan, masa pubertas ditandai dengan datangnya haid pertama di usia sekitar 10-12 tahun. Agar gadis remaja Mama tidak terkejut dan panik saat mendapati darah haid pertamanya, sebaiknya dampingi dan berikan edukasi seputar hal ini. Yang tak kalah penting juga adalah menyiapkan period kit di tas jika sewaktu-waktu anak menghadapi haid pertamanya di luar rumah. 

Apa saja yang perlu ada di dalam period kit? Popmama.com punya daftarnya. Yuk siapkan bersama-sama dengan gadis kecil Mama:

1. Dompet atau pouch besar

brightersides.com

Siapkan sebuah dompet atau pouch besar sebagai wadah penyimpanan agar mudah menemukan benda yang diperlukan dalam satu tempat. Sebaiknya pilih wadah yang anti-air atau yang mudah dicuci.
 

2. Pembalut

Freepik/natalliaboroda

Ada berbagai macam jenis pembalut yang dijual di pasaran. Selain pembalut sekali pakai yang biasa ditemui di swalayan, ada juga pembalut kain yang bisa dicuci-pakai berulang kali. Selain kedua jenis pembalut di atas, ada juga tampon yang biasanya digunakan untuk perempuan yang melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dan berenang. Namun, karena tampon harus dimasukan ke dalam vagina, Popmama.com tidak menyarankannya untuk anak mama.

Pastikan membekali anak sedikitnya dua buah pembalut sebagai cadangan. Apapun jenis pembalut yang dipilih anak, pastikan ia telah menggunakannya dalam posisi yang benar sehingga nyaman untuk dipakai beraktivitas.

3. Pembungkus pembalut bekas

Pixabay/ BRRT

Di dalam kantong persiapan haid, Mama perlu menyelipkan beberapa kertas atau kantong pembungkus pembalut bekas. Anak mama harus tahu jika pembalut tidak boleh dibuang ke dalam kloset atau dibuang begitu saja sebab bisa menimbulkan masalah kebersihan. 

Ajarkan anak mama untuk membilas pembalut bekas pakai jika itu pembalut pakai ulang. Bawa kantong plastik untuk mengemas pembalut yang telah atau belum sempat dibilas. 

4. Pembungkus bekas pembalut

Pixabay/ BRRT

Salah satu hal yang harus diajarkan kepada anak adalah cara membuang pembalut bekas pakai. Pembalut, tidak bisa dibuang sembarangan ke dalam kloset karena akan membuat mampet. Pembalut juga tidak baik dibuang begitu saja ke dalam tong sampah karena tidak higienis.

Jika anak menggunakan pembalut sekali pakai, jangan lupa menyertakan kantong pembungkus atau kertas untuk membungkus pembalut bekas pakai. 

Jika memakai pembalut kain, ajarkan anak membilas pembalutnya atau sediakan kantong plastik untuk mengemas pembalut dan memungkinkan untuk membawanya pulang. 

5. Pantyliner

Freepik/mrsiraphol

Pantyliner memiliki bentuk mirip pembalut, tetapi ukurannya lebih kecil dan tipis. Pantyliner berfungsi untuk menyerap cairan yang dikeluarkan dari vagina saat sebelum dan sesudah periode haid.

Pantyliner dapat menjadi cara melatih anak gadis tentang penggunaan pembalut yang benar sebelum memasuki periode menstruasi yang sebenarnya.

6. Celana dalam cadangan

naturalnews.com

Tak ada yang pernah bisa menduga datangnya 'kecelakaan' berupa bocornya darah haid. Untuk itu, perlu menyiapkan celana dalam cadangan dalam period kit sebagai persiapan jika tiba-tiba haid datang atau bocor.

Pilih celana dalam warna gelap, misalnya biru tua atau hitam, saat anak dalam periode menstruasi. Celana dalam warna gelap lebih mudah dibersihkan dan tidak menyisakan noda darah saat dicuci.

7. Obat-obatan anti nyeri

Freepik

Tak semua perempuan diciptakan dengan tingkat toleransi rasa sakit yang sama. Ada orang-orang yang tubuhnya menjadi sangat lemah saat haid tiba. Pusing, nyeri dan kram perut, mual, bahkan pingsan, adalah masalah-masalah kesehatan yang umumnya dialami perempuan saat ia sedang haid.

Terlepas dari apakah anak Mama tergolong yang kuat atau pun tidak, obat-obatan anti nyeri perlu disiapkan di dalam period kit untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anak gadis Mama sakit. 

6. Tisu basah dan kering

Freepik/Victoriafly

Kedua jenis tisu ini wajib ada dalam period kit. Tisu basah bermanfaat untuk bersih-bersih tanpa perlu menggunakan air. Tisu basah juga bisa digunakan untuk membersihkan tubuh atau ketiak saat keringat sedang berlebih. Tak hanya berfungsi untuk membersihkan tubuh, tisu basah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan diri saat dalam perjalanan atau selesai melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berolaraga.

Sedangkan tisu kering diperlukan untuk mengeringkan area vagina setelah bilas dengan air. Penting sekali mengeringkan vagina setelah buang air kecil agar area tersebut tidak ditumbuhi jamur dan menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Baca juga: 

The Latest